kumparan
18 April 2019 17:27

Jalan-jalan ke Lokasi Syuting Drama Mr. Sunshine di Nonsan, Korea

Sunshine Land
Glory Hotel, bangunan ikonik di drama Mr. Sunshine. Foto: Andari Novianti/kumparan
Untuk penggemar drama Korea Selatan, pasti tak asing dengan drama Mr. Sunshine. Drama yang ditulis oleh penulis terkenal, Kim Eun Sook tersebut dibintangi oleh aktor dan aktris terkenal, seperti Lee Byung Hun, Kim Tae Ri, Yoo Yeon Seok, dan Kim Min Jung.
ADVERTISEMENT
Bahkan, pada episode pertama penayangannya, Mr. Sunshine mendapat rating sebesar 8,8 persen dan meraih rekor rating tertinggi di sepanjang sejarah drama TvN. Drama Mr. Sunshine sendiri memiliki setting pada tahun 1871 yang merupakan era peralihan Sejarah Korea dari Joseon ke modern.
Sunshine Land
Bangunan di Sunshine Land, Nonsan, Korea Selatan. Foto: Andari Novianti/kumparan
Drama ini mengisahkan tentang Choi Yoo Jin atau Eugene Choi (Lee Byung Hun) yang pergi ke Amerika Serikat dan kembali ke Joseon sebagai tentara Negeri Paman Sam. Ia membuat Go Ae Shin (Kim tae Ri), wanita dari keluarga bangsawan jatuh cinta kepadanya. Akhirnya, mereka bekerja sama untuk menyelamatkan Joseon dari Jepang.
Selama masa penayangannya sejak 7 Juli 2018 hingga 30 September 2018, banyak adegan serta latar belakang lokasi yang ikonik dan menjadi perhatian para pecinta drama Korea Selatan. Misalnya saja pertemuan pertama Eugene Choi dan Go Ae Shin di bawah jembatan ketika lampu untuk pertama kalinya masuk ke Joseon. Atau saat Eugene Choi menikmati kopinya dari atas balkon Glory Hotel tempatnya menginap, sambil menatap masyarakat Joseon yang sedang melakukan kegiatan sehari-harinya.
Sunshine Land
Bangunan di Sunshine Land, Nonsan, Korea Selatan. Foto: Andari Novianti/kumparan
Ya, semua adegan tersebut dilakukan di Sunshine Land, sebuah studio yang memang dipersiapkan dan dibangun khusus untuk lokasi syuting drama Mr. Sunshine. Beberapa waktu lalu, kumparan berkesempatan untuk mengunjungi Sunshine Land atas undangan Korea Tourism Organization.
ADVERTISEMENT
Langit yang begitu birunya, tanpa ada awan kelabu yang menghalangi, menyambut kumparan begitu tiba di depan Sunshine Land. Kala itu, waktu masih menunjukkan pukul 10.00 waktu Korea Selatan.
Sunshine Land
Bangunan di Sunshine Land, Nonsan, Korea Selatan. Foto: Andari Novianti/kumparan
Sambil menunggu pemandu yang menemani kami selama berkeliling Sunshine Land, kumparan disuguhkan pemandangan tentara wajib militer Korea Selatan yang sedang berlatih.
Berada di 102, Bonghwa-ro, Yeonmu-eup, Nonsan-si, Chungcheongnam-do, Korea Selatan, Sunshine Land sendiri terletak tak jauh dari pusat pelatihan tentara yang sedang menjalani wajib militer. Maka tak heran, kamu akan banyak menemui tentara yang sedang latihan di sekitar sana.
Tak menunggu waktu lama, Ahn Sung Woo, General Manager Business & Planning Team Sunshine Studio menyambut kami dengan hangat.
"Sudah nonton drama Mr. Sunshine sebelumnya?," tanyanya memulai percakapan.
Sunshine Land
Kereta yang ada di depan pintu masuk Sunshine Land. Foto: Andari Novianti/kumparan
Setelah sedikit perkenalan, kami diajak untuk masuk ke dalam studio yang menjadi lokasi syuting drama Mr. Sunshine tersebut. Saat memasuki gerbang, terlihat kereta barang yang menjadi lokasi scene terakhir drama Mr. Sunshine.
ADVERTISEMENT
Lokasinya yang sedikit berbukit membuat setiap wisatawan bisa melihat lokasi syuting secara keseluruhan dari depan pintu masuk. Di sini pula terdapat tembok yang menjadi tempat Ae Shin mengamati musuh dan siap untuk menembak mereka.
Sunshine Land
Bangunan di Sunshine Land dilihat dari atas pintu masuk. Foto: Andari Novianti/kumparan
Begitu masuk lebih dalam, kamu akan melihat Glory Hotel yang menjadi bangunan ikonik di drama ini. Di Glory Hotel kamu bisa melihat detil setiap bangunan yang mirip seperti di drama, termasuk barang-barang yang digunakan oleh setiap pemain.
Sunshine Land
Glory Hotel, bangunan ikonik di drama Mr. Sunshine. Foto: Andari Novianti/kumparan
Ada pula toko suvenir yang menjual barang-barang di drama Mr. Shunshine, seperti replika kunci kamar 304 milik Eugene Choi, bros, hingga dokumen-dokumen penting di drama.
Sunshine Land
Suvenir yang ada di dalam Glory Hotel. Foto: Andari Novianti/kumparan
Namun, ada sedikit perbedaan ketika kumparan naik ke lantai atas. Ruangan yang di dalam drama menjadi kamar Eugene Choi, justru sekarang diubah menjadi kafe yang bisa dinikmati wisatawan yang datang ke sana.
Sunshine Land
Bagian dalam Glory Hotel yang kini diubah menjadi kafe. Foto: Andari Novianti/kumparan
"Di drama ruangan ini merupakan kamar Eugene Choi, tapi kita bongkar menjadi kafe agar bisa lebih besar," ujar Sung Woo.
ADVERTISEMENT
Keluar dari Glory Hostel, kamu akan disambut jembatan yang menjadi salah satu bangunan ikonik dari drama Mr. Sunshine. Di bawah jembatan inilah tempat pertama kali Eugene Choi dan Go Ae Shin bertemu.
Sunshine Land
Bangunan di Sunshine Land, Nonsan, Korea Selatan. Foto: Andari Novianti/kumparan
Jika kamu berjalan di atas jembatan, akan terlibat setting bangunan yang berbeda di sebelah kanan dan kiri.
"Di sebelah kiri Jalan Jongno, di sebelah kanan Kota Incheon," kata Sung Woo.
Tak lengkap rasanya berkunjung ke lokasi syuting drama Korea tanpa mencoba untuk larut masuk ke dalam cerita. Jika ingin merasakan menjadi Eugene Choi dan Go Ae Shin, kamu juga bisa menyewa pakaian yang ada di dalam drama tersebut. Di salah satu bangunan yang dijadikan butik, terdapat berbagai macam pakaian zaman Joseon yang bisa kamu pilih, lengkap dengan beragam aksesoris pelengkapnya.
Sunshine Land
Tram yang ada di drama Mr. Sunshine. Foto: Andari Novianti/kumparan
Kemudian, tak jauh dari butik terdapat tram yang terparkir dengan gagahnya. Tram ini juga menjadi tempat kencannya Go Ae Shin dan Kim Hee Sung (Byun Yo Han). Tram ini juga menjadi alat transportasi yang khusus digunakan oleh orang-orang kaya.
ADVERTISEMENT
Lalu, ada juga Hansung Electric Building yang berdiri mewah dengan dominasi warna merah bata. Selain itu, masih ada beberapa bangunan yang bisa jadi spot foto Instagramable kamu saat mengunjungi Sunshine Land.
Sunshine Land
Jalan Jongno, tempat Eugene Choi dan Go Ae Shin pertama kali bertemu. Foto: Andari Novianti/kumparan
Sementara itu, Sunshine Land sendiri buka dari pukul 10.00 hingga 18.00 waktu setempat. Tiket untuk masuk ke sana dibanderol mulai dari 7000 won atau Rp 90 ribuan untuk dewasa, 5000 won atau Rp 65 ribu untuk pelajar, dan 300 won atau sekitar Rp 40 ribu untuk anak-anak.
Sunshine Land
Bangunan di set jadi toko di drama Mr. Sunshine. Foto: Andari Novianti/kumparan
Untuk menuju ke Sunshine Land juga tak sulit. Kamu bisa naik Airport Limousine Bus dari Bandara Incheon menuju Nonsan yang dapat ditempuh dalam waktu 3 jam 35 menit. Kamu juga bisa naik KTX dari Yongsan Station ke Nonsan Station, yang dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 40 menit.
Sunshine Land
Wisatawan di Sunshine Land, Nonsan, Korea Selatan. Foto: Andari Novianti/kumparan
Bisa juga naik bus dari Central City Terminal Seoul ke Yeonmudae Express Bus Terminal, Seoul Nanbu Bus Terminal, dan Dong Seoul Bus Terminal menuju Nonsan Intercity Terminal yang ditempuh dalam waktu 2 jam 20 menit hingga 3 jam 30 menit.
ADVERTISEMENT
Setelah tiba di Nonsan, kamu bisa naik bus nomor 201-222 dari depan Nonsan Station, Nonsan Intercity Bus Terminal, atau Yeonmudae Express Bus Terminal, dan turun di pemberhentian Korean Army Training Center. Dari ini kamu bisa berjalan selama 15 menit menuju Sunshine Land.
Tertarik ke lokasi syuting drama Mr. Sunshine di Sunshine Land, Nonsan, Korea Selatan?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan