kumparan
16 Agustus 2019 12:32

Jangan Salah Terminal, Citilink Indonesia Kini Pindah ke Terminal 2

Pesawat Citilink Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Sejak 15 Agustus 2019, seluruh penerbangan domestik Citilink Indonesia tak lagi di Terminal 1C Bandara Soekarno-Hatta.
ADVERTISEMENT
Bagi kamu yang terbiasa menggunakan layanan maskapai berbiaya hemat Citilink Indonesia untuk perjalanan dalam negeri, pastinya tahu bahwa maskapai ini berada di Terminal 1C Bandara Internasional Soekarno-Hatta, lengkap bersama kantornya.
Namun, untuk ke depannya, kumparan sarankan agar kamu yang menggunakan maskapai ini tidak lagi menuju Terminal 1C melainkan Terminal 2. Menurut keterangan resmi yang diterima kumparan, per 15 Agustus 2019, secara resmi Citilink Indonesia memindahkan seluruh operasional penerbangannya ke Terminal 2 Domestik.
Ilustrasi Pesawat Citilink. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Hal ini dilakukan untuk mendukung kerja Angkasa Pura dalam melakukan revitalisasi pada bandara dan fasilitasnya. “Perpindahan ini dilakukan menyusul revitalisasi Terminal 1C yang dilakukan Angkasa Pura (Persero) selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan sebagai upaya perusahaan meningkatkan kenyamanan penumpang,” kata VP Corporate Secretary&CSR Citilink Indonesia, Resty Kusandarina, di Cengkareng, Kamis (15/8).
ADVERTISEMENT
Penumpang yang akan melakukan perjalanan dalam negeri Citilink Indonesia dapat menuju Terminal 2 Domestik Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan masuk ke Check In Counter melalui Gate 3.
Tak hanya melalui keterangan resmi, Citilink juga menyampaikan hal tersebut bagi para penumpangnya lewat Twitter resmi mereka. Meski perpindahan operasional ini hanya bersifat sementara, pihak maskapai yang berada di bawah naungan Garuda Indonesia tersebut belum mengeluarkan statement terkait hingga kapan masa transisi ini akan berlangsung.
Pemberitahuan juga dilakukan melalui website resmi, SMS, dan Call Center, sehingga calon penumpang dapat terinformasi dengan baik. Selain itu, pihak maskapai juga telah melakukan sosialisasi dengan memasang videotron atau pun digital sign sepanjang kawasan Bandara Soekarno-Hatta.
Pesawat Citilink dengan livery tiket.com. Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Meski mengalami perubahan terminal operasional, jadwal penerbangan Citilink Indonesia tidak mengalami perubahan. Meski begitu, penumpang disarankan untuk dapat tiba sekitar tiga jam lebih awal sebelum keberangkatan, serta melakukan check-in online, baik melalui aplikasi maupun website resmi.
ADVERTISEMENT
Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi padatnya flow penumpang selama masa transisi. Untuk meningkatkan kenyamanan penumpang selama masa transisi, Citilink Indonesia juga telah melakukan persiapan secara intensif dan berkoordinasi dengan stakeholders untuk memastikan operasional berjalan dengan aman, lancar, dan on time sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
Oleh karena itu, Citilink telah menyiapkan fasilitas dan infrastruktur yang memadai di Terminal 2 Domestik untuk menunjang pre- maupun post flight experience penumpang dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Misalnya saja dengan menyiapkan shuttle gratis untuk penumpang dari Terminal 1C menuju Terminal 2 Domestik dan menyiagakan sejumlah petugas untuk mengantisipasi apabila ada penumpang yang salah terminal.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan