kumparan
search-gray
Food & Travel19 September 2019 19:05

Kabar Baik! Indonesia Akan Dapat Kesempatan Bebas Visa ke Timor Leste

Konten Redaksi kumparan
Lanskap Timor Leste yang eksotis dilihat dari Patung Cristo Rei di Dili
Lanskap Timor Leste yang eksotis dilihat dari Patung Cristo Rei di Dili Foto: Shutter Stock
Ada kabar baik bagi kamu pemegang paspor hijau, karena dalam waktu dekat Timor Leste akan memberikan kesempatan untuk berkunjung bebas visa.
ADVERTISEMENT
Ya, walaupun pernah menjadi bagian dari Indonesia, rupanya selama ini kamu yang ingin berkunjung ke Timor Leste harus mengurus visa dari jauh hari atau bisa pula menggunakan visa on arrival yang bisa diurus begitu tiba di bandara. Namun ke depannya kelak, kamu tak perlu repot-repot mengurus visa.
Pasalnya, Pemerintah Timor Leste telah memutuskan untuk memberikan kesempatan bebas visa bagi penduduk Indonesia. Arao Noe selaku Ketua Parlemen Nasional mengatakan bahwa Dewan Menteri Timor Leste telah menyetujui keputusan untuk memberikan bebas visa pada Indonesia.
"Kami ingin memperbaiki hubungan bisnis dan mengembangkan sektor bisnis lainnya," katanya seperti yang diberitakan laman Independente.
Patung Yesus
Patung Cristo Rei di Timor Leste Foto: Shutter Stock
Menurut informasi yang diterima kumparan dari Eka Putra Musa Mauboy, staf Bidang Protokol dan Konsuler Kedutaan Besar Republik Indonesia di Dili, rencananya Pemerintah Timor Leste akan memberikan kesempatan bebas visa selama 30 hari bagi penduduk Indonesia.
ADVERTISEMENT
Keputusan ini adalah buah dari pertemuan Presiden Francisco Guterres atau yang dikenal juga sebagai Lu-olo ketika bertemu dengan Presiden Jokowi pada Juni 2018 lalu. Hanya saja, keputusan bebas visa masih dalam proses sehingga belum dapat dipastikan kapan akan diberlakukan.
"Sekarang masih dalam proses di Pemerintahan Timor Leste, jadi untuk surat resminya belum keluar karena masih akan ditandatangani oleh presiden dan perdana menteri dulu. Tetapi kabinetnya (Dewan Menteri) sudah setuju. Kita jugas masih menunggu," ujarnya saat dihubungi kumparan pada Kamis (19/9) lewat sambungan telepon.
Pulau Jaco, Tutuala di Timor Leste
Pulau Jaco, Tutuala di Timor Leste Foto: Shutter Stock
Memperkuat hal ini, Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri Denny Abdi mengungkapkan bahwa meski belum ada keterangan resmi efektifnya bebas visa ke Timor Leste, ia menargetkan kesempatan tersebut dapat dinikmati penduduk Indonesia pada 2019 ini.
ADVERTISEMENT
Terlebih Indonesia sudah lebih dulu memberikan kesempatan bebas visa bagi penduduk Timor Leste yang ingin traveling ke Bumi Pertiwi.
"Dari Pemerintah Timor Leste secara prinsip kan sudah disetujui Dewan Menteri, nanti mereka akan buatkan aturannya, baru nanti efektifi, kalau targetnya tahun ini," jelasnya pada kumparan ketika dihubungi kumparan pada waktu yang sama.
Eka Putra juga menambahkan bahwa untuk mendapatkan kesempatan bebas visa ini kamu tak perlu repot-repot mengeluarkan uang lebih atau mempersiapkan dokumen lainnya. Cukup dengan membawa paspor Indonesia saja, kamu siap untuk berlibur di Timor Leste.
Bagaimana, tertarik berwisata ke Timor Leste?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white