Food & Travel
·
21 November 2020 8:08

Kumbhalgarh, 'Tembok Besar China' di India yang Usianya Lebih dari 500 Tahun

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kumbhalgarh, 'Tembok Besar China' di India yang Usianya Lebih dari 500 Tahun (45193)
Benteng Kumbhalgarh di India yang mirip Tembok China. Foto: Getty Images
Tembok Besar China merupakan salah satu dari tujuh keajaiban di dunia. Tapi, enggak hanya China, India juga punya tembok besar yang tak kalah menariknya. Tembok ini bahkan disebut-sebut sebagai 'Tembok Besar China'-nya India.
ADVERTISEMENT
Dilansir laman resmi pariwisata India, Tourism Rajasthan, tembok besar itu adalah bagian dari sebuah benteng yang bernama Benteng Kumbhalgarh.
Kumbhalgarh, 'Tembok Besar China' di India yang Usianya Lebih dari 500 Tahun (45194)
Benteng Kumbhalgarh di India yang mirip Tembok China. Foto: Getty Images
Tak heran ketika Benteng Kumbhalgarh dinobatkan sebagai tembok terbesar kedua terbesar setelah Tembok Besar China, juga benteng terbesar kedua di India setelah Benteng Chittor di Kota Chittorgarh.
Benteng yang terletak di Rajashtan ini berada di ketinggian 3.600 kaki dengan tembok besar sepanjang 36 kilometer (km) yang mengelilingi Udaipur. Hal tersebutlah yang membuat benteng ini mirip dengan Tembok Besar China.

Sejarah Dibangunya Benteng Kumbhalgarh di India

Kumbhalgarh dibangun sekitar abad ke-15 oleh Rana Kumbha, penguasa Kerajaan Mewar di India Barat. Sama seperti benteng pada umumnya, Khumbalgarh dibangun sebagai sebuah benteng pertahanan bagi Kerajaan Mewar ketika perang berkecamuk di India.
ADVERTISEMENT
Benteng ini juga berfungsi sebagai perlindungan bagi Raja Udai dari Mewar di masa kecilnya ketika Banbir mengambil alih kerajaan dengan membunuh Wikramaditya yang merupakan seorang kaisar legenda dari India kuno.
Dalam sejarahnya, benteng ini pun hanya berhasil sekali ditembus oleh pasukan Kaisar Mughal dan Amber.

Apa Saja yang Ditawarkan Benteng Kumbhalgarh di India?

Selain kaya akan sejarah, Benteng Khumbalgarh juga memiliki bangunan bersejarah lainnya. Salah satunya adalah deretan kuil megah yang dibangun oleh Suku Mauryas, salah satunya kuil Badal Mahal atau Istana Awan yang megah.
Kumbhalgarh, 'Tembok Besar China' di India yang Usianya Lebih dari 500 Tahun (45195)
Benteng Kumbhalgarh di India yang mirip Tembok China Foto: Pixabay
Dari atas istana inilah wisatawan bisa melihat Aravalli Range maupun bukit pasir gurun Thar.
Wisatawan pun juga bisa menyaksikan pemandangan yang indah di sekelilingnya dari atas benteng. Sama seperti Tembok Besar China, wisatawan juga bisa mengelilingi area benteng sepanjang 36 km. Sebelum itu, wisatawan wajib untuk untuk mempersiapkan kondisi fisik karena jalannya yang cukup panjang.
ADVERTISEMENT
Tak mengherankan jika kini benteng ini menjadi tujuan wisata populer di India setelah Taj Mahal.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)