kumparan
search-gray
Food & Travel28 Juli 2020 14:14

Letak Geografis dan Astronomis Indonesia Beserta Pengaruhnya

Konten Redaksi kumparan
Letak Geografis dan Astronomis Indonesia Beserta Pengaruhnya (132836)
Peta Indonesia. Foto: wikimedia.commons.org
Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki luas wilayah sebesar 1,905 juta kilometer persegi. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia berada pada posisi silang atau Cross Position.
ADVERTISEMENT
Indonesia ada di antara di antara Benua Asia dan Benua Australia serta Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Di bagian Utara, Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia, Singapura dan Filipina.
Sedangkan di bagian Selatan berbatasan dengan Australia, di Timur dengan Papua Nugini dan di Barat dengan Samudra Hindia. Secara geografis, posisi Indonesia terbilang sangat strategis dan menguntungkan.

Pengaruh dan Keuntungan Letak Geografis Indonesia

Letak Geografis dan Astronomis Indonesia Beserta Pengaruhnya (132837)
Ilustrasi Sawah. Foto: pixabay/morganefreewomen
Dikutip dari laman Kemenlu.go.id, berikut beberapa pengaruh dan keuntungan letak geografis Indonesia:
Memiliki Dua Musim
Indonesia berada di kawasan tropis dengan panas yang merata sepanjang tahun. Karena itu, Indonesia hanya memiliki dua musim yakni hujan dan kemarau.
Pertanian Maju Pesat
Meski hanya memiliki dua musim, Indonesia berhasil menjadi negara agraris terkemuka. Bahkan sektor pertanian bangsa ini terhitung maju pesat. Indonesia telah menghasilkan beraneka bahan makanan seperti beras, sayur-sayuran, buah-buahan, karet, kopi, gula, tembakau dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Persimpangan Lalu Lintas Dunia
Letak Indonesia yang berada di dua benua dan dua samudera memungkinkan negara ini menjadi persimpangan antar negara. Baik melalui jalur udara maupun laut.
Indonesia juga menjadi titik persilangan kegiatan perekonomian antara negara-negara industri dengan yang sedang berkembang. Antara lain seperti Korea, Jepang, Tiongkok dengan negara-negara di Afrika dan Eropa.
Punya Beragam Budaya
Selain perekonomian, letak geografis ini juga mempengaruhi ragam budaya yang ada di Tanah Air karena diapit oleh dua benua besar. Tidak hanya dari luar, budaya Indonesia pun banyak disukai masyarakat negara lain. Sebut saja batik, wayang hingga kuliner.
Letak Geografis dan Astronomis Indonesia Beserta Pengaruhnya (132838)
Ilustrasi peta Indonesia Foto: Dok. Kemenparekraf

Letak Astronomis Indonesia

Letak geografis juga berkaitan erat dengan letak astronomis, fisiologis, geologis, dan geomorfologis. Secara astronomis, Indonesia terletak antara 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT.
ADVERTISEMENT
Letak astronomis menunjukkan letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan bujur. Untuk letak astronomis Indonesia sendiri dapat diartikan sebagai berikut:
  • Batas wilayah Indonesia paling Utara yakni 6°LU tepat berada di Pulau Weh, Nanggroe Aceh Darussalam
  • Batas wilayah Indonesia paling Selatan yakni 11°LS tepat berada di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur
  • Batas wilayah Indonesia paling Barat yakni 95°BT tepat berada di Pulau Beureuh, Nanggroe Aceh Darussalam
  • Batas wilayah Indonesia paling Timur yakni 141°BT tepat berada di Merauke, Papua
Berbeda dengan letak geografis, letak astronomis berpengaruh pada penentuan waktu. Seperti diketahui, Indonesia memiliki tiga waktu bagian yakni Waktu Indonesia bagian Barat (WIB), Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA), Waktu Indonesia bagian Timur (WIT).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white