Liburan ke Magelang? Intip 5 Destinasi Wisatanya yang Menarik Disambangi

16 Mei 2023 11:00
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pemandangan yang ditawarkan dari Silancur Highland. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
ADVERTISEMENT
Saat mendengar Magelang, Jawa Tengah, yang terlintas di benak traveler adalah Candi Borobudur-nya. Ya, salah satu candi bersejarah di Indonesia itu memang jadi destinasi favorit bagi wisatawan.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, tahukah kamu bahwa Magelang punya banyak destinasi wisata yang enggak kalah menarik dari Borobudur buat liburan? Mulai dari destinasi yang menawarkan pengalaman melihat sunrise yang menakjubkan, hingga tempat wisata dengan beragam karya seninya.
Berikut kumparan rangkum lima destinasi wisata di Magelang yang enggak kalah menarik dari Borobudur.

1. Silancur Highland

Silancur Highland. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl), membuat Bukit Silancur jadi tempat yang ideal melihat sunrise. Selain sunrise-nya yang menakjubkan, tempat ini juga menyajikan pemandangan deretan pegunungan megah, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Ungaran, dan Sumbing.
Selain melihat sunrise, Silancur Highland terbilang sebagai tempat wisata dengan fasilitas yang cukup lengkap. Di sini tersedia berbagai fasilitas yang siap memenuhi kebutuhan wisatawan, seperti mushola, warung penjaja makanan, kamar mandi, penginapan, hingga spot foto yang menarik dicoba.
Indahnya sunrise di Silancur Highland. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Buat yang penasaran dengan Silancur Highland, kamu bisa datang langsung ke objek wisata yang terletak di Dusun Dadapan, Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya dibanderol mulai dari Rp 15 ribu.
ADVERTISEMENT

2. Mangli Sky View

Wisatawan yang sedang berfoto di Mangli Sky View. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Bergeser sedikit ke daerah perbukitan tak jauh dari Silancur Highland, ada satu lagi destinasi yang menawarkan pemandangan tak kalah indahnya. Kalau Silancur Highland berada di ketinggian 1.300 mdpl, tempat satu ini berada di ketinggian 1.570 mdpl.
Masih berada di Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Mangli Sky View juga menawarkan pemandangan indahnya deretan pegunungan di Magelang, tak terkecuali Gunung Sumbing.
Selain menyuguhkan panorama pegunungan yang indah, Mangli Sky View juga menawarkan pemandangan perbukitan hijau, serta area perkotaan yang tampak jelas, terlebih di malam hari.
Spot foto di Mangli Sky View. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Enggak hanya itu, kamu juga bisa menikmati sejuknya udara pegunungan. Tersedia pula beberapa spot atau gardu pandang yang Instagramable.
Ada beberapa kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di sini, seperti berkemah hingga menginap di penginapan yang tersedia di sana. Adapun, untuk tiket masuknya dibanderol mulai dari Rp 5 ribu.
ADVERTISEMENT

3. Ketep Pass

Ketep Pass, Plataran Panca Arga. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Ketep Pass menjadi destinasi wisata berikut yang bisa kamu sambangi saat liburan ke Magelang. Tempat wisata satu ini menawarkan wisata paket lengkap bagi wisatawan.
Ya, enggak hanya gardu pandang, kamu juga bisa mengunjungi museum yang menyuguhkan sejarah Gunung Merapi. Mulai dari diorama yang menceritakan dahsyatnya letusan Gunung Merapi, hingga batu besar yang jadi saksi letusan gunung paling aktif di Indonesia, semua bisa kamu temukan saat berkunjung ke Ketep Pass.
Ada juga bioskop buat kamu yang pengin menyaksikan film dokumenter tentang sejarah letusan Gunung Merapi.
Guide Lokal Ketep Pass, Sutris saat ditemui kumparan di Museum Volcano Center atau Museum Merapi. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Selain wisata edukasi, Ketep Pass juga menawarkan wisata lain, yaitu spot foto dengan latar Gunung Merapi, seperti spot balon udara hingga Plataran Panca Arga atau gardu pandang 360 derajat.
ADVERTISEMENT
Penasaran? Kamu bisa datang langsung ke tempat wisata yang terletak di Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Adapun, harga tiket masuknya dibanderol mulai dari Rp 11 ribu.

4. Omah Mbudur

Ragam makanan yang ada di Omah Mbudur. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Berada tidak jauh dari kawasan Candi Borobudur, Omah Mbudur menawarkan atraksi wisata baru di Magelang. Tempat wisata yang terletak di Dusun Jowahan, Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Omah Mbudur sejatinya adalah restoran.
Meski demikian, kamu juga bisa berwisata sejarah, karena terdapat banyak sekali karya-karya seni yang dibuat oleh pemiliknya, yaitu Nuryanto.
Kesenian yang ada di Omah Mbudur. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Mulai dari seni pahatan, lukisan, hingga kesenian secara langsung, seperti musik dan tari-tarian, semuanya bisa kamu temukan di Omah Mbudur.
Menariknya, enggak hanya berwisata, di sini kamu juga bisa menikmati beragam kuliner khas yang dijual, seperti bakmi godhog, ayam penyet, hingga mangut beong. Dijamin bikin ngiler!
ADVERTISEMENT

5. Punthuk Setumbu

Panorama sunrise di Punthu Setumbu Foto: Shutter Stock
Terakhir, Punthuk Setumbu menawarkan spot terbaik untuk berburu sunrise. Dari sini kamu bisa menikmati cantiknya Candi Borobudur berselimut kabut, serta panorama sunrise dengan latar belakang Gunung Merapi dan Merbabu.
Punthuk Setumbu terletak di gugusan Bukit Menoreh yang berada di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sehingga kamu mesti menyiapkan kondisi fisik yang fit, serta prima.
Meski perjalanannya cukup melelahkan, semua itu akan terbayar lunas dengan panorama sunrise yang kamu dapatkan di tempat ini.
Fasilitas yang ada di sini juga terbilang lengkap. Ada rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi kayu yang digunakan duduk menanti matahari terbit.
Penasaran? Kamu bisa datang langsung ke Desa Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang. Untuk menikmati keindahan tempat ini kamu hanya perlu membayar tiket masuk Rp 15 ribu.
ADVERTISEMENT