Mau Berpetualang? Lakukan 5 Hal Seru Ini di South West, Australia Barat

25 Juni 2021 10:28
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Mau Berpetualang? Lakukan 5 Hal Seru Ini di South West, Australia Barat (295351)
zoom-in-whitePerbesar
Turis yang sedang menikmati lanskap alam South West Foto: Dok. Tourism Western Australia
ADVERTISEMENT
Australia Barat menyimpan sejuta pesona bagi kamu yang punya seribu satu cara untuk berpetualang. Mau menjelajah eksotisnya gua yang spektakuler? Atau menjajal serunya off-road di hutan, South West adalah destinasi yang tepat.
ADVERTISEMENT
Selain letaknya yang berada tidak jauh dari Perth, Ibu Kota Australia Barat, South West terkenal dengan lanskap alamnya yang memukau bagi wisatawan.
Deretan pantai, kebun anggur, hutan, hingga gua semua tersaji di hadapan wisatawan. Tak sampai di situ, South West jadi ‘surga’ mereka yang berjiwa petualang. Sebab ada banyak kegiatan menguji adrenalin yang menarik dicoba.
Berikut lima hal seru yang bisa kamu lakukan di South West.

1. Cave Hopping

Mau Berpetualang? Lakukan 5 Hal Seru Ini di South West, Australia Barat (295352)
zoom-in-whitePerbesar
Cave hopping di Gua Ngilgi Foto: Dok. Tourism Western Australia
Dianugerahi alam yang indah, South West dikenal memiliki gua-gua spektakuler dengan beragam karakteristiknya. Tak heran jika, South West jadi tempat yang tepat buat kamu yang ingin menjajal serunya cave hopping (susur gua).
Dari sekian banyak gua di South West, Gua Ngilgi adalah salah satu destinasi yang sayang dilewatkan. Gua yang ditemukan pada tahun 1899 dikenal dengan formasi stalaktit dan stalakmitnya yang menakjubkan.
ADVERTISEMENT
Menariknya lagi, gua yang terletak di Yallingup, wilayah Margaret River, Australia Barat ini juga mudah diakses bagi wisatawan. Sebab, kamu bisa menjelajah seisi gua lewat tangga-tangga yang dapat dijangkau dengan mudah.
Selain Gua Ngilgi, South West juga memiliki gua-gua yang menarik dikunjungi, beberapa di antaranya adalah Gua Mammoth dan Gua Danau.

2. Off-road di Yeagarup Sand Dunes

Mau Berpetualang? Lakukan 5 Hal Seru Ini di South West, Australia Barat (295353)
zoom-in-whitePerbesar
Menjajal off-road di Yeagarup Sand Dunes Foto: Dok. Tourism Western Australia
Dari wilayah Margaret River, kamu bisa melakukan perjalanan sedikit lebih jauh Pemberton di South West. Sebab, ada satu kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di sana, salah satunya adalah off-road di gumuk pasir.
Terletak di Taman Nasional D'Entrecasteaux, sekitar 315 km dari selatan Perth, Bukit Pasir Yeagarup merupakan salah satu destinasi favorit bagi wisatawan di South West. Gumuk pasir ini dikenal keunikannya karena menawarkan lanskap alam yang berbeda bagi wisatawan karena berada di bibir pantai, kawasan hutan, danau, dan juga Sungai Warren.
ADVERTISEMENT
Di sini kamu bisa menjajal serunya naik mobil off-road sambil menikmati gumuk pasir dengan trek yang menantang. Mulai dari trek yang penuh pasir dan bebatuan, hingga jalur yang menanjak di area perbukitan.
Untuk menjajal serunya off-road di Bukit Pasir Yeagarup, kamu harus menyewa jasa tur operator yang tersedia.
Salah satunya adalah Pemberton Discovery Tours yang menawarkan paket tur wisata bagi wisatawan. Selain menyewakan mobil off-road, tur operator tersebut juga menyediakan pengemudi berpengalaman bagi wisatawan.
Selain off-road, ada beberapa kegiatan seru yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa menikmati keindahan alam dengan mengikuti walking tour hingga menikmati pemandangan Danau Yeagarup yang menakjubkan.
Untuk menuju Bukit Pasir Yeagarup kamu harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit untuk menuju Kota Pemberton.
ADVERTISEMENT

3. Berpetualang di Valley of the Giants Tree Top Walk

Mau Berpetualang? Lakukan 5 Hal Seru Ini di South West, Australia Barat (295354)
zoom-in-whitePerbesar
Menguji adrenalin di Valley of The Giants Tree Top Walk Foto: Dok. Tourism Western Australia
Mau menikmati indahnya Australia Barat dari atas ketinggian sambil menguji adrenalin? Valley of the Giants Tree Top Walk adalah destinasi yang tak boleh dilewatkan begitu saja.
Sesuai namanya, di sini kamu bisa berjalan di antara pohon-pohon raksasa, yang beberapa di antaranya merupakan pohon terbesar di dunia. Di sini kamu bisa menyaksikan indahnya pemandangan dari jembatan gantung sepanjang 600 meter yang saling terhubung antara pepohonan yang satu dan lainnya.
Buat kamu yang suka berpetualang, tempat wisata ini sangat cocok karena kamu diajak untuk menyusuri hutan Australia sambil berjalan di atas jembatan gantung sambil menyaksikan kanopi pohon yang menjulang tinggi.
Namun, sebelum memulai perjalananmu, kamu harus mendaki sekitar 40 meter menuju jembatan gantung tersebut. Butuh sedikit effort, tapi pengalaman yang ditawarkan sangat sepadan.
ADVERTISEMENT
Untuk berkunjung ke Valley of The Giants Tree Top Walk, kamu perlu merogoh kocek sekitar 30 dolar Australia atau Rp 300 ribu untuk orang dewasa (16 tahun ke atas). Sedangkan untuk anak-anak (6-15 tahun) harga tiket masuknya dipatok lebih murah sekitar 15 dolar Australia atau Rp 150 ribu.
Valley of the Giants Tree Top Walk, dapat ditempuh hanya dengan berkendara selama lima jam ke arah Selatan dari Perth atau tiga jam dari Margaret River.

4. Menjelajahi Margaret River dengan Electric Quad Bikes Bersama Eco Tours

Mau Berpetualang? Lakukan 5 Hal Seru Ini di South West, Australia Barat (295355)
zoom-in-whitePerbesar
Wisatawan yang tengah menikmati walking tours di Hutan Boranup Foto: Dok. Tourism Western Australia
Ingin merasakan pengalaman unik dan anti-mainstream? Kamu bisa mencoba berkendara menyusuri hutan di Margaret River dengan menggunakan ATV.
Pengalaman tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengikuti salah satu paket tur dari Eco Adventures yaitu Electric Quad Bikes Tours. Wisatawan diajak menjelajahi area Hutan Boranup di Taman Nasional Leeuwin Naturaliste dengan menggunakan kendaraan e-quad bike atau ATV listrik yang ramah lingkungan.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa rute yang ditawarkan untuk wisatawan yang ingin mengikuti tur ini.
Untuk rute termudah, kamu diajak melintasi Bussel Highway lalu menuju ke arah selatan atau Forest Grove Road (sekitar 6 km selatan kota kecil Witchcliffe).
Tur dimulai dari Caves Road lalu menuju area Vlam Road atau sekitar 20 menit berkendara ke selatan dari kota Margaret River. Selama perjalanan kamu diajak menyaksikan keindahan Hutan Boranup dengan berbagai medan yang menguji adrenalin.
Mulai dari trek yang terjal, naik, turun, semuanya bisa diakses dengan mudah dengan e-quad bike tersebut. Oh iya, penyedia tur juga menyediakan pengemudi yang berpengalaman buat kamu yang enggak berani nyetir sendiri.
Adapun, tur berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam, dengan melintasi trek sepanjang 18 km. Setelah itu, perjalanan akan berakhir di tempat semula yaitu Caves Road.
ADVERTISEMENT

5. Kangaroo Safari

Mau Berpetualang? Lakukan 5 Hal Seru Ini di South West, Australia Barat (295356)
zoom-in-whitePerbesar
Menikmati safari kanguru di South West Foto: Dok. Tourism Western Australia
Kurang lengkap rasanya kalau ke Australia tanpa melihat kanguru. Nah, di Australia Barat, kamu juga bisa melihat hewan berkantung tersebut di South West.
Ingin merasakan pengalaman yang berbeda untuk melihat kanguru? Kamu bisa ikut tur safari kanguru dengan McLeod Tours. Lewat tur ini kamu akan diajak melihat kangguru sambil menikmati magisnya sunset di Australia Barat.
Menariknya lagi, kamu akan diajak berkeliling untuk melihat kanguru dengan sebuah truk klasik berjenis Bedford Truck buatan tahun 1960-an. Selain melihat kanguru kamu juga diajak melihat peternakan kuda yang dikelola oleh McLeod Tours.
Setelah puas melihat hewan-hewan liar tersebut, wisatawan juga akan diajak menikmati sajian teh dan kue rumahan sambil dimanjakan pemandangan Sungai Dudley yang eksotis yang semuanya tentu dilakukan dari atas truk klasik tersebut. Perjalanan tur ditutup dengan menyaksikan indahnya sunset.
ADVERTISEMENT
Tur ini sendiri digelar dari bulan Oktober sampai bulan April atau Mei bergantung dengan cuaca. Untuk itu, wisatawan perlu melakukan konfirmasi terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan.
Gimana? Sudah siap berpetualang di Australia Barat?
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020