kumparan
31 Juli 2019 15:31

Mau Ke Danau Toba? Ini Pilihan Transportasinya

Pemadangan Danau Toba dari Menara Tele saat pagi hari
Pemadangan Danau Toba dari Menara Tele saat pagi hari. Foto: Rahmat Utomo/kumparan
Danau Toba merupakan salah satu destinasi ikonik khas Sumatera Utara. Sayangnya dulu keberadaan Danau Toba dinilai masih kurang berhasil menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung, karena infrastruktur yang belum terlalu memadai.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, pemerintah pusat dan daerah pun akhirnya bersama-sama membenahi akses menuju Danau Toba dengan membangun dan memperbaiki sejumlah infrastruktur. Hal ini mulai dilakukan saat Presiden Joko Widodo pada 1 Juni 2016 lalu menandatangani Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2016 tentang Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba.
Kini, para wisawatan yang ingin mengunjungi Danau Toba tak perlu bingung lagi. Sebab, aksesibilitas ke Danau Toba cukup komplit, yaitu bisa dilalui melalui udara, darat, hingga danau.
Bukit Doa Danau Toba
Cantiknya Hamparan Danau Toba Bukit Doa. Foto: Stephanie Elia/kumparan
Lalu, mana saja rutenya? Yuk, simak penjelasannya!
Dilansir dari akun instagram resmi Kementerian Pariwisata @kemenpar, Rabu (31/7), saat ini telah tersedia dua bandara di dekat Danau Toba, yakni Bandara International Silangit, yang dikelola oleh Angkasa Pura ll, serta Bandara Sibisa yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan. Beberapa maskapai seperti Citilink, Batik Air, dan Sriwijaya Air juga sudah melayani penerbangan langsung dari Jakarta ke Silangit.
ADVERTISEMENT
Sedangkan untuk Bandara Sibisa, saat ini melayani satu penerbangan di hari Jumat dengan Rute Bandara Sitoli, Nias - Bandara Sibisa, Danau Toba yang dilayani maskapai Aviastar.
Bandar Udara Silangit
Bandar Udara Silangit Foto: Facebook/ Bandara Silangit
Untuk pilihan transportasi melalui jalur danau, wisatawan bisa menjangkau Danau Toba melalui sembilan dermaga, yaitu Simanindo, Tomok, Ajibata, Tiga Ras, Ambarita, Muara, Onan Runggu, Balige, dan Sipinggan Nainggolan. Bahkan saat ini sedang dibangun satu dermaga baru, yaitu Ambarita yang sudah mencapai tahap konstruksi.
Beberapa rute penyeberangan kapal roro ferry yang sudah melayani penumpang, di antaranya Ajibata - Tomok, Muara - Sipinggan, dan Tiga Ras - Simanindo. Selain itu, pemerintah juga sedang membangun empat kapal penyeberangan untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.
ADVERTISEMENT
Pembangunan empat kapal ini ditargetkan selesai pada 2020. Hingga kini, satu unit Kapal Roro Ihan Batak sudah beroperasi sejak Desember 2018 untuk melayani rute Ajibata - Ambarita.
Tol Medan-Kualanamu
Pembukaan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Foto: dok. Jasa Marga
Terakhir, untuk akses jalur darat, kamu bisa menempuh Jalur Kereta Danau Toba Medan - Pematang Siantar, Jalan Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi dengan panjang 61,80 km, serta Jalan Lingkar Danau Toba sepanjang 366 km dan Jalan Lingkar Pulau Samosir sepanjang 145 km.
Makin mudah ke Danau Toba, kan? Yuk, liburan ke Danau Toba!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan