kumparan
search-gray
Food & Travel14 Mei 2020 7:04

Megahnya Masjid Koln, Masjid Terbesar dan Termegah di Eropa

Konten Redaksi kumparan
Megahnya Masjid Koln, Masjid Terbesar dan Termegah di Eropa (1094603)
Masjid Koln di Jerman Foto: Shutter Stock
Selain di tanah Arab, agama Islam telah menyebar di beberapa benua lainnya, salah satunya Eropa. Salah satu hal yang menjadi bukti penyebaran agama Islam di Benua Biru adalah terdapatnya bangunan masjid indah nan megah yang berdiri di sana.
ADVERTISEMENT
Dari sekian banyak masjid indah di dunia, salah satunya bisa kamu temukan di Kota Cologne atau Koln, Jerman.
Megahnya Masjid Koln, Masjid Terbesar dan Termegah di Eropa (1094604)
Masjid Koln di Jerman Foto: Shutter Stock
Dilansir DW, Masjid Agung Koln (the Cologne Central Mosque) merupakan masjid terbesar dan termegah di Eropa. Masjid yang dibangun pada tahun 2009 ini didesain oleh arsitektur Jerman, Gottfried Bohm dan anaknya Paul Bohm.
Menariknya, mereka merupakan arsitek yang sering mendesain gereja-gereja di Jerman. Keduanya berhasil memenangkan kontrak membangun masjid pada tahun 2007.
Masjid berukuran 4.500 meter persegi ini bisa menampung hingga 1.200 jemaah. Hal inilah yang juga menjadikan Masjid Koln sebagai masjid terbesar di Jerman.
Megahnya Masjid Koln, Masjid Terbesar dan Termegah di Eropa (1094605)
Suasana di dalam Masjid Kolm di Jerman Foto: Shutter Stock
Menariknya, jika biasanya masjid-masjid Jerman lainnya dibangun di sudut-sudut perkotaan, Masjid Koln berada di lokasi yang strategis, yaitu di Distrik Ehrenfeld, Kota Koln. Letaknya berdekatan dengan destinasi-destinasi wisata setempat, seperti Community Center, bioskop, atau taman budaya Koln.
ADVERTISEMENT
Masjid bergaya arsitektur Turki ini menghadirkan nuansa biru yang khas. Suasana modern terlihat lewat desain kaca-kaca yang menyatu di dinding. Kesan Islam yang modern juga tampak dari tulisan kaligrafi emas di masjid.
Megahnya Masjid Koln, Masjid Terbesar dan Termegah di Eropa (1094606)
Masjid Koln di Jerman Foto: Shutter Stock
Bangunan masjid didesain transparan dengan menggunakan kaca yang menonjolkan pencahayaan natural. Namun, tak sekadar bentuk fisik, masjid ini juga membuka diri untuk dikunjungi warga yang berbeda agama. Tujuannya agar Masjid K0ln dapat menjembatani komunikasi antar-agama di Jerman.
Masjid Koln memiliki 2 menara berukuran 55 meter, serta kubah dari beton dan kaca yang tampak terbuka seperti kuncup bunga.
Megahnya Masjid Koln, Masjid Terbesar dan Termegah di Eropa (1094607)
Masjid Koln di Jerman. Foto: Shutter Stock
Masjid Koln pertama kali diresmikan akhir September 2018 lalu oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Masjid Koln merupakan salah satu masjid yang dikelola oleh Persatuan Islam Turki untuk Urusan Agama DITIB. Asosiasi ini merupakan asosiasi Muslim Turki terbesar di Jerman.
ADVERTISEMENT
Selain bangunannya yang megah, Masjid Koln juga dilengkapi perpustakaan, tempat kursus, ruang seminar, pusat olah raga, kantor, serta pertokoan.
Masjid Koln biasanya ramai dikunjungi warga Jerman dalam rangka Hari Pintu Terbuka Masjid di Jerman, yang digelar pada 3 Oktober setiap tahun. Acara ini pun sudah digelar sejak tahun 1997.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white