Food & Travel3 Oktober 2019 9:02

Melihat Megahnya KA Istimewa, Kereta Terbaru Milik PT KAI

Konten Redaksi kumparan
Melihat Megahnya KA Istimewa, Kereta Terbaru Milik PT KAI (1143346)
Fasilitas di KA Istimewa, kereta terbaru milik PT KAI Foto: Dok. PT KAI Persero
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero resmi meluncurkan Kereta Api (KA) Istimewa pada 28 September 2019 lalu, bertepatan dengan ulang tahun perseroan ke 74 tahun.
ADVERTISEMENT
KA Istimewa merupakan Kereta Rel Diesel (KRD) terdiri dari dua rangkaian yang bisa digunakan untuk kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition), seperti rapat kerja, kumpul keluarga atau reuni. Kereta Istimewa ini berkapasitas 40 penumpang.
“Kereta Istimewa cocok digunakan untuk bisnis, reuni, event, bahkan rekreasi keluarga dan lain sebagainya,” ujar Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro dalam keterangan resmi yang diterima kumparan, Selasa (2/10).
Melihat Megahnya KA Istimewa, Kereta Terbaru Milik PT KAI (1143347)
Peresmian KA Istimewa oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro Foto: Dok. PT KAI Persero
Melihat Megahnya KA Istimewa, Kereta Terbaru Milik PT KAI (1143348)
Peresmian KA Istimewa oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro Foto: Dok. Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan
Didesain dengan interior yang modern, berbagai fasilitas yang ada di KA Istimewa inipun sangat mendukung untuk kegiatan MICE. Beberapa fasilitas yang tersedia yaitu ruang rapat, lounge, mini bar, ruang karaoke, mushola, dan toilet.
Kursi yang tersedia juga sangat nyaman dan eklusif layaknya tempat duduk yang ada di ruang kantor. Interior bagian atas kereta juga dilengkapi dengan ukiran khas Indonesia serta display foto-foto tentang budaya dan sejarah negara. Tak hanya itu, kereta juga dilengkapi karpet sehingga menambah nuansa megah dan ekslusif.
Melihat Megahnya KA Istimewa, Kereta Terbaru Milik PT KAI (1143349)
Fasilitas di KA Istimewa, kereta terbaru milik PT KAI Foto: Dok. PT KAI Persero
Untuk menikmati semua fasilitas tersebut, KA Istimewa ini bisa dipesan dengan tarif mulai dari Rp 19 juta. Jadwal Kereta Istimewa pun dapat disesuaikan dengan keinginan pelanggan karena tidak dirangkaikan dengan perjalanan KA reguler.
ADVERTISEMENT
Untuk tahap awal, kereta yang dikelola oleh anak usaha KAI yaitu PT KA Pariwisata ini, dapat dipesan untuk jarak menengah seperti Jakarta-Cirebon, Jakarta-Bandung, dan Jakarta-Semarang.
Melihat Megahnya KA Istimewa, Kereta Terbaru Milik PT KAI (1143350)
Fasilitas di KA Istimewa, kereta terbaru milik PT KAI Foto: Dok. PT KAI Persero
Tak hanya namanya saja yang istimewa, sejarah dibalik munculnya kereta megah ini juga istimewa. Ternyata KA Istimewa ini sebelumnya merupakan KA Kedung Sepur yang kemudian dialihfungsikan menjadi kereta inspeksi ke-2.
Pada Agustus 2019 lalu, PT KAI merombak interior KRD tersebut di Balai Yasa Yogyakarta dan kemudian dialihfungsikan sebagai kereta permium alias KA Istimewa. Konon, KA tersebut pernah berkontribusi mengantarkan para tokoh pada rangkaian kegiatan Seminar Suluh Kebangsaan dari Merak hingga Banyuwangi.
Melihat Megahnya KA Istimewa, Kereta Terbaru Milik PT KAI (1143351)
Fasilitas di KA Istimewa, kereta terbaru milik PT KAI Foto: Dok. PT KAI Persero
Edi pun berharap dengan inovasi-inovasi baru tersebut, pihaknya bisa turut berkontribusi untuk berbagai sektor termasuk pariwisata.
ADVERTISEMENT
“Dengan pelayanan perkeretaapian yang semakin prima pula, kami yakini akan berimbas baik ke sektor pariwisata, ekonomi, dan lainnya. Maju terus perkeretaapian, maju terus Indonesia! Dirgahayu Kereta Api Indonesia,” ujarnya.
Melihat Megahnya KA Istimewa, Kereta Terbaru Milik PT KAI (1143352)
Peresmian KA Istimewa oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro Foto: Dok. PT KAI Persero
Hadir dalam kesempatan tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga menyampaikan apresiasi atas diluncurkannya KA Istimewa. Menurutnya inovasi tersebut sangat baik karena KIA berhasil menyulap kereta lama menjadi sebuah kereta premium.
“Ini satu inovasi yang baik dari PT KAI. Kereta ini dulunya secara operasional tidak digunakan. Namun bisa diubah menjadi kereta premium, yang keberangkatannya bisa diatur sesuai kebutuhan penumpang,” ujar Budi seusai meresmikan KA Istimewa.
Melihat Megahnya KA Istimewa, Kereta Terbaru Milik PT KAI (1143353)
Peresmian KA Istimewa oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro. Foto: Dok. PT KAI Persero
Budi berharap PT KAI selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mampu menjawab tantangan serta kebutuhan masyarakat akan jasa transportasi yang aman, nyaman, handal dan selamat.
ADVERTISEMENT
"Saya menghimbau PT. KAI (Persero) sebagai operator untuk terus melakukan upaya transformasi dan meningkatkan kinerja demi menjawab harapan masyarakat," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white