Menguji Adrenalin dengan Berjalan Menyusuri Atap Optus Stadium, Perth

4 Mei 2024 14:00 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tur memacu adrenalin di Optus Stadium. Foto: The Ozone Optus Stadium
zoom-in-whitePerbesar
Tur memacu adrenalin di Optus Stadium. Foto: The Ozone Optus Stadium
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ketika liburan di Perth, Australia Barat, mungkin salah satu kegiatan yang akan kamu coba adalah menjelajah destinasi wisata alam atau perkotaannya. Namun, enggak hanya itu saja, Ibu Kota Australia Barat ini menyimpan pesona yang tak kalah menarik, seperti halnya wisata menguji adrenalin.
ADVERTISEMENT
Penasaran? Kamu bisa mencoba "Vertigo Experience", sebuah tur anti-mainstream yang ada di Optus Stadium. Dipandu oleh The Ozone Tours Hub, tur ini dijamin bisa bikin jantungmu berdegup kencang.
Optus Stadium di Perth, Australia Barat. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Ya, tur ini mengajak kamu untuk berjalan di atas stadion sambil bergelantungan di ketinggian sekitar 42 meter. Meski terdengar ekstrem, tur ini tetap aman, karena menggunakan peralatan yang memadai.
Tak hanya itu, sebelum bermain kamu juga akan dites alkohol, apakah ada dalam pengaruh minuman keras atau tidak. Namun, sebelum itu, kamu juga wajib mengisi surat persetujuan (waiver), tentang bagaimana kondisi kesehatanmu dan juga informasi pribadi, seperti alamat email dan nomor telepon.
Usai mengisi waiver, barulah wisatawan dipersilakan masuk untuk dicek, baik berat badan, tinggi tubuh, hingga pemeriksaan alkohol. Jika semua oke, barulah kamu akan diizinkan untuk mengikuti tur tersebut.
Optus Stadium di Perth, Australia Barat. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
kumparan berkesempatan menjajal atraksi ini atas undangan familiarization trip dari Tourism Western Australia dan AirAsia. Dalam tur yang disediakan oleh The Ozone Optus Stadium, kamu diajak bergelantungan sambil berjalan di platform lengkung yang berada di atas lapangan sepakbola yang cukup populer di Perth.
Waiver atau persetujuan yang harus diisi untuk mengikuti "Vertigo Experience" Ozone Tour Optus Stadium. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Meski terdengar ekstrem, kamu tak perlu khawatir. Sebab, atraksi ini sudah menetapkan standar keselamatan yang tinggi.
ADVERTISEMENT
Setelah pemeriksaan berat badan, tubuh, dan alkohol, kamu wajib menonton briefing yang dihadirkan di layar. Usai briefing, maka kamu akan dipersilakan untuk mengenakan pakaian khusus, disertai dengan pengait keselamatan.
The Ozone salah satu tur memacu adrenalin di Optus Stadium. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Sebelum memulai tur, kamu juga akan diajak melihat beberapa bagian stadion. Menurut Daniel, guide yang menemani perjalanan kumparan, Optus Stadium adalah salah satu stadion terbesar di Perth dengan kapasitas mencapai 60.000 orang.
Tak hanya itu, stadion ini juga pernah menjadi venue konser artis terkenal dunia, seperti Taylor Swift. Menariknya, stadion ini memiliki desain bangku yang unik, seperti warnanya yang berbeda-beda.
"Alasan (warna bangku berbeda-beda) adalah agar ketika wartawan melakukan konferensi pers di tengah lapangan, maka bangku-bangku kosong itu seolah-olah membuat stadion terlihat penuh dengan gradasi warna yang berbeda-beda," ujar Daniel.
ADVERTISEMENT
Daniel, instruktur sekaligus pemandu yang akan mendampingi tur "Vertigo Experience" Ozone Tour Optus Stadium. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Setelah itu, Daniel mengajak kami pergi ke lantai 5 untuk melihat langsung bagaimana panorama Optus Stadium dari ketinggian. Benar saja, pemandangan yang ditawarkan dari atas sangat menakjubkan.
Dari lantai 5 kami kemudian diajak menuju rooftop atau atap stadion. Dari sini kamu juga diberi tahu tentang atap Optus Stadium yang ternyata bisa membersihkan dirinya sendiri.
"Atap stadion ini terbuat dari bahan anti-lengket, seperti yang ada di teflon atau penggorengan. Hal inilah yang membuatnya bisa membersihkan diri di kala hujan," papar Daniel.

Berjalan di Atas Stadion di Ketinggian 42 Meter

Tur memacu adrenalin di Optus Stadium. Foto: The Ozone Optus Stadium
Tak perlu waktu lama, kami pun diantar ke titik selanjutnya, di mana terdapat sebuah platform berbentuk setengah lingkaran yang bagian depan dan belakangnya langsung menghadap stadion. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir, karena akan dipandu selama tur.
ADVERTISEMENT
Pertama-tama, kami dipersilakan untuk berjalan di atas platform. Namun, kemudian kami juga diajak untuk menjajal posisi lain, seperti kaki yang bersandar di pinggir platform dengan badan bersandar ke belakang.
Tur memacu adrenalin di Optus Stadium. Foto: The Ozone Optus Stadium
Kamu juga akan diajak melakukan pose-pose lain yang tak kalah seru, seperti membuat ayunan manusia dengan cara berpasangan satu sama lain. Ada pula gaya ekstrem mengikuti gaya tidur kelelawar, di mana kaki berada di atas dan kepala ada di bawah.
Kumparan pun berhasil mencoba pose ini dalam sekali percobaan. Meski demikian, tak perlu memaksakan kehendak, karena tidak apa-apa jika tidak melakukannya.
Tur memacu adrenalin di Optus Stadium. Foto: The Ozone Optus Stadium
Saat berada di atap stadion, kamu tidak hanya bisa menguji adrenalin. Di sini kamu juga bisa melihat panorama Kota Perth dan sekitarnya khususnya Sungai Swan yang mengalir jauh.
ADVERTISEMENT
Di sore hari kamu juga bisa melihat panorama sunset yang indah, ditemani gedung pencakar langit Perth yang menakjubkan. Terakhir, setelah selesai melakukan tur, kamu akan diberikan sertifikat sebagai kenang-kenangan.
Nah, untuk menikmati pengalaman tersebut, tiketnya dibanderol sebesar 119 dolar Australia atau sekitar Rp 1,2 juta untuk orang dewasa. Sedangkan tiket masuk untuk anak-anak (10-17 tahun) dibanderol sebesar 75 dolar Australia atau sekitar Rp 790 ribu per orang.
Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengakses laman resmi Tourism Western Australia (TWA) di https://www.westernaustralia.com/en/tour/the-ozone/5a543673db1d7d724bdb2ade.