kumparan
search-gray
Food & Travel14 Maret 2018 7:25

Menguji Adrenalin di Pantai Timang, Yogyakarta

Konten Redaksi kumparan
Cover
Pantai Timang (Foto: Flickr / Dee Ikhwan)
Siapa yang tak suka Yogyakarta? Kota pelajar ini menjadi salah satu destinasi liburan favorit wisatawan untuk melepas penat dari padatnya aktivitas.
ADVERTISEMENT
Hal ini karena Yogya menyuguhkan beragam tempat wisata, mulai dari wisata laut, alam, budaya, sejarah, hingga kuliner. Misalnya saja kawasan Gunung Kidul yang memiliki lebih dari 50 pantai yang bisa wisatawan pilih sesuka hati.
Di Gunung Kidul sendiri terdapat salah satu pantai yang memiliki kereta gantung sebagai atraksi andalannya. Pantai tersebut adalah Pantai Timang.
Foto 3
Pantai Timang (Foto: Flickr / Shafiza chee)
Namun, sebelum sampai ke Pantai Timang, tentunya pengunjung harus melewati jalanan yang terjal, berliku, dan cukup menantang. Tapi semua pengorbanan akan terbayar dengan hamparan pasir pantai yang bersih dan atraksi wisata yang tak boleh dilewatkan.
Pantai Timang sendiri terbagi menjadi dua, sisi timur terdapat hamparan pasir pantai yang putih dan bersih. Sedangkan pada di sisi barat berupa perbukitan batu-batu yang terjal dan berbatasan langsung dengan laut.
ADVERTISEMENT
Di bagian barat inilah yang menjadi daya tarik wisatawan, karena diisi dengan batu-batu besar dan kereta gantungnya. Batu besar yang kokoh ini dikenal dengan nama Batu Panjang atau Pulau Timang yang berada di tengah laut.
Foto 2
Pantai Timang (Foto: Flickr / Season Clauss)
Untuk mencapainnya, pengunjung harus menggunakan sebuah kereta gantung atau gentole tradisional. Kereta gantung ini terbuat dari kayu dan bambu yang dirangkai dengan tambang tali plastik yang kuat.
Cara kerjanya juga cukup sederhana. Para pengunjung masuk ke dalam kereta gantung, kemudian ditarik oleh beberapa orang hingga menuju Pulau Timang. Pengunjung akan merasakan sensasi berada di atas air, dengan ketinggian 9 hingga 11 meter, dan akan ditarik sejauh 50 sampai 100 meter.
Foto 4
Pantai Timang (Foto: Flickr / fr_soemadipradja)
Tak hanya menarik perhatian wisatawan dalam negeri saja, kereta gantung yang menguji adrenalin ini juga mencuri perhatian variety show asal Korea Selatan, Running Man. Mereka rela terbang ke Indonesia untuk syuting dan ikut mencobanya.
ADVERTISEMENT
Jika tertarik, cukup siapkan Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu untuk menguji adrenalinmu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white