kumparan
3 Desember 2019 10:14

Menikmati Lekuk Mornington Peninsula Australia

Untitled Image
Pemandangan Cape Woolamai, Australia dari atas helikopter Phillips Islands. Dok. Istimewa
Hari itu angin berhembus kencang, satu sisi tampak deret bangunan rumah dan pertokoan menampilkan rupa kota kecil nan tenang, sementara di seberang tampak laut biru terbentang. Keindahan nan damai Mornington Peninsula, Victoria, Australia, menyapa kami.
ADVERTISEMENT
Wilayah yang berjarak sekitar 40 kilometer di tenggara Melbourne ini hampir seluruhnya dikelilingi laut. Dengan panjang sekitar 40 kilometer dan lebar 15-20 kilometer, Mornington Peninsula menjadi salah primadona wisata di Victoria. Ia menawarkan pemandangan alam yang masih terjaga baik itu hutan ataupun laut dan kota-kota kecil yang tenteram.
Area peninsula ini terbentuk setidaknya sejak 10.000 SM. Di sini hidup suku Boon Wurrung dan Mayone-Bulluk, penduduk asli Australia. Namun saat ini sekitar 20 persen penduduk yang tinggal di Mornington Peninsula merupakan imigran dari Inggris dan Selandia Baru.
Jelajah Selatan Australia
Jelajah Selatan Australia Foto: Maulana Saputra/kumparan
Mornington Peninsula memiliki banyak pesona. Deret pantai di sini menyediakan banyak penginapan yang menghadap langsung ke laut seperti di Pantai Rye, taman-taman bermain yang memanjakan mata dan aman untuk anak-anak, juga area petualangan untuk bersepeda, hiking, dan berkemah.
ADVERTISEMENT
Berikut ini beberapa lokasi yang layak kamu kunjungi untuk menikmati Mornington Peninsula
Arthurs Seat Eagle
Area wisata gondola ini berada di wilayah Arthurs Seat State Park yang menjadi habitat dari kangguru, koala, bandicoot, burung hantu, dan tentu saja elang ekor baji. Burung-burung baik burung hantu maupun elang bisa dengan mudah kamu saksikan ketika berkunjung ke area ini. Jika beruntung kamu bisa melihat kangguru di sore hari.
Video
Dengan gondola dari Arthurs Seat Eagle kamu bisa menyaksikan pemandangan hutan di wilayah Arthurs Seat yang dekat dengan laut. Arthurs Seat memiliki 34 gondola yang bisa menampung hingga 8 orang per gondola. Masing-masing gondola akan membawamu menyaksikan pemandangan hutan dan laut selatan peninsula selama kurang lebih 15 menit dari ketinggian hingga 314 meter.
ADVERTISEMENT
Harga tiket untuk menikmati wisata yang dibangun sejak tahun 2015 sebesar AUD 24 untuk dewasa (sekitar Rp 235 ribu) dan AUD 15 untuk anak-anak atau sekitar Rp 147 ribu. Jam operasional Arthurs Seat Eagle sejak pukul 10.00-17.00. Tapi khusus untuk musim panas kali ini, 26 Desember 2019 sampai 26 Januari 2020, jam operasional diperpanjang menjadi pukul 09.00 sampai 19.00.
Enchanted Adventure Garden
Berlibur bersama keluarga? Jangan lupa untuk mengunjungi Enchanted Adventure Garden. Taman bermain ramah anak ini menawarkan aneka permainan yang menantang tapi aman untuk anak.
Salah satu arena paling populer adalah zip lining sepanjang 300 meter bernama Big Zip. Pilihan arena lainnya adalah Tree Surfing di mana anak-anak bisa melintasi pohon ke pohon menggunakan aneka jembatan yang telah disediakan. Ada pula Tube Slides di mana kamu bisa bermain seluncuran menggunakan ban yang telah disediakan.
ADVERTISEMENT
Video
Selain itu, cobalah labirin yang membawamu menyusuri tiap kelokannya untuk mencari jalan keluar. Setiap harinya Enchanted Adventur Garden beroperasi mulai pukul 10.00 hingga 17.00, di akhir pekan taman bermain ini buka mulai pukul 09.00 hingga 17.30. Kamu bisa menikmati itu semua dengan membayar AUD 30 untuk dewasa dan AUD 20 untuk anak-anak. Tertarik mencoba?
Tree Surfing di Enchanted Adventure Garden
Tree Surfing di Enchanted Adventure Garden Foto: Rina Nurjanah
Phillip Islands Helicopter
Menyaksikan keindahan lekuk Mornington Peninsula akan semakin lengkap dengan menjajal helikopter satu ini. Phillip Islands Helicopter menawarkan berbagai range harga, waktu penerbangan, dengan rute yang berbeda-beda.
Harga terendah untuk mencoba menjajal helikopter ini adalah AUD 90 atau sekitar Rp 980 ribu untuk sembilan menit penerbangan menyusuri lekuk Cape Woolamai. Phillips Islands Helicopter memiliki lima buah helikopter yang masing-masing hanya memuat dua penumpang saja. Para pilot adalah mereka yang telah bersertifikasi dan berpengalaman setidaknya lima tahun.
ADVERTISEMENT
Tak ada batasan usia untuk bisa menjajal helikopter ini. Phillips Islands Helicopter bisa membawamu terbang di berbagai cuaca jika kamu mau, hanya saja ia tak melayani penerbangan malam. Sebab jam operasionalnya hanya sampai pukul 17.00.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan