kumparan
search-gray
Food & Travel7 November 2019 7:35

Sensasi Jadul Puffing Billy, Kereta Uap di Australia

Konten Redaksi kumparan
Sensasi Jadul Puffing Billy,  Kereta Uap di Australia (23639)
Petugas mengecek mesin kereta uap Puffing Billy, Australia Foto: Rina Nurjanah/kumparan
Pepohonan rindang sepanjang jalan seolah menjadi terowongan menuju dunia yang berbeda. Menjauh dari segala beton dan deru kendaraan di Melbourne, kami tiba di Menzies Creek Station, 49 School Rd, Menzies Creek Victoria, Australia, setelah kurang lebih satu jam perjalanan.
ADVERTISEMENT
Stasiun Menzies Creek adalah salah satu dari lima stasiun tua tempat pemberangkatan kereta uap Puffing Billy yang berusia 100 tahun lebih. Jika kamu jenuh dengan segala ketergesa-gesaan, perasaan diburu waktu, atau hal-hal yang menuntut kecepatan, maka wisata kereta uap Puffing Billy bisa menjadi penawar. Di sini kamu bisa menikmati suguhan pemandangan desa yang indah dengan kereta yang melaju dengan kecepatan sekitar 30 kilometer per jam saja.
Sensasi Jadul Puffing Billy,  Kereta Uap di Australia (23640)
Stasiun Menzies Creek, Australia Foto: Rina Nurjanah/kumparan
Stasiun Menzies Creek yang dibangun pada 18 Desember 1900 pernah berganti nama menjadi Aura pada 1904. Namun 43 tahun kemudian nama stasiun itu kembali menjadi Menzies Creek, diambil dari nama James Menzies, seorang penambang emas di sana pada tahun 1860an. Stasiun ini mulai dibuka kembali pada 1962 berbarengan dengan rehabilitasi stasiun-stasiun tua lainnya demi membuka jalan Puffing Billy kembali melaju.
ADVERTISEMENT
Jalur kereta Puffing Billy adalah salah satu jalur kereta tertua yang dibangun sejak 1900 untuk membuka daerah-daerah terpencil mulai dari Belgrave hingga Gembrook, Victoria. Jalur kereta ini sempat ditutup pada 1954 karena tanah longsor dan memblokade jalan. Jalur ini pun kemudian dilestarikan oleh masyarakat di sekitar jalur yang menjadi anggota Puffing Billy Preservation Society pada 1955. Ia kini menjelma jadi salah satu daya tarik wisata di negara bagian Victoria, Australia.
Sensasi Jadul Puffing Billy,  Kereta Uap di Australia (23641)
Pemandangan di jalur kereta uap Puffing Billy, Australia Foto: Rina Nurjanah/kumparan
Kereta uap Puffing Billy akan membawamu menikmati keindahan area Dandenong Ranges yang asri. Menikmati salah satu peninggalan revolusi industri, Puffing Billy akan membawamu melewati rindangnya pepohonan, tanah hijau lembah perkebunan, dan suasana pedesaan yang ramah. Setiap kali kereta ini lewat, warga desa di sana akan melambaikan tangan seolah mengucapkan ‘selamat menikmati keindahan yang kami miliki’.
ADVERTISEMENT
Kereta Puffing Billy beroperasi setiap hari, kecuali pada saat natal. Kamu bisa memilih jalur mana yang ingin kamu nikmati, dari Belrgrave hanya menuju Lakeside selama satu jam perjalanan atau dua jam hingga ke Gembrook.
Harga tiket dari stasiun pertama Belgrave menuju Lakeside sebesar AUD 61 untuk dewasa dan AUD 31,5 untuk anak, atau kamu bisa memilih paket keluarga dengan harga AUD 122 untuk dua orang dewasa dan empat anak. Selengkapnya bisa kamu lihat di sini.
Seperti halnya kereta lain, kamu tidak boleh terlambat sebab kereta uap Puffing Billy beroperasi sesuai jadwal. Jadwal pertama kereta uap Puffing Billy berangkat dari Belgrave yakni pukul 10.30, kemudian pukul 11.10, 12.30, dan jadwal terakhir yakni pukul 14.30. Jadi perhatikan baik-baik pukul berapa keberangkatan kereta dari stasiun yang kamu pilih.
Sensasi Jadul Puffing Billy,  Kereta Uap di Australia (23642)
Petugas kereta uap Puffing Billy, Australia Foto: Rina Nurjanah/kumparan
Bentuknya yang kuno, usianya yang sudah ratusan tahun dengan sejarah merentang panjang, dan suguhan pemandangan yang asri nan indah menjadi salah satu daya tarik wisata kereta uap Puffing Billy, Australia.Meski berusia tua, semua sarana dan infrastruktur sangat terawat.
ADVERTISEMENT
Jadi, tertarik mencoba?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white