kumparan
27 Agustus 2019 19:02

Menilik Tarif Bagasi Pesawat Biar Traveling Makin Hemat

Deretan koper di conveyor belt bandara
Deretan koper di conveyor belt bandara Foto: Shutter stock
Biaya bagasi pesawat menjadi salah satu komponen yang harus diperhitungkan ketika kamu hendak traveling. Apalagi jika kamu berencana menghemat biaya saat liburan. Sebab tidak semua maskapai menyediakan layanan gratis untuk bagasi tercatat dalam setiap penerbangan.
ADVERTISEMENT
Aturan mengenai bagasi berbayar ini tercantum dalam Pasal 22 Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.
Bandara Soekarno Hatta
Ilustrasi Pesawat di Bandara. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Dalam aturan tersebut, kelompok penerbangan full service tak akan dikenakan biaya bagasi tercatat untuk barang maksimal 20 kg. Kelompok penerbangan medium service juga tidak dikenakan biaya bagasi tercatat untuk barang seberat maksimal 15 kg.
Sementara khusus penerbangan berbiaya murah (Low Cost Carrier/LCC) kamu harus membayar bagasi sesuai tarif yang ditentukan masing-masing maskapai.
Di Indonesia, hanya ada dua maskapai full service yakni Garuda Indonesia dan Batik Air. Untuk kelompok maskapai medium service terdapat Trigana Air, Travel Express, Sriwijaya Air, NAM Air, dan Transnusa Air. Sedangkan untuk kelompok maskapai LCC ada Lion Air, Wings Air, Indonesia AirAsia, Indonesia AirAsia Extra, Citilink, dan Susi Air.
LIPSUS, Airasia, Lion Air, Garuda Indonesia
Lion Air dan Garuda Indonesia di Bandara Internasional Soekarno-hatta, Jakarta. Foto: AFP/Adek BERRY
Untuk maskapai full service, meski sudah mendapat bagasi gratis hingga 20 kg, kamu masih bisa menambah kuota bagasi, lho. Caranya, pertama kamu bisa membayar kelebihan berat bagasi pada saat check in alias beli dadakan. Atau kedua, kamu bisa pesan dulu voucher kuota bagasi sebelum jam keberangkatan.
ADVERTISEMENT
Hal yang sama juga bisa kamu lakukan jika terbang menggunakan maskapai LCC. Kamu bisa beli bagasi secara dadakan saat berada di bandara atau bisa pesan dulu via website ataupun aplikasi maskapai. Biasanya harganya akan lebih murah jika kamu pesan kuota bagasi terlebih dulu.
Lalu, berapa harga bagasi dari tiap maskapai penerbangan Indonesia? Simak daftar berikut agar kamu bisa menghemat biaya bagasi saat hendak traveling.
Lion Air Group
Pesawat Lion Air
Pesawat Lion Air. Foto: AFP/Adek Berry
Maskapai Lion Air Group mulai 1 September 2019 akan menerapkan tarif bagasi berbayar terbaru yang berlaku untuk pembelian saat pelaporan di bandara karena kelebihan berat/dimensi (excess baggage ticket/EBT). Tarif baru ini berlaku untuk penerbangan di Lion Air, Batik Air, dan Wings Air.
Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/8), menjelaskan Batik Air sebagai maskapai full services memberikan bagasi tercatat gratis 20 kg. Sementara itu, Lion Air dan Wings Air sebagai maskapai LCC memberlakukan bagasi tercatat berbayar.
ADVERTISEMENT
Jika kamu menggunakan maskapai LCC seperti Lion Air atau Wings Air, kamu akan membayar bagasi sesuai berat yang tertera saat barangmu ditimbang di counter check in.
Jika kamu menggunakan maskapai Batik Air namun saat ditimbang ternyata bagasi yang kamu bawa beratnya lebih dari 20 kg, maka kamu pun wajib membayar kelebihan bagasi.
Illustrasi Pesawat Lion Air
Pesawat Lion Air. Foto: AFP/Adek Berry
Bahkan meskipun kamu sudah membeli pre-paid baggage, bagasi mu tetap akan ditimbang kembali. Jika beratnya melebihi kapasitas voucher bagasi yang sudah dibeli, kamu juga tetap diwajibkan membayar kelebihan berat bagasi.
Tarif kelebihan berat/dimensi dihitung per kilogram (kg), besarannya berbeda-beda bergantung maskapai dan rute yang dilayani, sebagai contoh berikut ini:
Lion Air
Rute: Soetta – Yogyakarta Adisutjipto (< 1 jam), tarif Rp 24.000 per Kg EBT
ADVERTISEMENT
Rute: Soetta – Medan Kualanamu (2 jam), tarif Rp 49.000 per Kg EBT
Batik Air
Rute: Soetta – Yogyakarta Adisutjipto (< 1 jam), tarif Rp 33.000 per Kg EBT
Rute: Soetta – Medan Kualanamu (2 jam), tarif Rp 70.000 per Kg EBT
Wings Air
Rute: Surabaya – Banyuwangi (< 1 jam), tarif Rp 28.000 per Kg EBT
Rute: Denpasar – Bima (2 jam), tarif Rp 28.000 per Kg EBT
Rute: Bandung Husein Sastranegara – Bengkulu (> 1 jam), tarif Rp 44.000 per Kg EBT
Nah, selain membeli bagasi secara dadakan saat sudah berada di bandara, kamu sebenarnya bisa membeli kuota bagasi sebelum waktu keberangkatan (pre-paid baggage), lho.
Lion Air Group pun telah menyediakan pembelian kuota bagasi (extra baggage allowance) untuk 5 kg, 10 kg, 15 kg, 20 kg dengan maksimum pembelian 30 kg per penumpang.
ADVERTISEMENT
Tarif pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage) ini dihitung per kg, besarannya berbeda-beda bergantung maskapai dan rute yang dilayani, sebagai contoh berikut ini:
Lion Air
Rute: Soetta – Yogyakarta Adisutjipto (< 1 jam), tarif Rp 17.000 per Kg Pre-Paid Baggage
Rute: Soetta – Medan Kualanamu (2 jam), tarif Rp 36.000 per Kg Pre-Paid Baggage
Wings Air
Rute: Surabaya – Banyuwangi (< 1 jam), tarif Rp 22.000 per Kg Pre-Paid Baggage
Rute: Denpasar – Bima (2 jam), tarif Rp 22.000 per Kg Pre-Paid Baggage
Rute: Bandung Husein Sastranegara – Bengkulu (> 1 jam), tarif Rp 22.000 per Kg Pre-Paid Baggage
Pembelian bagasi dengan harga lebih hemat ini bisa dilakukan pada saat dan setelah pembayaran tiket (issued ticket) dengan ketentuan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan.
ADVERTISEMENT
Garuda Indonesia Group
Pesawat Garuda Indonesia
Pesawat Garuda Indonesia di landasan Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta Foto: REUTERS / Darren Whiteside
Sama seperti Batik Air, Garuda Indonesia juga menerapkan bagasi gratis 20 kg untuk kelas ekonomi. Selain Batik Air dan Garuda Indonesia, maskapai LCC Citilink juga menyediakan bagasi gratis hingga 20 kg untuk penerbangan domestik.
Namun, jika saat traveling kamu menghendaki membawa barang lebih banyak, kamu pun harus membayar bagasi. Kamu bisa membayar kelebihan bagasi pada saat check in (excess baggage ticket/EBT), atau kamu bisa membeli voucher sebelum keberangkatan
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia.
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia. Foto: Reuters/Darren Whiteside
Lebih lanjut, tarif kelebihan berat/dimensi dihitung per kilogram (kg), besarannya berbeda-beda bergantung maskapai dan rute yang dilayani, sebagai contoh berikut ini:
Garuda Indonesia
Rute: Soetta – Denpasar, tarif Rp 127.600 per kg EBT
Rute: Soetta – Yogyakarta Adisucipto, tarif Rp 77.000 per kg EBT
ADVERTISEMENT
Citilink
Rute: Soetta – Banyuwangi, tarif Rp 40.000 per kg EBT
Rute: Soetta – Surabaya, tarif Rp 35.000 per kg EBT
Nah, sedangkan untuk pre-paid baggage, kamu juga bisa pesan terlebih dahulu agar harganya lebih hemat. Ada beberapa paket yang disediakan oleh Garuda Indonesia mulai dari 5 kg, 10 kg, 15 kg, 20 kg, 25 kg, 30 kg, 35 kg dan 40 kg. Sedangkan untuk Citilink, ada kamu bisa membeli kuota bagasi mulai dari 5 kg, 10 kg, 20 kg, 30 kg dan 40 kg.
Tarif pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage) ini dihitung per kg, besarannya berbeda-beda bergantung maskapai dan rute yang dilayani, sebagai contoh berikut ini:
Garuda Indonesia
Rute: Yogyakarta Adisucipto – Denpasar tarif Rp 470.800 untuk paket 5 kg atau Rp 940.500 untuk paket 10 kg.
ADVERTISEMENT
Rute: Soetta – Yogyakarta Adisucipto tarif Rp 346.500 untuk paket 5 kg atau Rp 693.000 untuk paket 10 kg.
Citilink
Rute: Soetta – Makassar tarif Rp 165.000 untuk paket 5 kg atau Rp 330.000 untuk paket 10 kg.
Rute: Soetta – Pekanbaru tarif Rp 135.000 untuk paket 5 kg atau Rp 270.000 untuk paket 10 kg.
Indonesia Air Asia
Ilustrasi pesawat Air Asia
Ilustrasi pesawat Air Asia. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Maskapai LCC Air Asia juga masih memberlakukan bagasi terdaftar gratis atau free baggage hingga 15 kilogram. Namun, kamu sebagai penumpang boleh menambah jatah bagasi terdaftar menjadi 20 atau lebih dengan cara membeli jatah bagasi tambahan secara online atau di bandara.
Sama seperti maskapai yang lain, kamu juga bisa lebih menghemat jika memesan bagasi Anda secara online sebelum berangkat ke bandara.
Ilustrasi, Pesawat, Air Asia
Ilustrasi pesawat Air Asia. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Pembelian bagasi ini bisa dilakukan lewat fitur Pembelian Saya di situs resmi AirAsia, Live Chat, atau melalui Call Center AirAsia, atau bahkan konter check-in bandara paling lambat empat jam sebelum waktu keberangkatan terjadwal. Setiap penumpang bisa membeli hingga 40 kg per arah, per penumpang.
ADVERTISEMENT
Tarif kelebihan berat/dimensi dihitung per kilogram (kg), besarannya berbeda-beda bergantung maskapai dan rute yang dilayani, sebagai contoh berikut ini:
Rute: Soetta – Yogyakarta Adisucipto tarif Rp 88.000 per kg EBT
Rute: Soetta – Semarang tarif Rp 73.000 per kg EBT
Tarif pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage) ini dihitung per kg, besarannya berbeda-beda bergantung maskapai dan rute yang dilayani, sebagai contoh berikut ini:
Rute: Soetta – Yogyakarta Adisucipto tarif Rp 101.200 per kg
Rute: Soetta – Semarang tarif Rp 82.800 per kg
Nah, dengan memahami tarif bagasi tiap maskapai, kamu bisa merencanakan travelingmu agar lebih hemat. Ada baiknya kamu pun memperhitungkan barang bawaan yang dibawa dan memilih kapasitas bagasi sesuai keperluan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan