Food & Travel
Β·
21 Juli 2021 18:28
Β·
waktu baca 2 menit

Menilik Tomohon, Kota Bunga dari Sulawesi Utara yang Penuh Pesona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menilik Tomohon, Kota Bunga dari Sulawesi Utara yang Penuh Pesona (88115)
searchPerbesar
Wisatawan yang tengah menikmati keindahan Kota Bunga Tomohon Foto: Instagram @wulan_pinontoan
Apa yang kalian pikirkan jika mendengar wisata di Sulawesi Utara? Pasti pikiranmu langsung tertuju pada Taman Laut Bunaken. Lebih dari itu, ada banyak wisata di Sulawesi Utara yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya di Kota Tomohon.
ADVERTISEMENT
Terletak di sebelah timur Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Tomohon dikenal sebagai kota dengan segudang tempat wisata.
Belum lagi, lokasinya yang berada di ketinggian 900-1.100 meter di atas permukaan laut (dpl) membuat Tomohon kerap diselimuti hawa sejuk dengan suhu sekitar 18-20 derajat Celsius.
Tanah yang subur dan cuaca yang sejuk mendorong masyarakat setempat untuk turut menumbuhkan berbagai jenis bunga dan sayuran. Sehingga kota ini dikenal sebagai kota penghasil bunga.
Selama musim bunga yang berlangsung pada bulan Desember, Januari atau April, kebun bunga penduduk setempat bermekaran dan tumbuh dengan sangat baik, hal itu membuat pekarangan bunga terlihat sangat indah.
Pekarangan Bunga Tomohon terletak di kaki Gunung Lokon tepatnya di Kawasan Kakaskasen. Di sini, kamu akan temukan berbagai bunga cantik yang berwarna-warni.
ADVERTISEMENT
Udaranya pun sejuk, cocok untuk kamu yang ingin mencari ketenangan. Karena berada di kaki Gunung Lokon, pemandangan gunung terlihat dengan jelas. Kamu bisa mengabadikan momen dengan background gunung di sekitar taman bunga.
Beberapa bunga yang tersedia di sana di antaranya adalah bunga lili, bunga mawar, bunga krisan kuning dan putih cerah, bunga dahlia merah dan ungu dan berbagai bunga lainnya. Tampak julukan kota bunga bagi Kota Tomohon semakin jelas terlihat karena di sepanjang jalan di kota itu penuh dengan bunga yang mekar.
Menilik Tomohon, Kota Bunga dari Sulawesi Utara yang Penuh Pesona (88116)
searchPerbesar
Pesona Danau Linow di Tomohon Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Pada beberapa bulan tertentu pun, di kota ini selalu menggelar parade bunga dunia bernama Tomohon International Flower Festival. Parade bunga ini diikuti oleh beberapa kota di seluruh Indonesia, bahkan beberapa negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan beberapa negara lainnya.
ADVERTISEMENT
Kota Tomohon berada di lokasi yang tidak jauh dari pusat kota Manado. Kamu akan menempuh jarak kurang lebih 22 km.
Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota Manado, kamu bisa menempuh penerbangan menuju Bandara Sam Ratulangi yang berada di Manado. Kemudian, perjalanan menuju Tomohon bisa dilakukan menggunakan mobil atau alat transportasi lainnya.
Penulis: Rani Nuraeni Khairunissa
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)