kumparan
14 Maret 2019 18:18

Online Travel Agent Jadi Andalan Kebutuhan Berlibur Masyarakat

com-Ilustrasi Paspor
com-Ilustrasi Paspor Foto: Shutterstock
Sebagai konsumen, kamu pasti akan memilih cara termudah untuk mewujudkan liburan impian. Beragam persiapan pun dilakukan sejak jauh-jauh hari, terutama soal pembelian tiket pesawat yang terbilang cukup tricky.
ADVERTISEMENT
Sebelum maraknya OTA di Indonesia, untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang sesuai dengan budget, kamu harus mengecek website resmi tiap maskapai dan membandingkannya. Hal tersebut tidak bisa kamu lakukan hanya sekali atau dua kali. Harga tiket pesawat yang fluktuatif dan cenderung cepat berubah, membuat kamu harus rutin menengok berbagai laman maskapai penerbangan untuk mendapatkan harga yang terbaik.
Namun kini, setelah maraknya kehadiran Online Travel Agent (OTA), setidaknya sejak lima tahun yang lalu, hal itu rasanya tidak perlu lagi dilakukan. Dengan OTA, banyak masyarakat yang merasa terbantu untuk melakukan pembelian tiket pesawat. Bagaimana tidak? Di platform ini, kamu bisa melihat dan membandingkan harga tiket pesawat ke destinasi tujuan dari berbagai maskapai yang berbeda hanya dalam satu tempat saja.
com-Ilustrasi Mencari Tiket Pesawat Secara Online
com-Ilustrasi Mencari Tiket Pesawat Secara Online Foto: Shutterstock
Kemudahan tersebut pastinya menguntungkan para konsumen, terutama bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan persiapan liburan. Salah satunya adalah Ridho, seorang karyawan swasta di daerah Jakarta Selatan yang mengaku sangat terbantu dengan adanya Online Travel Agent di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Gue sih seneng banget pesan tiket pakai aplikasi, soalnya enggak perlu repot lagi buka banyak website maskapai kalau mau beli tiket pesawat. Semuanya udah di satu tempat. Terus, banyak promo juga,” jelas Ridho kepada kumparan, Rabu (13/3).
Komparasi harga tiket pesawat dari berbagai maskapai penerbangan memang menjadi keunggulan dari OTA. Dari komparasi harga tersebut, kamu bisa langsung memutuskan maskapai dan harga mana yang sesuai dengan budget liburan. Namun tidak hanya itu, OTA juga membuat liburan kamu lebih hemat dengan adanya berbagai promo-promo menarik yang memanjakan konsumennya.
Terlepas dari urusan promo, OTA juga memiliki teknologi mumpuni untuk mengakomodir berbagai kebutuhan konsumen, salah satunya dalam urusan pembayaran. Hal itu dirasakan betul oleh Cynda, seorang mahasiswi di salah satu kampus swasta Jakarta.
ADVERTISEMENT
“Kadang gue tuh kalo beli tiket pesawat suka bingung sama pembayaran, apalagi kalau misalnya ke luar negeri kadang ada yang kurs-nya bukan rupiah. Tapi kalau lewat aplikasi pemesanan kayak Traveloka, pasti pakai rupiah dan gue bisa bayar pakai debit atau transfer,” jelas Cynda pada kumparan, Rabu (13/3).
com-Aplikasi Traveloka
com-Aplikasi Traveloka Foto: Shutterstock
Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, tidak heran rasanya jika Online Travel Agent seperti Traveloka menjadi solusi untuk berbagai kebutuhan liburan masyarakat Indonesia. Hanya dalam sebuah platform yang bisa diakses dengan menggunakan smartphone, kamu dapat mempersiapkan berbagai kebutuhan liburan, terutama pemesanan tiket pesawat dengan mudah, tanpa perlu repot-repot membandingkan harga di tiap website maskapai penerbangan.
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Traveloka.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan