kumparan
search-gray
Food & Travel29 Maret 2020 9:11

Puncak Bangku, Negeri di Atas Awan dari Ciamis

Konten Redaksi kumparan
Puncak Bangku, Negeri di Atas Awan dari Ciamis (978961)
Puncak Bangku, negeri di atas awan dari Ciamis. Foto: Dok. Dispar Kabupaten CIamis
Saat mendengar pesona Negeri di Atas Awan, pasti yang terlintas di benak kebanyakan orang adalah Dieng. Ya, tempat wisata yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah, tersebut memang terkenal akan keindahannya.
ADVERTISEMENT
Tapi, enggak hanya Dieng, kamu juga bisa menemukan panorama negeri di atas awan di Ciamis, Jawa Barat, lho. Bernama Puncak Bangku, tempat wisata ini menawarkan panorama yang tak kalah indah.
Puncak Bangku, Negeri di Atas Awan dari Ciamis (978962)
Puncak Bangku, negeri di atas awan dari Ciamis. Foto: Dok. Dispar Kabupaten CIamis
Mungkin sebagian dari kamu belum pernah mendengar tempat wisata yang satu ini. Nah, perlu diketahui, Puncak Bangku menjadi salah satu tempat wisata yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja saat berkunjung ke Ciamis. Bahkan, Puncak Bangku disebut-sebut sebagai Negeri di Atas Awan dari Ciamis.
Mengutip laman Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Puncak Bangku atau yang juga dikenal dengan Puncak Mandala Rancah merupakan salah satu obyek wisata rintisan di Kampung Malingping yang secara administratif berada di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Menurut salah satu wisatawan bernama Fanny Rahma Utami, Puncak Bangku menawarkan keindahan pemandangan alam pegunungan yang menawan.
"Bisa dibilang negeri di atas awan karena tempat wisatanya berada di puncak. Dan ketika pagi hari melihat ke bawah, semuanya dipenuhi oleh awan, seolah-olah kita ada di atas awan," kata Fanny saat dihubungi kumparan pada Jumat (27/3).
Mahasiswi di salah satu perguruan tinggi di Jawa Barat itu juga mengatakan bahwa pesona tersebut bisa dilihat di pagi hari.
"Untuk pesonanya bisa dilihat dan dirasakan saat pagi hari, mulai dari pukul 4 pagi atau setengah 5 pagi sampai kisaran pukul 8 pagi," lanjut Fanny.
Saat berada di tempat ini, kamu bisa menyaksikan keindahan panorama megahnya Gunung Ciremai berselimut awan yang memukau.
ADVERTISEMENT
Kamu pun tidak perlu khawatir soal spot foto. Sebab, ada beberapa spot foto Instagramable yang menarik dicoba, seperti spot foto sarang burung, jembatan pohon, dan lainnya.
Akan tetapi, menurut penuturan Fanny, jika ingin berfoto, kamu perlu merogoh kocek lagi sebesar Rp 3 ribu rupiah di beberapa spot foto yang tersedia.
"Untuk spot foto yang bayar itu sekitar 2 atau 3. Tapi, untuk yang lainnya, karena terbuka, itu kita bebas untuk selfie atau foto-foto," imbuh Fanny.
Tempat wisata yang satu ini, selain menyediakan spot foto, juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti adanya warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman, gazebo atau tempat beristirahat, tempat ibadah, hingga area parkir untuk roda dua dan roda empat.
ADVERTISEMENT
Apabila ingin menikmati keindahan tempat ini, kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena kamu hanya perlu membayar parkir kendaraan, yaitu motor, sebesar Rp 2 ribu saja.
Tertarik untuk berkunjung ke Puncak Bangku?
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white