Food & Travel
·
22 September 2020 6:52

Ranu Manduro Hingga Ladang Sawi, Tempat yang Viral karena Mirip di Luar Negeri

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ranu Manduro Hingga Ladang Sawi, Tempat yang Viral karena Mirip di Luar Negeri (23382)
Lanskap Ranu Manduro yang hijau dan cantik dengan latar Gunung Penanggungan Foto: Twitter/@hafidzbashory_
Belakangan ini, destinasi wisata di Indonesia semakin menjadi primadona di kalangan wisatawan. Selain ditunjang dengan keindahan panorama alamnya, nuansa yang ditawarkan pun cukup unik karena dianggap memiliki suasana yang persis seperti di luar negeri.
ADVERTISEMENT
Ya, pemandangan wisata seperti di luar negeri ternyata bisa ditemui di beberapa tempat Indonesia. Tingkat kemiripannya pun bahkan terlihat hampir sama. Meski demikian, hal tersebut tak mengurangi cita rasa Indonesia di dalamnya.
Dengan berkembangnya teknologi, tempat-tempat tersebut viral di media sosial dan lahir menjadi destinasi wisata baru. Berikut kumparan rangkum tempat-tempat di Indonesia yang viral, karena disebut mirip dengan destinasi wisata di luar negeri.

1. Ranu Manduro, Mojokerto - Mirip Selandia Baru

Ranu Manduro Hingga Ladang Sawi, Tempat yang Viral karena Mirip di Luar Negeri (23383)
Keindahan Ranu Manduro yang menghijau Foto: Twitter/@hafidzbashory_
Nama Ranu Manduro yang merupakan tempat wisata di Mojokerto mendadak ramai diperbincangkan warganet. Kawasan perbukitan di Mojokerto ini viral di media sosial Twitter dan Instagram, karena lanskapnya yang indah seperti Selandia Baru.
Dalam video perjalanan yang beredar itu, tampak hamparan perbukitan hijau dengan latar belakang Gunung Penanggungan yang tampak gagah. Lalu, ada pula bebatuan besar menghiasi bentangan rumputnya.
ADVERTISEMENT
Alamnya nampak masih sangat alami. Apalagi dalam video itu, kamu bisa melihat langit yang biru tanpa kabut polusi. Awan putih justru tampak bermain di sekitar puncak gunung. Sekilas, terlihat seperti lanskap indah Selandia Baru.
Ranu Manduro Hingga Ladang Sawi, Tempat yang Viral karena Mirip di Luar Negeri (23384)
Panorama Awakino di Selandia Baru Foto: Shutter Stock
Ranu Manduro sebenarnya adalah sebuah telaga. Orang-orang sering menjulukinya sebagai Ranu Kumbolo dari Mojokerto. Pada musim hujan, kawasan ini akan menghijau karena dipenuhi rerumputan dan lumut. Namun, pada musim panas, kamu akan menemukan pemandangan layaknya Timur Tengah di tempat ini.
Ranu Manduro sebenarnya bukanlah kawasan wisata Mojokerto. Kawasan Ranu Manduro dulunya hanya sekadar perbukitan yang dikeruk untuk mengatasi lumpur Lapindo yang meluap pada 2006 silam.
Saat bencana lumpur Lapindo terjadi, banyak truk yang datang ke tempat ini untuk mengeruk pasir. Hasil kerukan itu kemudian menjadi sebuah lubang besar yang membentuk telaga ketika musim hujan tiba.
ADVERTISEMENT
Walau viral di berbagai media sosial karena keindahannya, Ranu Manduro sendiri sebenarnya juga belum menjadi objek wisata resmi. Kawasan bekas lahan penambangan pasir itu belum terdaftar sebagai tempat wisata di Mojokerto menurut pemda setempat.

2. Ladang Sawi Kawah Wurung, Bondowoso - Mirip Pulau Jeju

Ranu Manduro Hingga Ladang Sawi, Tempat yang Viral karena Mirip di Luar Negeri (23385)
ilustrasi Pulau Jeju Foto: Shutter stock
Jawa Timur memang dikenal dengan destinasi wisata Kawah Ijen, Gunung Bromo, dan Baluran. Namun, siapa sangka ujung timur Pulau Jawa ini juga memiliki banyak surga terpendam yang mungkin belum banyak diketahui publik, salah satunya kawasan wisata Kawah Wurung, tepatnya Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.
Sebuah hamparan ladang tanaman sawi di kawasan tersebut disebut warganet memiliki nuansa yang nyaris seperti Pulau Jeju di Korea Selatan. Hal itu lantaran perkebunan yang berlatar belakang kawasan Kawah Wurung ini memiliki bunga tulip berwarna kuning yang bermekaran di kawasan tersebut.
Ranu Manduro Hingga Ladang Sawi, Tempat yang Viral karena Mirip di Luar Negeri (23386)
Ladang Sawi di kawasan Kawah Wurung, Bondowoso Foto: Istimewa
Tempat yang berada kawasan Kawah Wurung tersebut sebenarnya bukanlah tempat wisata, melainkan ladang sawi milik warga setempat. Sebelumnya, tak banyak wisatawan yang mengetahui adanya lahan perkebunan 'Pulau Jeju' di Bondowoso itu. Selain lokasinya yang terpencil, akses menuju lahan sawi tersebut lumayan sulit untuk dijangkau.
ADVERTISEMENT

3. Dusun Butuh Magelang - Mirip Nepal

Ranu Manduro Hingga Ladang Sawi, Tempat yang Viral karena Mirip di Luar Negeri (23387)
Dusun Butuh yang punya pesona mirip Nepal Foto: Dok. Istimewa
Belum lama ini viral di media sosial sebuah dusun di Magelang yang punya pesona mirip di Pegunungan Himalaya, Nepal. Ya, tempat tersebut ialah Dusun Butuh yang berada di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
Dusun ini dikenal dengan keunikannya, yaitu memiliki susunan rumah yang bertingkat dengan latar belakang Gunung Sumbing yang megah. Panorama yang indah dan udara yang sejuk membuat kagum siapa pun yang berkunjung.
Kepala Dusun Butuh, Lilik Setyawan, menuturkan bahwa cerita soal Dusun Butuh yang bak Nepal mulai muncul tepat setahun lalu pada bulan Juni 2019. Ada seorang pendaki senior yang liburan ke Dusun Butuh, kemudian tercetuslah sebutan Dusun Butuh yang mirip sekali dengan Nepal. Foto Dusun Butuh yang terkenal dengan pemandangannya bak Nepal diunggah di media sosial hingga viral.
ADVERTISEMENT
Lilik pun menjelaskan sebelum muncul istilah Nepal, dusun ini juga sempat disebut seperti Rio De Janeiro (Brasil). Ada pula yang menyebut dusun ini mirip Tibet.
Ranu Manduro Hingga Ladang Sawi, Tempat yang Viral karena Mirip di Luar Negeri (23388)
Annapurna Circuit, Pegunungan Annapurna, Nepal. Foto: Dok. Istimewa
Hal tersebut dikarenakan kontur Dusun Butuh yang bertingkat layaknya sebuah terasering. Susunan rumah warga di Dusun Butuh cukup unik. Rumah dibangun beraturan, mengikuti kontur dari kaki Gunung Sumbing.
Sebab, sebelumnya tempat ini merupakan ladang pertanian warga, sehingga bangunan rumahnya jadi mengikuti kontur lahan. Dari bawah memanjang terus ke lereng paling atas.
Menariknya lagi, Dusun butuh juga disebut-sebut sebagai dusun tertinggi di Kabupaten Magelang. Hal ini karena dusun tersebut terletak tepat di kaki Gunung Sumbing dengan ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut.
Oleh sebab itu, ada banyak spot foto yang ditawarkan di tempat ini, salah satunya di tikungan sebelum pasar yang kerap jadi spot foto pengunjung.
ADVERTISEMENT
Spot foto tersebut berada tepat di atas atap rumah salah satu warga. Dari sini, pemandangan Dusun Butuh terlihat secara keseluruhan, sehingga menjadi spot favorit wisatawan.

4. Gunung Bromo - Mirip Swiss

Ranu Manduro Hingga Ladang Sawi, Tempat yang Viral karena Mirip di Luar Negeri (23389)
Lauterbrunnen di Swiss Foto: Shutter Stock
Keindahan kawasan wisata Gunung Bromo, Jawa Timur, memang sudah tak asing lagi bagi wisatawan domestik. Namun, beberapa watu lalu kawasan tersebut viral di media sosial Twitter lantaran keindahannya disebut-sebut mirip Swiss.
Keindahan tempat wisata tersebut diunggah oleh akun Twitter @jawafess yang memperlihatkan salah kawasan perbukitan Gunung Bromo yang menghampar indah.
"Swiss? Bukan. Iki Bromo," tulis caption dalam video tersebut.
Diketahui video berdurasi 18 detik itu pertama kali diunggah oleh akun @estehmanis di TikTok. Menurut pemilik akun @estehmanis, Tazsa Miranda Devira, tempat wisata yang viral tersebut diambil di sebuah penginapan dan tempat makan yang ada di Bromo.
ADVERTISEMENT
"Jadi itu tempat makan dan ada penginapannya, di Bawangan Bromo Resto," kata Miranda kepada kumparan.
"Cuma banyak yang komentar dan mengira itu di Swiss atau Eropa. Terus pemandangannya memang pas lagi enggak gersang juga, kan," lanjutnya.
Mengutip laman resminya, Bawangan Bromo Hotel dan Resto merupakan sebuah penginapan, sekaligus restoran yang berada tidak jauh dari objek wisata Gunung Bromo. Hotel atau penginapan ini sendiri terletak di Jl. Raya Bromo No. 119, Ponjol, Wonokerto, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur.
Hotel berbintang tiga ini memiliki beberapa tipe kamar, mulai dari Kamar Superior Twin, Kamar Superior Double, dan Kamar Family dengan Teras. Selain itu, penginapan ini juga menyuguhkan spot foto yang menghadap langsung ke kawasan pegunungan di Bromo. Belakangan spot foto inilah yang menjadi viral, karena punya pemandangan yang indah.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).