kumparan
11 April 2018 12:29

Registan Square hingga Jizzakh, 5 Tempat Wisata Menarik di Uzbekistan

Tashkent (Foto: Pixabay)
Februari lalu Uzbekistan resmi membebaskan visa bagi para wisatawan Indonesia yang ingin berkunjung ke sana. Pembebasan visa ke Uzbekistan ini berlaku selama 30 hari.
ADVERTISEMENT
Tentunya kabar ini menjadi hal menarik bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang berencana perhi ke negara yang dahulu masuk ke dalam Uni Soviet itu. Uzbekistan sendiri memang menjadi salah satu negara yang memiliki tempat-tempat bersejarah dan menarik untuk dikunjungi.
Untuk itu, kumparanTRAVEL telah merangkum lima tempat yang bisa kamu kunjungi ketika berada di sana. Apa saja?
1. Registan Square
Registan Square. (Foto: Flickr/baker070)
Registan Square adalah alun-alun tempat orang-orang berkumpul. Di sini ada sebuah komplek pendidikan atau perguruan tinggi yang dibangun dari abad pertengahan, yang terdiri dari tiga gedung madrasah besar dan satu buah masjid.
Registan Square juga merupakan salah satu tempat yang tak pernah sepi dari wisatawan lokal maupun asing. Tentu, tempat ini menjadi lokasi wajib jika kamu berkunjung ke Uzbekistan.
ADVERTISEMENT
2. Samarkand
Samarkand. (Foto: Flickr/Redstone Hill)
Selanjutnya ada Samarkand, sebuah kota indah lengkap dengan bangunan tua yang mengisinya. Selain memiliki bangunan tua dengan arsitektur yang indah, rupanya kota ini juga menjadi salah satu kota penting dalam sejarah Islam di Asia Tengah.
Sebut saja kota dengan usia hampir 3 ribu tahun ini memiliki Madrasah-Sher-Dor, Gur Emir Mausolueum, dan masih banyak lagi.
3. Bukhara
Bukhara. (Foto: Flickr /Dan)
Bukhara merupakan kota bersejarah yang usianya lebih dari 2 ribu tahun. Kota tua yang cantik ini menawarkan beragam bangunan indah yang menjadi saksi perkembangan Islam pada masa lalu.
Sebut saja Benteng Arc Fortress, Masjid Magoki Atori, Masjid Kalon, dan Chashma Ayud yang sudah berdiri sejak berabad-abad lalu. Bahkan, beberapa di antaranya sudah masuk ke dalam warisan dunia UNESCO
ADVERTISEMENT
4. Tashkent
Tashkent. (Foto: Flickr/so10wa)
Kota indah lainnya adalah Tashkent yang sudah berumur berabad-abad lamanya. Ada berbagai tempat yang menawarkan keindahan bangunan dan juga sejarah yang kaya, sebut saja Khazret-Imam Mosque, Genuine Muskhafe-Usman Koran, Old Town, hingga Independence Square.
5. Jizzakh
Jizzakh. (Foto: Flickr/Richard Cheval)
Deretan benteng kuno akan menyambut kedatanganmu ketika berada di Jizzakh. Kota yang berada di utara kaki Gunung Nuratau ini juga memiliki pemandangan alam yang tak kalah indah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan