kumparan
28 Feb 2019 7:31 WIB

Sajian Indah Pura Uluwatu di Bali yang Berdiri di Atas Tebing

Lanskap Pura Uluwati di Bali dari Ketinggian Foto: Shutter Stock
Bali selalu sukses membuat decak kagum. Mulai dari alam, kuliner hingga budaya, semuannya berhasil memikat dan membuat jatuh hati.
ADVERTISEMENT
Termasuk Pura Uluwatu, satu dari sekian banyak pura yang ada di Pulau Dewata, tepatnya berlokasi di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung.
Pura Uluwatu dengan Latar Belakang Langit Sore Foto: Shutter Stock
Pura Uluwatu berdiri di sebuah tebing dengan ketinggian mencapai 97 mdpl dan langsung menghadap ke samudera. Alhasil, kala sunset tiba, pengunjung bisa langsung menikmati sang surya tenggelam tanpa ada yang menghalangi pemandangan.
Untuk mencapai ke atas pura, pengunjung pun harus mendaki tangga batu yang cukup tinggi. Selama perjalanan, turis akan berpapasan dengan kera liar yang sering menganggu dengan menyerobot makanan atau mengambil barang yang dikenakan wisatawan.
Panorama Mentari Hendak Terbenam di Pura Uluwatu Foto: Shutter Stock
Daya tarik lainnya, turis juga bisa menikmati Tari Kecak di sini. Dengan latar belakang sunset yang indah nan memukau, Tari Kecak digelar tiap sore hari.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan naskah Lontar Padma Bhuwana, Pura Uluwatu dibangun sekitar abad ke-9 oleh Mpu Kuturan pada masa pemerintahan Marakata. Namun sumber lain menyebutkan jika didirikan oleh Dang Hyang Nirartha, seorang pendeta dari Kerajaan Daha (Kediri), Jawa Timur.
Pura Uluwatu memiliki status sebagai 'Pura Sad Kahyangan Jagat’. Dan merupakan pura penyangga arah barat daya dari Pulau Bali
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan