Food & Travel
·
6 April 2021 16:13

Simak, Ini Cara Pesan Layanan GeNose Lewat Aplikasi KAI Access

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Simak, Ini Cara Pesan Layanan GeNose Lewat Aplikasi KAI Access (464096)
Calon penumpang menggunakan GeNose C19, Bandung, Jawa Barat, Kamis (1/4/2021). Foto: ANTARA FOTO/Novrian Arbi
PT Kereta Api Indonesia memudahkan calon penumpang yang ingin melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun dengan memesannya melalui aplikasi KAI Access. Pemesanan secara daring itu dapat dilakukan sejak 20 Maret 2020 lalu.
ADVERTISEMENT
VP Public Relations KAI Joni Martinus, mengatakan bahwa fitur baru pemesanan GeNose C19 tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada calon penumpang dalam memenuhi salah satu syarat menggunakan KA jarak jauh di masa pandemi COVID-19
"Inovasi ini merupakan komitmen KAI untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam memenuhi salah satu syarat menggunakan KA Jarak Jauh di masa pandemi COVID-19," ujar Joni, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima kumparan beberapa waktu lalu.
Simak, Ini Cara Pesan Layanan GeNose Lewat Aplikasi KAI Access (464097)
Layanan GeNose C19 di stasiun Foto: Dok. Humas KAI
Pada saat melakukan pembelian tiket Kereta Api Jarak Jauh, pelanggan dapat menambahkan layanan pemeriksaan GeNose C19 langsung dari aplikasi KAI Access. Nantinya, biaya GeNose C19 sebesar Rp 30 ribu akan otomatis ditambahkan ke total pembayaran transaksi.
"Inovasi ini membuat pelanggan lebih praktis dan aman, di mana pembayaran tiket KA dan Genose sudah dilakukan melalui aplikasi. Kontak fisik dengan petugas juga terhindarkan karena pembayaran sudah dilakukan secara cashless," tutur Joni.
ADVERTISEMENT
Nantinya, calon penumpang hanya cukup scan barcode e-ticket dari aplikasi KAI Access ke petugas pendaftaran di stasiun dan akan mendapatkan kantung untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19.
"Setelah sampel dianalisa oleh petugas, hasil pemeriksaan GeNose C19 akan langsung masuk ke aplikasi KAI Access pelanggan," ujar Joni.

Berikut cara melakukan pemesanan layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun melalui aplikasi KAI Access:

  1. Buka aplikasi KAI Access atau download terlebih dahulu bagi yang belum memilikinya.
  2. Penumpang melakukan pemesanan tiket kereta dan mengisi data penumpang.
  3. Pada halaman rincian pemesanan, pilih menu GeNose C19 untuk melakukan pemesanan tes COVID-19 berbasis GeNose C19.
  4. Setelah memilih menu GeNose C19, pilih penumpang yang akan melakukan tes GeNose di stasiun.
  5. Selesai memilih penumpang, akan muncul tampilan rincian harga tes GeNose C19.
  6. Setelah jumlah harga tes GeNose C19 muncul, lakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang telah dipilih.
  7. Setelah melakukan pembayaran, akan muncul hasil pemesanan GeNose pada menu Tes COVID-19 dan menunjukkannya untuk melakukan pendaftaran tes GeNose di stasiun.
  8. Jika pembayaran berhasil, maka akan muncul hasil pemesanan GeNose pada menu Tes COVID-19 dan traveler tinggal menunjukkannya kepada petugas untuk melakukan pendaftaran test GeNose di stasiun.
    Calon penumpang bisa menunjukkan kode pemesanan atau barcode pada halaman detail tiket untuk melakukan pendaftaran GeNose C19.
  9. Setelah melakukan tes GeNose C19 di stasiun hasil dari tes tersebut akan muncul pada halaman Test COVID-19 10. Detail pemesanan GeNose C19 beserta hasil tesnya akan muncul pada halaman Test COVID-19.
Simak, Ini Cara Pesan Layanan GeNose Lewat Aplikasi KAI Access (464098)
Seorang penumpang meniup kantong plastik untuk mengambil sampel udara yang akan diuji menggunakan GeNose di sebuah stasiun kereta api di Jakarta, Indonesia, Rabu (3/2). Foto: Ajeng Dinar Ulfiana/REUTERS
Selain itu, Mulai 1 April 2021, Penumpang yang menggunakan tes GeNose C19 harus menunjukkan hasil pemeriksaan yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.
ADVERTISEMENT
Perubahan aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 No 12 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 27 Tahun 2021. Saat ini, PT KAI telah menyediakan layanan GeNose C19 di 44 stasiun.
Sementara itu, bagi penumpang yang akan menggunakan layanan pemeriksaan GeNose C19, dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum dilakukan pemeriksaan.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).