Food & Travel
·
14 Juni 2020 11:02

Tebing Breksi di Yogyakarta Akan Dibuka Kembali

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tebing Breksi di Yogyakarta Akan Dibuka Kembali (77591)
Tebing Breksi adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang jadi buruan wisatawan Foto: Shutterstock
Tebing Breksi di Yogyakarta akan segera dibuka kembali. Destinasi wisata Geoheritage andalan Kabupaten Sleman yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sambimulyo itu, akan dibuka dengan membatasi jumlah kunjungan serta menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.
ADVERTISEMENT
Taman Tebing Breksi di Prambanan merupakan destinasi wisata unggulan selain Wisata Alam Kaliurang yang akan dibuka pada masa New Normal.
"Kami menyiapkan dua destinasi, yakni Kaliurang dan Taman Tebing Breksi, untuk diterapkan protokol New Normal pariwisata setelah lebih dua bulan, objek wisata ini ditutup untuk wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih, seperti yang diberitakan Antara.
Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, juga berharap dapat menggelar tiga kegiatan pariwisata pada New Normal pada tahun ini. Kegiatan pariwisata itu antara lain, sport tourism Sleman Temple Run, Tour de Prambanan, dan Tour de Merapi.
Tebing Breksi di Yogyakarta Akan Dibuka Kembali (77592)
Bupati Sleman Sri Purnomo (kiri) meninjau obyek wisata Tebing Breksi di Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (12/6). Foto: Hendra Nurdiyansyah/ANTARA FOTO
Untuk itu, Dinas Pariwisata Sleman tengah mempersiapkan sarana, prasarana, dan juga sumber daya manusianya. Ya, pemerintah setempat juga memberikan pemahaman dan edukasi pada pelaku pariwisata dan juga UMKM.
ADVERTISEMENT
Edukasi akan dilakukan secara daring melalui jaringan komunikasi yang ada sesuai dengan anjuran pencegahan COVID-19.
"Jadi, kami terus mengajak mereka untuk taat protokol COVID-19. Seperti misalnya, nanti jip untuk wisata, yang dulu bisa membawa empat wisatawan, sekarang hanya dua wisatawan saja dengan mengatur jarak tempat duduk antarwisatawan, kemudian memakai masker, dan lainnya," kata Sudarningsih.
Tebing Breksi di Yogyakarta Akan Dibuka Kembali (77593)
Pemandu wisata melintas di samping papan pengumuman pencegahan COVID-19 di obyek wisata Tebing Breksi, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (12/6). Foto: Hendra Nurdiyansyah/ANTARA FOTO
Akan disediakan pula tempat cuci tangan di kawasan ini dan thermo gun untuk mengecek suhu tubuh pengunjung sebelum memasuki tempat wisata.
Pengunjung juga diwajibkan menggunakan masker. Akan ada pula petugas yang berpatroli dan mengingatkan apabila ada pengunjung yang tidak menaati aturan. Seperti, tidak menggunakan masker atau tak menerapkan physical distancing.
Taman Tebing Breksi telah ditutup sejak Maret lalu. Walau dalam waktu dekat, belum ada tanggal pasti kapan tempat wisata di Yogyakarta ini akan dibuka.
ADVERTISEMENT