Tips Buat yang Pertama Kali Liburan ke Thailand, Pasti Lebih Nyaman!

20 September 2023 7:59
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi wisatawan di Bangkok. Foto: cowardlion/Shutterstock
ADVERTISEMENT
Negeri Gajah Putih atau Thailand masih menjadi salah satu destinasi favorit liburan wisatawan Indonesia. Selain harganya yang relatif terjangkau, kuliner dan destinasi wisata yang beragam membuat Thailand selalu jadi wishlist liburan traveler.
ADVERTISEMENT
Saat menghadiri familiarization trip (famtrip) bersama Klook, kumparan pun berkesempatan untuk menjelajahi Negeri Gajah Putih selama beberapa hari pada 5-8 September 2023 lalu.
Selama perjalanan tersebut, ada beberapa pengalaman yang kami dapatkan. Khususnya beberapa tips bagi kamu yang pengin menjelajahi negara ini pertama kali. Berikut ulasannya.

1. Susun Itinerary Sedetail Mungkin

Ilustrasi membuat itinerary Foto: Shutter Stock
Tips pertama yang kamu lakukan adalah wajib menyusun itinerary selengkap dan sedetail mungkin. Ini penting sebab negara Thailand begitu luas membuatmu harus menentukan destinasi yang akan dikunjungi.
Jika ingin wisata di dalam kota atau city tour, maka Bangkok bisa menjadi opsi menarik. Bila kamu ingin wisata yang lebih ke alam atau pantai, maka kamu bisa memilih destinasi lain seperti Phuket ataupun Pattaya.
ADVERTISEMENT
Jangan lupa juga tentukan akomodasi menginap selama berada di sana. Kami merekomendasikan kamu untuk memilih akomodasi yang dekat dengan transportasi umum. Sebab, seperti diketahui Thailand juga punya BTS Skytrain yang bisa memudahkanmu pergi ke mana pun.

2. Gunakan Transportasi Umum

BTS Skytrain. Foto: Shutterstock
Bagi kamu yang ingin hemat bujet saat traveling, transportasi umum adalah hal yang wajib dipilih. Selain mudah dan hemat, dengan transportasi umum kamu juga enggak bakal kena getok harga dari driver yang nakal.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di Thailand kamu bisa menggunakan BTS Skytrain yang jadi andalan traveler saat bepergian. Selain naik kereta api, kamu juga bisa menggunakan transportasi online seperti Grab hingga Bolt.

3. Siapkan Mata Uang Asing

Mata uang Thailand, Baht. Foto: Shutterstock
Bagi yang sudah keluar negeri beberapa kali, kamu tentu tahu bahwa biaya menukar uang asing di luar negeri bisa lebih mahal atau murah tergantung kurs saat itu. Ada baiknya kamu menukar uang asing sebelum keberangkatan ke Thailand.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan pengalaman kumparan, menukar uang asing di Indonesia rate-nya bisa lebih baik ketimbang kamu menukarnya di luar negeri. Hanya saja kembali lagi, ini juga bergantung dengan money changer tempatmu melakukan penukaran uang, ya.

4. Bawa Pakaian Sopan

Ilustrasi kuil indah di Bangkok. Foto: Makhh/Shutterstock
Sebagai negara dengan banyak kuil, kamu harus menjaga norma sopan santun saat pelesiran ke Thailand. Ya, ini berlaku bagi kamu yang ingin berkunjung ke kuil-kuil indah di sana.
Santai asal sopan, kamu wajib membawa pakaian yang menutupi seluruh tubuhmu. Hindari pakaian terbuka saat mengunjungi tempat-tempat suci di sana, ya.

5. Datang ke Bandara Lebih Awal

Antrean di Bandara Internasional Suvarnabhumi. Foto: Shutterstock
Saat traveling kamu memang diharuskan datang ke bandara lebih awal. Ya, hal ini bisa menghindarkanmu dari ketinggalan pesawat atau hal-hal lainnya.
ADVERTISEMENT
Namun, hal ini nyatanya juga berlaku di Thailand, khususnya saat kamu yang ingin kembali pulang ke Indonesia dari Bandara Internasional Suvarnabhumi. Ya, buat kamu yang ingin pulang ke Indonesia setidaknya kamu harus datang 2-3 jam lebih awal.
Ini karena antrean imigrasi di Bandara Suvarnabhumi yang terbilang cukup padat. Hal yang sama pun diungkapkan oleh travel influencer Kadek Arini, kepada kumparan dia pun mengatakan bahwa antrean imigrasi bandara tersebut cukup padat.
"Kamu harus datang lebih awal, karena antrean imigrasi di Bandara Suvarnabhumi itu bisa panjang banget," ujar dia.
Hal yang sama pun dirasakan kumparan saat terbang kembali ke Indonesia. Saat itu, kumparan harus mengantre cukup lama bersama traveler lainnya saat proses pemeriksaan imigrasi.
ADVERTISEMENT
Panjangnya antrean ini enggak hanya disebabkan oleh banyaknya wisatawan saja, tetapi juga proses screening imigrasi Thailand yang cukup ketat.

6. Pakai Kartu Kredit

Ilustrasi kartu kredit Bank Capital One. Foto: Shutter Stock
Meski kartu debet berlogo visa atau mastercard masih bisa digunakan di luar negeri, ada kalanya kartu ini tak bisa digunakan pada merchant-merchant tertentu. Untuk jaga-jaga, kamu bisa pakai kartu kredit agar transaksimu berjalan lancar saat traveling.
Tak hanya itu, dengan menggunakan kartu kredit kamu juga bisa terbebas dari mahalnya biaya tarik tunai di luar negeri. Menurut salah satu rekan perjalanan kami di Bangkok yang melakukan penarikan tunai di sana, untuk sekali penarikan kamu bisa dikenakan biaya sekitar 220 baht atau hampir Rp 94 ribu. Sementara jika kamu pakai kartu kredit, maka kamu biasanya dikenakan 3 persen dari setiap transaksi yang dilakukan.
ADVERTISEMENT