kumparan

Tips Traveling saat Puasa agar Liburanmu Tetap Lancar dan Menyenangkan

com-Traveler Muslim
com-Traveler Muslim (Foto: Thinkstock)
Tinggal menghitung hari bulan Ramadhan akan menyapa masyarakat Muslim di seluruh dunia. Memasuki bulan suci, artinya umat Islam di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.
ADVERTISEMENT
Meskipun harus menahan lapar dan haus, serta menjauhi segala hal yang dapat membatalkannya, dari terbit fajar hingga terbenamnya mahari, hal itu bukan menjadi halangan untuk mengurangi aktivitas sehari-hari, termasuk melakukan traveling.
Memang traveling menuntut kita untuk melakukan perjalanan dan akan menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, tak kenal cuaca, ataupun keadaan. Namun, jangan menjadikan puasa sebagai halangan untuk menilik indahnya kota dan alam. Maka dari itu, kumparanTRAVEL sudah merangkum lima tips traveling saat berpuasa yang bisa kamu coba:
1. Pikirkan Waktu Perjalanan
Tiket Pesawat Murah
Tiket Pesawat Murah (Foto: Thinkstock)
Memikirkan waktu perjalanan menjadi salah satu hal yang penting dan harus diperhatikan. Sebab, jangan sampai karena sibuk mengurusi perjalanan, kamu mengabaikan waktu untuk sahur dan buka puasa.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa memilih akomodasi yang menyiapkan makanan dan memiliki jadwal sesuai dengan rencana yang sudah kamu susun. Misalnya, pesanlah penerbangan yang tiba di tempat tujuan pada sore hari, lalu kamu bisa buka puasa di bandara. Tapi, sebaiknya kamu juga harus menyiapakan air mineral dan kurma untuk antisipasi apabila perjalananmu telat atau tidak menemukan restoran.
2. Cari Tahu Tempat Ibadah
Ruang ibadah di Hong Kong Disneyland
Ruang ibadah di Hong Kong Disneyland (Foto: Dok. havehalalwilltravel)
Walau sedang berpelesir kamu tetap harus menjalankan kewajibanmu yang lainnya, yaitu solat. Beberapa tempat, khususnya di luar negeri memang sudah ramah terhadap muslim traveler, namun bagaimana jika tidak?
Tentu kamu harus mencari informasi mengenai tempat ibadah dilokasi yang akan dituju, atau setidaknya bawalah peralatan solat pribadi. Dengan cara ini, setidaknya kamu masih tetap bisa beribadah.
ADVERTISEMENT
3. Persiapkan Dirimu untuk Hal Di Luar Ekspetasi
Ilustrasi kurma
Ilustrasi kurma (Foto: Dok Pixabay)
Saat melancong tentu para traveler akan menemukan banyak hal tak terduga yang tak terpikirkan sebelumnya. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengantisipasi atau meminimalisir jika hal itu terjadi.
Apalagi jika traveling ke luar negeri yang minim umat Muslim, tentu kamu wajib mempersiapkannya. Seperti membawa kurma atau camilan dan air minum yang selalu siap di tasmu. Hal ini untuk mengantisipasi jika kamu terjebak kemacetan di saat waktu berbuka puasa.
4. Persiapkan Makan untuk Sahur dan Berbuka Puasa
Ilustrasi makan
Ilustrasi makan (Foto: Thinkstock)
Waktu untuk buka puasa dan sahur di Indonesia dengan di luar negeri tentu berbeda. Hal ini juga yang harus kamu persiapkan, apalagi kebanyakan hotel di luar negeri, tidak memberikan layanan untuk sahur.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu, sebaiknya kamu harus mempersiapkan makanan untuk sahur atau buka puasa. Kamu bisa membeli makanan dan minuman di minimarket atau supermarket di sekitaran hotel.
5. Download Applikasi yang Menunjang Puasa dan Traveling
Halaltrip.com
Halaltrip.com (Foto: Bella Cynthia/kumparan)
Kamu bisa mengunduh aplikasi yang dapat memberikan informasi mengenai waktu salat, sahur dan buka puasa. Unduh juga aplikasi lainnya, seperti HalalTrip yang akan mencarikan masjid, restoran dan hotel yang ramah terhadap traveler Muslim.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan