kumparan
24 Juni 2019 19:27

Toy Story Menyambangi Indonesia, Mana Saja Tempat yang Dikunjunginya?

Toy Story 4
Toy Story 4 Foto: Dok: IMDB
Tayang pada Rabu, 21 Juni 2019 lalu, "Toy Story 4" akhirnya kembali menyapa para penggemarnya. Lewat kisahnya yang menyentuh hati, "Toy Story 4" seakan jadi pengobat rasa rindu bagi pecinta film garapan Pixar Animation Studio ini.
ADVERTISEMENT
"Toy Story 4" mengisahkan tentang petualangan berbeda yang dilakukan oleh Woody demi menjaga mainan baru berupa garpu plastik bernama Forky yang menjadi kesayangan Boonie (seorang anak perempuan yang 'mewarisi' mainan milik Andy) agar tak kabur.
Salah satu cuplikan di trailer film Toy Story 4
Salah satu cuplikan di trailer film Toy Story 4 Foto: YouTube/@Disney•Pixar
Dalam film ini, Forkie menganggap bahwa kehadirannya tidak sesuai dengan yang seharusnya. Bagi Forkie, sebagai peralatan makan, ia seharusnya hanya digunakan untuk makan dan berakhir di tempat sampah, bukan menjadi mainan. Membaca sepintas kisahnya saja sudah bikin penasaran, kan.
Menariknya, walau "Toy Story" sudah memiliki penggemar tetap yang tumbuh bersama dengan kartun ini, Disney Indonesia rupanya tetap membuat promosi yang juga tak kalah unik. Dalam akun Twitter resminya, Disney Indonesia mengunggah foto-foto Woody, Buzz Lightyear, Jessie, dan Bo Peep di beberapa destinasi wisata ikonik.
ADVERTISEMENT
Ada yang berada di Jakarta, Jawa Tengah, hingga Yogyakarta. Ingin lihat seperti apa? Yuk, simak langsung kegemasannya.
1. Bundaran Hotel Indonesia
Woody, Buzz Lightyear, Bo Peep, dan Jessie mengunjungi Monumen Selamat Datang
Woody, Buzz Lightyear, Bo Peep, dan Jessie mengunjungi Monumen Selamat Datang Foto: Twitter/@DisneyIndonesia
Destinasi wisata pertama berasal dari Jakarta, yang sering kali dijadikan sebagai landmark Ibu Kota Indonesia dalam film maupun sinetron di layar kaca.
Dalam foto ini, Buzz Lightyear, Bo Peep, Woody, dan Jessie kedapatan sedang menatap antusias pada Monumen Selamat Datang yang dihias dengan pancuran air Bundaran Hotel Indonesia.
Menilik sejarahnya, Monuman Selamat Datang dan Bundaran HI merupakan salah satu bagian dari proyek Mercusuar Soekarno untuk mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Asian Games IV pada tahun 1962. Sesuai dengan namanya, ketika dibangun, monumen ini memang ditujukan sebagai 'penyambut' bagi delegasi dari negara-negara partisipan Asian Games.
ADVERTISEMENT
Sedangkan nama Hotel Indonesia yang disematkan dalam Bundaran HI berasal dari nama hotel bintang lima pertama di Indonesia yang juga bagian dari proyek Mercusuar.
Hotel Indonesia berada tepat di seberang Monumen Selamat Datang, dan berfungsi sebagai penginapan bagi para delegasi serta pusat informasi, baik terkait Asian Games maupun wisata di Jakarta.
2. Monas
Woody dan Bo Peep bersembunyi di belakang pohon di sekitar Monas
Woody dan Bo Peep bersembunyi di belakang pohon di sekitar Monas Foto: Twitter/@DisneyIndonesia
Setelah menyambangi Bundaran HI dan melihat Monumen Selamat Datang, Woody dan Bo Peep tampak tengah bersembunyi di balik pohon membelakangi Monas (Monumen Nasional). Buzz dan Jessie tidak terlihat dalam foto ini, sepertinya Woody dan Bo Peep tengah mencuri kesempatan untuk quality time bersama.
Selain Bundaran HI dan Hotel Indonesia, Monas juga menjadi salah satu bagian dari Proyek Mercusuar Ir. Soekarno dalam menyambut Asian Games. Monas adalah sebuah menara setinggi 132 meter dengan puncak berbentuk kobaran api yang terbuat dari emas.
ADVERTISEMENT
Monas didirikan untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan sekaligus sebagai landmark wisata pertama di Jakarta bagi delegasi negara tetangga yang datang pada Asian Games 1962. Di Monas, kamu bukan hanya bisa rekreasi dan piknik saja, tetapi juga belajar tentang sejarah, lho. Menarik, ya.
3. Museum Nasional Indonesia
Woody, Buzz Lightyear, Bo Peep, dan Jessie berfoto di Museum Nasional Indonesia
Woody, Buzz Lightyear, Bo Peep, dan Jessie berfoto di Museum Nasional Indonesia Foto: Twitter/@DisneyIndonesia
Woody terlihat kembali berfoto full team dengan teman-temannya di Jakarta ketika sedang mengunjungi Museum Nasional Indonesia, atau yang lebih populer dikenal sebagai Museum Gajah. Karakter film kartun "Toy Story 4" itu terlihat sangat bahagia dan mengangkatkan salah satu tangannya saat berfoto bersama.
Museum Nasional Indonesia merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Di dalamnya, kamu bisa menemukan berbagai arca, prasasti, keramik, tekstil, buku langka, dan berbagai benda peninggalan sejarah lainnya.
ADVERTISEMENT
Museum Nasional Indonesia dikenal sebagai Museum Gajah karena di halaman depannya terdapat patung gajah yang terbuat dari perunggu. Patung gajah tersebut merupakan hadiah dari Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand yang pernah berkunjung ke museum pada tahun 1871.
4. Candi Borobudur
Woody, Buzz Lightyear, Bo Peep, dan Jessie berada di depan Candi Borobudur
Woody, Buzz Lightyear, Bo Peep, dan Jessie berada di depan Candi Borobudur Foto: Twitter/@DisneyIndonesia
Selain menyambangi Jakarta, Woody dan teman-teman juga menyempatkan diri berkunjung ke Candi Borobudur yang berada di Jawa Tengah, lho. Candi berbentuk stupa yang didirikan para penganut Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi yang dikenal sebagai candi bercorak Buddha terbesar di Indonesia.
Cuaca terlihat sangat cerah ketika Woody, Buzz, Jessie, dan Bo berkunjung ke monumen yang masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1991.
Di samping menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Jawa Tengah, tahukah kamu bahwa tahun 2019, Candi Borobudur dinobatkan sebagai landmark terbaik di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Ya, berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan situs perjalanan Trip Advisor, Candi Borobudur mendapatkan peringkat pertama mengalahkan Tirta Gangga di Bali, Candi Prambanan di Yogyakarta, dan Pura Tirta Empul, dan Gereja Ganjuran. Hebat, kan!
5. Alun-Alun Kidul
Woody dan Buzz Lightyear menikmati malam di Alun-alun Kidul, Yogyakarta menaiki becak lampu
Woody dan Buzz Lightyear menikmati malam di Alun-alun Kidul, Yogyakarta menaiki becak lampu Foto: Twitter/@DisneyIndonesia
Mengakhiri hari, Woody dan karakter Toy Story lainnya menyempatkan diri untuk menyambangi Alun-Alun Kidul di Yogyakarta. Saat berkunjung ke destinasi yang dikenal pula sebagai Alkid itu, Woody dan Buzz mencoba mobil-mobilan berhias lampu yang digerakkan dengan cara dikayuh.
Kalau kamu pernah menyambangi destinasi wisata ini, kamu pasti tidak kaget melihat banyaknya sepeda-sepedaan yang dihias dan dimodifikasi berbentuk mobil-mobilan yang dibuat bagi pengunjung di Alun-Alun Kidul.
Alun-alun Kidul
Pohon beringin untuk latihan Masangin di Alun-Alun Kidul, Yogyakarta. Foto: Shutter Stock Foto: Shutter Stock
Oleh sebab itu, saat berada di tempat ini, sempatkanlah untuk mencobanya, seperti yang dilakukan Woody dan Buzz. Pada masa lalu, Alun-Alun Kidul banyak digunakan untuk acara tertentu untuk prajurit keraton, misalnya saja lomba berkuda, memanah sambil duduk bersila, lomba adu harimau hingga latihan konsentrasi Masangin.
ADVERTISEMENT
Masangin adalah latihan konsentrasi yang kabarnya dapat memberikan keberuntungan apabila berhasil dilakukan. Bagi kamu yang ingin mencobanya, mata kamu akan ditutup dengan kain, kemudian kamu akan disuruh berjalan melewati ruang di antara pohon beringin tersebut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan