kumparan
14 Februari 2020 17:00

Unik! Ada Agen46 Terapung di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu

BNI Homestay Pramuka
Dolphin Express, kapal tradisional yang turut melayani layanan perbankan. Foto: dok. Selfy Momongan/kumparan
Pulau Pramuka merupakan bagian dari Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu. Kabupaten ini merupakan jagoannya DKI Jakarta karena termasuk satu dari 10 destinasi Bali Baru. Sebagai kabupaten kepulauan, ada ratusan pulau, baik yang berpenghuni hingga tak berpenghuni dalam kawasan Kepulauan Seribu.
ADVERTISEMENT
Ratusan pulau itu cukup terkenal karena punya daya tarik wisata bahari. Pantainya yang cantik, berpasir putih hingga panorama bawah laut yang juga tak kalah menarik. Pilihan paket wisata di Kepulauan Seribu pun masih cukup terjangkau. Salah satu destinasi andalannya yaitu Pulau Pramuka. Sebagai pusat administrasi Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka memiliki fasilitas yang cukup lengkap.
Kalau kamu tertarik liburan ke Pulau Pramuka, salah satu alternatif akses untuk mengunjungi Pulau Pramuka adalah dengan menyeberang menggunakan kapal tradisional. Kapal ini tersedia dari Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, Jakarta Utara.
Ada banyak kapal tradisional yang setiap hari melayani penumpang maupun wisatawan. Tak hanya ke Pulau Pramuka, kapal-kapal ini juga melayani perjalanan ke Pulau Pari, Pulau Bidadari, dan pulau-pulau lainnya.
ADVERTISEMENT
Salah satu kapal tradisional yang masih aktif mengangkut penumpang dari Jakarta ke Pulau Pramuka adalah Kapal Dolphin. Menyeberang dengan menggunakan Kapal Dolphin, kamu bisa merasakan nuansa kearifan lokal yang kental selama perjalanan ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.
BNI Homestay Pramuka
Dolphin Express juga melayani distribusi bahan pangan dari Jakarta ke Pulau Pramuka. Foto: dok. Selfy Momongan/kumparan
Kapal ini terbuat dari kayu dan dioperasikan oleh warga lokal Pulau Pramuka. Berkapasitas sekitar 200 penumpang, kapal ini melayani trayek Jakarta-Pulau Pramuka PP satu kali sehari. Tak hanya penumpang, kapal ini terkadang juga sepeti kapal cargo yang digunakan untuk mengangkut bahan pangan dari Jakarta ke Pulau Pramuka.
Nah, yang istimewa, di atas kapal tradisional ini terdapat layanan perbankan yang disebut sebagai Agen46 Terapung sehingga kamu tak perlu khawatir jika selama penyeberangan kamu membutuhkan layanan perbankan.
ADVERTISEMENT
Layanan Agen46 Terapung ini merupakan bagian dari Agen46 milik BNI. Agen46 memungkinkan BNI untuk melebarkan jangkauan layanan perbankan kepada masyarakat di berbagai daerah.
“Agen46 memberikan layanan pembukaan rekening, setor/tarik tunai, transfer uang, membeli token listrik dan pulsa, pembayaran tagihan, hingga layanan uang elektronik,” ujar Direktur Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Jaringan BNI, Tambok P Setyawati kepada kumparan beberapa waktu lalu.
BNI Homestay Pramuka
Wisatawan mencoba layanan transaksi perbankan di Bank Terapung BNI. Foto: dok. Selfy Momongan/kumparan
Menurut Tambok, pihaknya secara konsisten memperluas jaringan Agen46 di seluruh daerah di Indonesia. Hingga kuartal III 2019, jumlah Agen46 tercatat sebanyak 130.803 agen. Angka ini tumbuh 16,95 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2018 yang tercatat sebanyak 111.836 agen. Pertumbuhan jumlah agen ini pun turut menggenjot penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) hingga Rp 1,13 triliun per September 2019.
ADVERTISEMENT
Saat hendak liburan ke Pulau Pramuka beberapa waktu lalu, kumparan juga sempat menjajal layanan ini, lho. Kamu bisa mengakses Bank Terapung BNI di atas kapal tepatnya di deck kapten alias di ruang kemudi. Nantinya akan ada Agen46 Terapung yang berjaga dengan membawa satu buah EDC BNI. Salah satu layanan yang kumparan jajal adalah isi pulsa.
“Iya paling banyak kalau penumpang memang menggunakan layanan Agen46 Terapung untuk isi pulsa,” ujar Hasbulloh, Agen46 Terapung sekaligus pemilik Kapal Dolphin.
BNI Homestay Pramuka
Wisatawan mencoba layanan transaksi perbankan di Bank Terapung BNI. Foto: dok. Selfy Momongan/kumparan
Jangan salah, meski sedang berada di tengah laut, transaksi perbankan di Agen46 Terapung ini sangat cepat. Sinyalnya cukup kuat jadi pulsa pun langsung terisi. Yeay! Kamu bisa bayar secara tunai atau juga bertransaksi langsung lewat kartu debit BNI Gampang, kan?
ADVERTISEMENT
Selain melayani saat kapal menyeberang, Hasbulloh juga tetap menerima nasabah ketika kapal sudah bersandar. Misalnya ada warga Pulau Pramuka yang butuh bayar listrik, atau ingin tarik tunai, mereka bisa datang ke Hasbulloh untuk melakukan transaksi.
“Paling ramai kalau sedang musim bayar uang anak sekolah. Kalau hari-hari biasa ya belasan sampai puluhan transaksi dalam satu hari,” ujarnya.
Nah, jadi buat kamu yang mau liburan ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu pun tak perlu khawatir, layanan perbankan tersedia setiap saat baik di atas kapal maupun saat kamu sudah berada di sana. Keren, kan!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan