kumparan
11 April 2019 14:54

Unik! Nigeria Punya Kota dengan Anak Kembar Terbanyak di Dunia

Anak-anak kembar di Igbo Ora
Anak-anak kembar di Igbo Ora. Foto: REUTERS/Afolabi Sotunde
Salah satu kota kecil Igbo Ora, di barat daya Nigeria terkenal dengan anak-anaknya yang terlahir kembar.
ADVERTISEMENT
Kelahiran anak kembar sendiri menjadi hal yang lumrah bagi kelompok etnis Yoruba. Dilansir Reuters, tingkat kelahiran anak kembar di wilayah Nigeria tercatat paling tinggi di dunia.
Sebuah studi tahun 1970-an yang dilakukan oleh ilmuan Inggris menemukan bahwa sekitar 50 pasang anak kembar lahir dari setiap 1.000 kelahiran di Igbo Ora.
Anak-anak kembar di Igbo Ora
Anak-anak kembar di Igbo Ora. Foto: REUTERS/Afolabi Sotunde
Dalam budaya Yoruba, setiap anak kembar yang lahir diberi nama tersendiri. Nama itu adalah Taiwo dan Kehinde, tergantung pada apakah mereka dilahirkan sebagai anak pertama atau kedua.
Saking banyaknya anak kembar yang dilahirkan, Igbo Ora dijuluki sebagai "ibu kota kembar dunia". Hingga kini, belum diketahui secara pasti mengapa tingkat kelahiran anak kembar sangat tinggi di sana.
"Ada begitu banyak anak kembar karena daun okra yang kita makan" kata Kehinde Oyedepo, salah satu anak kembar di Igbo Ora.
Anak-anak kembar di Igbo Ora
Kembar Kehinde dan Taiwo Aderogba mengupas umbi singkong di pusat pengolahan di kota Igbo Ora. Foto: REUTERS/Afolabi Sotunde
Rebusan daun okra yang harus segera diminum dan tak pernah disimpan lama dipercaya sebagai penyebab kelahiran kembar di seantero kota.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, teori lain menyebutkan hidangan lokal Amala yang terbuat dari ubi dan tepung singkong turut menjadi salah satu penyebabnya. Konon, ubi rambat mendorong produksi gonadotropin, zat kimia yang merangsang produksi sel telur.
Anak-anak kembar di Igbo Ora
Anak-anak kembar di Igbo Ora. Foto: REUTERS/Afolabi Sotunde
Namun, kebenaran dua teori ini pun ditolak oleh ahli ginekologi Ekujumi Olarenwaju. Salah satu alasan yang masuk akal, menurutnya adalah sifat genetik yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya
"Mereka memiliki gen yang terkumpul dan terkonsentrasi di lingkungan itu," kata Olarenwaju.
Anak-anak kembar di Igbo Ora
Murid-murid salah satu sekolah di Igbo Ora. Foto: REUTERS/Afolabi Sotunde
Hal itulah yang membuatmu dapat melihat banyak wajah-wajah kembar identik menghiasi sekolah-sekolah di Igbo Ora.
Menariknya lagi, di sekolah-sekolah yang ada di Igbo Ora, dari 100 anak sekolah menengah yang berkumpul di waktu istirahat, bisa terlihat 9 pasang anak kembar.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan