Wapres Ma'ruf Amin Terpukau dengan Keindahan Bukit Menoreh

22 April 2022 8:55 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Keindahan Bukit Menoreh di Jawa Tengah. Foto: AntxPhotoStock/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Keindahan Bukit Menoreh di Jawa Tengah. Foto: AntxPhotoStock/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin terpukau dengan keindahan tempat wisata Bukit Menoreh yang terletak di Kulon Progo, DIY.
ADVERTISEMENT
Saat meninjau Balkondes PGN Karangrejo di Magelang, dia bersama istrinya, Wury Ma'ruf Amin, menyaksikan keindahan dan kemegahan Bukit Menoreh yang turut menjadi penopang Taman Wisata Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, itu.
"Saya (pernah) dengar Bukit Menoreh itu, ternyata bukitnya ini. Yang ada dulu itu (cerita) silatnya, Api di Bukit Menoreh," kata dia, di Balkondes PGN Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah, seperti dikutip dari Antara.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin, beserta istrinya, Wury Ma'ruf Amin, berpose dengan latar Bukit Menoreh, di sela kegiatan meninjau kawasan Balkondes PGN Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (21/4/2022). Foto: Rangga Jingga/ANTARA
Ma'ruf tampak antusias mendengarkan penjelasan Kepala Desa Karangrejo, Hely Rofikun, tentang tujuan wisata Bukit Menoreh, mulai dari akses jalan menuju Bukit Menoreh hingga dampak kawasan wisata setempat terhadap kenaikan harga tanah warga.
Ia menjelaskan bahwa 6-7 tahun silam desanya dikenal dengan desa miskin yang tidak diperhitungkan. Hal itu berubah sejak Bukit Menoreh berubah menjadi tujuan wisata.
ADVERTISEMENT
"Dulu warga kami ke sawah itu melihat pemandangan Bukit Menoreh begini biasa-biasa saja. Tapi begitu banyak orang datang ke sini menyampaikan 'wah apik banget ini', nah itu kami baru 'ngeh' kalau desa-desa kami punya potensi luar biasa," ujar dia.

Keindahan yang Ditawarkan Bukit Menoreh

Keindahan Bukit Menoreh di Jawa Tengah. Foto: Adi purnatama/Shutterstock
Terkait wisata Bukit Menoreh, Rofikun menjelaskan wisatawan bisa menyaksikan Surga Matahari Terbit Punthuk Setumbu dari atas bukit. Ini merupakan pemandangan matahari terbit dari dua gunung, yaitu Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang pancaran sinar pertamanya mengenai Candi Borobudur.
Dari atas Bukit Menoreh itu, wisatawan bisa melihat Borobudur benar-benar berada di atas awan.
"Pada 2018 kunjungan wisatawan dalam negeri mencapai 150.000 orang," kata dia.
Wisatawan yang tengah menikmati keindahan Bukit Menoreh. Foto: Adi purnatama/Shutterstock
Rofikun mengatakan kini warga desanya sangat antusias mengembangkan sektor pariwisata dengan tetap mempertahankan adat istiadat masyarakat setempat. Berkat peningkatan sektor pariwisata, warga desanya kini banyak yang mengenyam pendidikan sarjana.
ADVERTISEMENT
Menanggapi hal itu Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa sejatinya semua daerah di Indonesia dapat menjadi destinasi wisata yang bisa dikembangkan. Dia berharap kawasan wisata di Bukit Menoreh, termasuk Taman Wisata Candi Borobudur dan sekitarnya dapat terus berkembang.
"Jadi penataan Borobudur ini mengungkit ekonomi masyarakat, itu yang penting. Sebenarnya Indonesia ini semuanya destinasi wisata, di mana-mana indah kok, hanya belum tertata saja. Maka harus dikampanyekan terus," kata dia.