Yuk! Isi Ramadhan dengan 5 Kegiatan Ini Biar Puasa Makin Bermanfaat

12 April 2022 16:21
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Yuk! Isi Ramadhan dengan 5 Kegiatan Ini Biar Puasa Makin Bermanfaat (12736)
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi seseorang yang sedang menunggu waktu berbuka puasa. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Apa yang kamu lakukan saat tengah berpuasa di bulan Ramadhan? Scroll HP dan nonton TV seharian? Tidur? Membaca buku?
ADVERTISEMENT
Saat bulan Ramadhan, banyak orang yang bingung dan mengisi kegiatan mereka dengan hal yang itu-itu saja atau hanya berleyeh-leyeh.
Padahal, ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan agar harimu lebih produktif dan menghasilkan sesuatu yang membuatmu senang dan bersemangat. Siapa tahu, karena produktif dan kreatif malah bisa menjadikan ladang cuan baru untuk kamu dan orang banyak.
Nah, jika membahas produktif dan kreatif, hal tersebut juga tengah didorong oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, yang meminta pemerintah daerah melakukan identifikasi berbagai potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di daerahnya. Sekaligus memperkuat pengembangan potensi sumber daya manusia (SDM) dalam upaya penciptaan lapangan kerja.
Yuk! Isi Ramadhan dengan 5 Kegiatan Ini Biar Puasa Makin Bermanfaat (12737)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kerja di kantor. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
"Saya minta pihak-pihak terkait untuk menghadirkan kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Karena saya melihat sendiri kebutuhan masyarakat bahwa mereka ingin peningkatan penghasilan, pemulihan ekonomi, dan penciptaan lapangan kerja," kata Menparekraf Sandiaga Uno, seperti yang dikutip dari siaran pers “Menparekraf Dorong Digitalisasi Produk Ekraf Bitung, Percepat Kebangkitan Ekonomi dan Perluasan Lapangan Kerja”.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, kamu yang masih bingung ingin melakukan apa selama puasa di bulan Ramadhan, tak ada salahnya mencoba lima kegiatan bermanfaat ini. Dijamin, harimu menjadi lebih produktif, dan sisi kreatifmu akan terasah.
Namun, sebelum membahas kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan saat bulan Ramadhan, kamu bisa mem-follow akun Facebook @pesona.indonesia, Twitter @pesonaindonesia, YouTube Pesona Indonesia, TikTok @pesonaindonesia, untuk mengetahui info menarik seputar pariwisata dan ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja.
Yuk! Isi Ramadhan dengan 5 Kegiatan Ini Biar Puasa Makin Bermanfaat (12738)
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi Instagram Foto: Shutterstock
Saat ini di akun Instagram @pesona.indonesia kamu pun bisa produktif dengan mengikuti sayembara Ambassador Kampung Sini (Akamsi) berhadiah total 6 handphone dan saldo e-wallet senilai jutaan rupiah, lho! Kalian bisa menjadi agen untuk mempromosikan hidden gem daerahmu. Cus! Cek Instagramnya sekarang.
Kunjungi juga laman resmi https://www.indonesia.travel untuk mengetahui berbagai informasi mengenai ekonomi kreatif, ide liburan, destinasi pariwisata sampai dengan promo dan paket wisata yang ada di Indonesia. Komplit kan!
ADVERTISEMENT
Nah, berikut ini adalah lima kegiatan produktif untuk membuat puasamu semakin bermanfaat.

1. Ikut Tur Virtual

Yuk! Isi Ramadhan dengan 5 Kegiatan Ini Biar Puasa Makin Bermanfaat (12739)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tur virtual. Foto: Shutter Stock
Kegiatan pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengisi bulan Ramadhan adalah ikut tur virtual yang kini banyak diadakan oleh travel agent ataupun platform lainnya. www.indonesia.travel juga memiliki tur virtual, lho!
Siapkan kacamata VR untuk pengalaman yang lebih nyata. Kamu bisa keliling Indonesia tanpa harus keluar rumah. Tur virtual ini sedikit banyak bisa membayar rasa penasaran untuk liburan #DiIndonesiaAja. Bisa juga jadi pemanasan sebelum memutuskan akan berlibur ke mana.
Hal ini jugalah yang membuat tur virtual muncul dan menjadi jawaban atas kerinduan liburan banyak orang. Kamu bisa mengikuti tur virtual museum-museum yang ada di Indonesia, seperti Museum Nasional, Museum Kepresidenan, Museum Sangiran, Museum Benteng Vredeburg, dan Museum Seni Rupa & Keramik.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kamu bisa mengikuti tur virtual yang diadakan oleh JKT Good Guide. Biasanya, mereka akan menawarkan tur virtual ke daerah-daerah bersejarah di Jakarta, seperti Petak Sembilan dan Mega Kuningan. Atau kamu juga bisa mengikuti tur virtual tempat wisata lainnya di Indonesia, seperti Kebun Raya Bogor dan Lawang Sewu.
Jika ingin mengobati kerinduanmu untuk travelling, kamu bisa mengikuti tur virtual ke berbagai destinasi kelas dunia seperti Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, Likupang, maupun destinasi lainnya.
Nah, biar lebih terasa seperti travelling, ada baiknya menggunakan baju yang sesuai dengan lokasi yang mau kamu kunjungi. Misalnya ke Kebun Raya Bogor, kamu bisa menggunakan koleksi dari Tioria by Caramia yang cocok dipadu padan dengan hijaunya pemandangan di sana.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
UMKM yang tergabung dalam #BeliKreatifLokal ini memiliki motif baju hingga aksesoris yang kece dan asik jika kamu pakai untuk bersantai. Bukan hanya baju, tapi Tioria juga menjual aneka pernak-pernik, seperti topi, tas lipat, masker, syal, dan masih banyak lagi.

2. Olahraga

Yuk! Isi Ramadhan dengan 5 Kegiatan Ini Biar Puasa Makin Bermanfaat (12740)
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi olahraga di rumah. Foto: Shutterstock
Puasa bukan penghalang untuk tetap bugar dan menjaga kesehatan. Kamu bisa tetap berolahraga dengan berbagai macam kegiatan yang disukai, misalnya olahraga di rumah, bersepeda, atau bahkan sekadar jalan sore.
Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk olahraga di rumah, bisa yang berbayar melalui aplikasi atau membership maupun yang gratis. Banyak komunitas yang mengadakan olahraga secara virtual maupun offline untuk anggotanya, aplikasi berbayar yang menawarkan fitur lebih komprehensif pun banyak tersedia.
ADVERTISEMENT
Bagi yang lebih menyukai channel YouTube, banyak tutorial berolahraga dengan peralatan sederhana yang ada di rumah. Serunya, kamu bisa juga mengajak teman-teman atau keluarga untuk berolahraga bersama.
Pilihlah waktu yang tidak terlalu lama dari jam berbuka puasa. Sudah selesai berolahraga, istirahat, dan mandi, enaknya bisa sekaligus dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Positif dan menyehatkan! Santai sambil ditemani secangkir minuman jahe hangat dari Jahe Nusantara saat berbuka puasa melengkapi kegiatan sehatmu.

3. Makeover Ruang Kerja

Yuk! Isi Ramadhan dengan 5 Kegiatan Ini Biar Puasa Makin Bermanfaat (12741)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi meja kerja yang mengikuti ukuran ruangan Foto: Shutterstock
Kurang lebih dua tahun pandemi COVID-19, masih banyak kantor yang memutuskan untuk melanjutkan kebijakan fleksibel bekerja dari rumah. Hal ini tentu saja menjadi kesempatan untuk membuat rumah menjadi tempat yang lebih nyaman untuk beraktivitas. Kamu bisa me-makeover ruangan, agar lebih segar dan mendapatkan suasana baru selayaknya coffee shop favoritmu.
ADVERTISEMENT
Misalnya kamu bisa merapikan barang-barang yang berantakan dan sudah tidak terpakai sehingga kamu bisa menambahkan aksesoris kesukaanmu, menempatkan meja dan kursi kerja di area yang terbuka, menambah hiasan dinding, serta membuat atau membeli pernak-pernik yang bisa menambah keestetikan ruangan.
Salah satu jenama yang bisa dipilih untuk mempercantik ruang kerja kamu adalah Lohos Macrame. Mereka menyediakan beragam pernak-pernik menarik, mulai dari tempat penyimpanan barang-barang hingga pajangan yang semuanya dibuat dengan cara dirajut.

4. Memasak atau Mencoba Resep Baru

Yuk! Isi Ramadhan dengan 5 Kegiatan Ini Biar Puasa Makin Bermanfaat (12742)
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi membuat sajian buka puasa bersama keluarga. Foto: Shutterstock
Saat puasa, biasanya akan dihinggapi perasaan lapar mata. Maunya makan ini, makan itu, beli ini, beli itu, beli semuanya. Tapi, daripada beli, kamu bisa masak sendiri, sambil mencoba resep-resep yang enak dan menggugah selera.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa mencoba membuat makanan berbuka puasa, seperti es kacang merah, kolak biji salak, bubur sumsum, hingga pisang coklat. Kamu juga bisa mencoba resep lainnya untuk inspirasi menu sahurmu.
Jika masih bingung, kamu juga bisa mencari inspirasi sambil ngabuburit dari beberapa YouTuber Indonesia yang terkenal sering membagikan resep masakan, seperti Devina Hermawan, Willgoz Kitchen, dan masih banyak lagi.
Ada banyak pengusaha kuliner yang memulai usahanya dari iseng-iseng, siapa tahu kamu juga punya bakat terpendam dalam memasak dan bisa mendapat ekstra cuan dari usaha kuliner ini.

5. Menulis atau Membuat Bucket List untuk Liburan Selanjutnya

Yuk! Isi Ramadhan dengan 5 Kegiatan Ini Biar Puasa Makin Bermanfaat (12743)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi merencanakan liburan. Foto: plo/shutterstock
Terakhir, kamu bisa mengisi waktu dengan merencanakan atau membuat bucket list liburan. Terlebih, pemerintah sudah mengizinkan masyarakat Indonesia untuk mudik, dan menetapkan cuti bersama dari 29 April hingga 6 Mei 2022.
ADVERTISEMENT
Kebijakan tanpa PCR dan antigen sebagai syarat perjalanan via udara pun sudah dilonggarkan bagi yang sudah vaksinasi dosis lanjutan.
Hal ini bisa menjadi momen kamu untuk kembali berlibur. Setelah lebih dari dua tahun mengalami keterbatasan ruang gerak, kamu bisa memulai dengan merencanakan destinasi yang ingin dikunjungi, lalu tempat wisata apa saja yang menarik lengkap dengan itinerary perjalanan.
Agar rencana liburanmu semakin berkesan dan tertata, ajak juga teman atau keluarga. Tak ketinggalan, jangan lupa untuk mencari akomodasi unik yang ingin kamu inapi saat liburan nanti. Saat ini, banyak alternatif tempat menginap yang membuat liburan menjadi lebih berkualitas dan bisa memperkaya pengalaman dan menjadikan momen liburan lebih berkesan. Tapi ingat, harus tetap disiplin dengan protokol kesehatan, ya!
ADVERTISEMENT
Itu dia lima kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu ngabuburit selama bulan Ramadhan. Menurut kamu, kegiatan apalagi yang wajib dilakukan untuk mengisi waktu luang saat Ramadhan?
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020