kumparan
2 Sep 2019 13:39 WIB

Menjelajah Ibu Kota Baru di Belantara Kalimantan

Video
Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara dipilih Presiden Jokowi sebagai ibu kota baru negara Republik Indonesia menggantikan Jakarta. Pembangunan direncanakan dimulai pada 2021.
ADVERTISEMENT
Tahun 2021 sampai 2024 di akhir masa kepemimpinan Jokowi, menurut dokumen Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, gedung-gedung pemerintahan akan mulai didirikan di kawasan inti ibu kota.
Bangunan yang bakal pertama kali berdiri antara lain Istana dan kantor-kantor pemerintahan pusat (eksekutif), Gedung MPR/DPR RI (legislatif), serta Kejaksaan Agung, Mahkamah Agung, dan Mahkamah Konstitusi (yudikatif).
Jantung pemerintahan diprediksi berada di Kecamatan Samboja yang kini masuk wilayah Kutai Kartanegara, dan Kecamatan Sepaku di Penajam Paser Utara. Luas gabungan kedua kecamatan itu mencapai 2.218 km persegi, nyaris tiga kali lebih besar dari Jakarta yang memiliki luas 661 km persegi “saja”.
Untuk memindahkan ibu kota itu, pemerintah menyiapkan dana hingga Rp 466 triliun. Namun, pembangunan besar-besaran di Kalimantan Timur itu menyimpan kekhawatiran lain berupa kerusakan lingkungan yang mungkin terjadi.
ADVERTISEMENT
Bagaimana sesungguhnya kondisi wilayah yang bakal jadi ibu kota baru Indonesia itu? Ikuti penelusuran kumparan pada video di atas.
_________________
Simak selengkapnya Lipsus kumparan: Babat Alas demi Ibu Kota Baru
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan