kumparan
12 Januari 2020 12:00

10 Cara untuk Mendapatkan Kulit Sehat Bebas Jerawat

Ilustrasi Kulit Sehat
Kulit sehat bebas jerawat. Foto: Shutterstock
Jerawat memang kerap menjadi musuh terbesar perempuan ketika ingin mendapatkan kulit sehat. Jerawat bisa seenaknya muncul di waktu yang tidak tepat, dan hilangnya pun juga tak bisa ditebak. Menyebalkan bukan, Ladies?
ADVERTISEMENT
Namun jangan putus asa, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk bisa membuat kulit sehat bebas jerawat. Beberapa di antaranya adalah melakukan perawatan dengan tepat dan mengurangi konsumsi gula. Tak hanya itu, mendapatkan tidur yang cukup hingga melakukan relaksasi juga bisa menjaga kulit bebas dari masalah jerawat.
Untuk tahu lebih lengkapnya, berikut kumparanWOMAN telah merangkum cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat dan membuat kulit tetap sehat.
1.Cuci Wajah Dua Kali Sehari
Ilustrasi Cuci Muka
Mencuci Muka Terlalu Sering Tak Baik untuk Kulit. Foto: Shutterstock
Jika Ladies memiliki jenis kulit acne prone, mudah breakout, dan cenderung berminyak, mencuci wajah dua kali sehari menjadi rutinitas yang tak boleh dilewatkan.
Menurut laporan dari Healthline, sebuah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui cara menghilangkan jerawat menyatakan bahwa partisipan mereka yang mencuci muka sebanyak dua kali sehari dalam waktu enam minggu berturut-turut mengalami perubahan pada wajahnya, yaitu jerawatnya berkurang. Sedangkan yang hanya mencuci muka sehari sekali jerawatnya sulit hilang dan justru bisa bertambah.
ADVERTISEMENT
Sebab mencuci muka di malam hari bisa membantu mengangkat debu dan kotoran setelah beraktivitas seharian dan cuci muka di pagi hari bisa membantu kita mengangkat sel-sel kulit mati yang terkelupas selama kita tidur semalaman.
2.Gunakan Mild Cleanser
Ilustrasi menggunakan skincare
Ilustrasi menggunakan skincare. Foto: Shutter Stock
Kulit setiap perempuan memang berbeda, namun secara general menurut dermatologi dan associate clinical professor di Yale, Dr. Mona Gohara, MD, sabun cuci muka terbaik untuk kulit berjerawat adalah yang memiliki tekstur creamy, gentle, menghidrasi, dan bebas dari bahan aktif seperti sulfat dan detergen.
“Mungkin ini terdengar tidak masuk akal, tapi cleanser terbaik untuk kulit berjerawat adalah yang creamy, gentle, menghidrasi dan bebas dari bahan-bahan aktif,” ungkap Dr. Gohara seperti dikutip dari Cosmopolitan. Dengan begitu, berarti opsi terbaik agar kulit Anda sehat bebas jerawat adalah memakai pembersih dengan jenis mild cleanser ya Ladies.
ADVERTISEMENT
3.Jangan Lupa Pakai Pelembap
Ilustrasi menggunakan skincare
Ilustrasi menggunakan pelembap. Foto: Shutter Stock
Bagaimana bisa pelembap membantu menjaga kulit tetap bersih? Sebab, jika kulit Anda terlalu kering dan tidak terhidrasi dengan baik, secara alami kulit Anda akan mencoba mengimbanginya dengan memproduksi minyak berlebih yang justru bisa menimbulkan jerawat.
Untuk menjaga agar kulit terhindar dari jerawat, pilihlah pelembap yang non-comedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori-pori. Apabila kulit Anda berminyak, pilihan pelembap yang light bisa menjadi opsi agar kulit tak terasa berat dan memproduksi minyak berlebih.
Intinya, bagaimanapun kondisi kulit Anda, jangan sampai lupa menggunakan pelembap dalam rutinitas kecantikan Anda sehari-hari Ladies.
4.Lakukan Eksfoliasi Rutin
Proses eksfoliasi memang tidak baik dilakukan untuk kulit berjerawat karena bisa semakin memperparah kondisinya. Untuk itu, eksfoliasi sebaiknya dilakukan saat kulit Anda dalam kondisi baik-baik saja.
ADVERTISEMENT
Manfaat dari eksfoliasi adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori dan mengakibatkan komedo dan jerawat. Tak hanya itu, eksfoliasi juga bisa membuat kulit tampak lebih cerah dan terhindar dari munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.
Lakukan eksfoliasi secara rutin. Jika Anda memakai lotion atau masker, lakukan seminggu dua kali. Tetapi jika Anda menggunakan scrub, lakukan tiga sampai empat kali seminggu.
5.Pakai Obat Jerawat
Ilustrasi perempuan remaja pakai skin care
Ilustrasi pakai obat jerawat. Foto: Shutterstock
Memang tidak semua obat jerawat bisa bekerja dengan maksimal pada semua jenis kulit. Namun penggunaannya tetap tak boleh dilewatkan jika Anda ingin memiliki kulit sehat bebas jerawat.
Menurut American Academy of Dermatology, jika jerawat Anda berupa comedonal acne atau berbentuk seperti blackheads, gunakan skin care atau obat jerawat yang mengandung retinoid. Apabila Anda mengalami mild acne, pakailah produk perawatan yang memiliki bahan benzoyl peroxide. Jika Anda mengalami jerawat meradang dan disertai luka, pastikan produk perawatan jerawat Anda mengandung azelaic acid ya Ladies.
ADVERTISEMENT
6.Hindari Memencet Jerawat
Ilustrasi bekas jerawat
Ilustrasi perempuan sedang memencet jerawat. Foto: Shutterstock
Memencet jerawat menjadi sebuah tindakan terlarang yang diharamkan oleh seluruh dokter kulit atau dermatologis dunia. Mengapa? Sebab memencet jerawat justru bisa membuat bakteri mudah masuk ke dalam pori-pori serta membuat kulit jadi iritasi dan meradang. Oleh karena itu, jika Anda tak kuasa menahan jerawat di wajah. Sebaiknya Ladies pergi ke ahli kulit dan melakukan perawatan agar jerawat Anda bisa ditangani dengan baik.
7.Pilih Makeup yang Tidak Menyumbat Pori-pori
Ilustrasi makeup untuk kencan
Ilustrasi makeup untuk kencan. Foto: Shutter Stock
Sebuah studi yang dirilis pada tahun 2013 menyatakan bahwa perempuan yang sering menggunakan makeup memiliki risiko kulit berjerawat. Oleh karena itu, jika Anda adalah satu satu perempuan yang tak bisa lepas dari makeup, pastikan Anda memilih makeup yang tepat ya Ladies.
ADVERTISEMENT
Pastikan makeup Anda memiliki formula non-comedogenic dan oil-free. Kemudian jangan lupa mencuci tangan sebelum memakai makeup, pastikan juga peralatan makeup seperti brush dan sponge dicuci seminggu sekali. Dan jangan lupa untuk selalu cuci muka dan bersihkan makeup sebelum tidur.
8.Tidur 6-8 Jam Sehari
ILUSTRASI TIDUR
Ilustrasi Tidur. Foto: Shutterstock
Tak hanya mengganggu kesehatan, kurang tidur juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit lho Ladies. Menurut laporan dari Healthline, kurang tidur bisa membuat tubuh melepaskan senyawa inflamasi yang bisa membuat kulit breakout atau memperburuk kondisi kulit berjerawat. Oleh karena itu, jika ingin kulit sehat, usahakan untuk tidur enam sampai delapan jam setiap harinya.
9.Lakukan Relaksasi
Ilustrasi Olahraga
Ilustrasi Pilates. Foto: Shutter Stock
Ada banyak reaksi yang dihasilkan tubuh jika kita mengalami stres. Salah satunya adalah kulit yang bisa tiba-tiba berjerawat saat kita sedang menghadapi situasi yang membuat kita stres.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, jika penyebab stres tak bisa diatasi dengan segera, berikan jeda bagi tubuh Anda untuk rileks. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari spa, mendengarkan musik, berolahraga, hingga berjalan santai memutari taman di sekitar rumah juga bisa membantu Anda mengatasi stres.
10.Perhatikan Asupan Gula
Ilustrasi makan sambil berjalan
Kurangi asupan makanan manis. Foto: Shutter Stock
Meskipun tak ada penelitian yang membahas soal hubungan antara diet dan kulit sehat, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat menyebabkan jerawat.
Dalam sebuah studi yang dirilis pada 2009, lebih dari 2.000 partisipan diminta untuk melakukan diet rendah glikemik. Tidak hanya berat badan mereka saja yang menurun, kondisi kulit berjerawat mereka pun membaik.
Jika Anda ingin membuktikannya, mulailah untuk mengurangi konsumsi gula, soda, karbohidrat, dan kurangi konsumsi alkohol. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi sayur dan buah segar.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan