kumparan
12 Januari 2020 11:12

Tips Dapatkan Kulit Sehat Tanpa Perlu Gunakan Banyak Skin Care

Ilustrasi wajah perempuan
Ilustrasi wajah perempuan. Foto: Shutterstock
Banyak perempuan yang menggunakan skin care untuk mendapatkan kulit sehat maksimal. Tak heran, berbagai rangkaian skin care mulai dari toner, serum hingga krim rutin dipakai.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, banyak pula perempuan yang tidak terlalu rajin mengenakan skin care. Alasannya pun beragam, mulai dari tidak tahu skin care yang cocok dikenakan, hingga tidak punya waktu untuk melakukan tahapan-tahapan skin care. Ladies, apakah Anda salah satunya?
Sebenarnya, ada cara lain yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan kulit sehat tanpa perlu menggunakan banyak skin care. Berikut kumparanWOMAN berikan tipsnya seperti dilansir dari berbagai sumber:
1. Rajin mengganti sarung bantal
Ilustrasi bantal
Ilustrasi bantal. Foto: Shutterstock
Ahli kecantikan dan terapis kulit asal Amerika Serikat, Candida Lawson, mengatakan bahwa sarung bantal setidaknya mesti diganti seminggu sekali untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, usahakan pula untuk mencuci bantal setiap tiga bulan sekali.
Bagi pemilik wajah berminyak dan berjerawat, mengganti sarung bantal hendaknya dilakukan lebih sering. "Permukaan bantal yang bersih tidak akan membuat kulit terpapar kotoran dan bakteri yang membuat wajah lebih berjerawat," jelas Candida seperti dikutip dari NY Mag.
ADVERTISEMENT
2. Gunakan handuk khusus wajah
Ilustrasi Wajah
Mengeringkan wajah dengan handuk. Foto: Shutterstock
Ladies, apakah Anda termasuk orang yang hanya menggunakan handuk untuk seluruh tubuh, termasuk juga wajah? Jika iya, kebiasaan tersebut harus dihindari. Gunakan handuk lain yang berukuran kecil untuk mengeringkan wajah.
"Ini bukan hanya sekadar masalah bakteri atau kebersihan. Produk yang Anda pakai di badan seperti parfum atau body lotion tidak seharusnya menempel di wajah karena akan menyumbat pori-pori, meningkatkan jerawat dan iritasi wajah," jelas Lily Talakoub, dermatologis yang berbasis di Virginia, Amerika Serikat, pada Allure.
3. Hindari tidur terlalu larut
Ilustrasi Tidur
Ilustrasi tidur tepat waktu. Foto: Shutterstock
Mengutip Everyday Health, tidur yang buruk dapat meningkatkan hormon stres di dalam tubuh yang bisa mengakibatkan beberapa masalah kulit seperti psoriasis atau jerawat. Untuk itu, penting sekali menjaga kualitas tidur agar kulit pun menjadi lebih sehat.
ADVERTISEMENT
"Mendapatkan tidur malam yang berkualitas dapat meningkatkan kualitas tidur yang juga meningkatkan kesehatan kulit," ungkap Jessica Krant, MD, MPH, assistant clinical professor of dermatology di SUNY Downstate Medical Center New York.
4. Jangan sering menyentuh wajah
Ilustrasi bekas jerawat
Ilustrasi perempuan menyentuh wajah. Foto: Shutterstock
Terkadang, kita refleks kerap menyentuh wajah dengan tangan. Padahal, hal tersebut membuat wajah lebih mudah terkena iritasi.
Penulis buku Heal Your Skin sekaligus dermatologis Dr. Ava Shamban menjelaskan, bakteri, virus dan biang alergi akan berpindah dari jari tangan ke kulit bila kita sering menyentuh wajah.
"Selain itu, mengusap-usap kulit wajah juga akan membuat kulit rusak. Contoh lainnya, menggesek-gesek mata karena gatal dapat membuat area mata terlihat lebih tua dan menyebabkan timbulnya dark circles," katanya.
ADVERTISEMENT
5. Gunakan skin care dasar
Ilustrasi Perempuan
Ilustrasi perempuan memakai skin care. Foto: Shutterstock
Selain keempat hal tersebut, satu hal yang masih perlu dilakukan untuk mendapatkan kulit sehat adalah menggunakan skin care dasar yang terdiri dari sabun cuci muka, pelembap dan sunscreen. Sebaiknya, pilih sabun cuci muka dan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit.
Sedangkan untuk sunscreen, pilih yang SPF nya sesuai dengan kegiatan kita sehari-hari. Semakin tinggi intensitas kita berada di luar ruangan, pilih juga sunscreen yang memiliki angka SPF tinggi. Usahakan agar melakukan ketiga hal ini dengan rajin agar kulit sehat tak hanya menjadi impian semata.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan