Woman
·
23 Agustus 2020 11:20

3 Cara Membersihkan Tembok agar Tampak seperti Baru Tanpa Dicat Ulang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
3 Cara Membersihkan Tembok agar Tampak seperti Baru Tanpa Dicat Ulang (80149)
3 Cara Membersihkan Tembok agar Tampak seperti Baru Tanpa Dicat Ulang. Foto: Shutterstock
Ladies, tahukah kamu kalau debu atau kotoran di dalam rumah tidak hanya menempel pada perabotan saja tapi juga pada tembok?
ADVERTISEMENT
Melansir Country Living, bila tembok mulai tampak kusam bisa jadi penyebabnya adalah terdapat banyak debu yang sudah menempel. Selain itu, rumah yang sudah lama ditinggali temboknya juga akan memiliki kotoran yang berasal dari noda makanan, minyak, makeup, mainan anak, atau hal-hal lain yang bisa menempel pada tembok dan sulit dibersihkan. Sehingga bisa membuat tampilan tembok rumah jadi jelek dan kotor.
Untuk mengatasinya, Ladies tak perlu buru-buru membeli cat dinding baru dan menutupinya secara instan. Selain lebih mahal, mengecat ulang rumah juga menyita banyak waktu.
Nah, agar lebih mudah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut kumparanWOMAN telah merangkum tiga cara membersihkan tembok rumah agar tampak seperti baru tanpa dicat ulang. Kira-kira apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.
ADVERTISEMENT

1. Bersihkan tembok dengan vakum

3 Cara Membersihkan Tembok agar Tampak seperti Baru Tanpa Dicat Ulang (80150)
Cara membersihkan tembok rumah tanpa dicat ulang. Foto: Shutterstock
Biasanya debu-debu halus yang ada di dalam rumah tak hanya menempel pada perabotan dan lantai saja, tetapi juga menempel di tembok. Kotoran seperti itu biasanya akan membuat tembok rumah tampak kusam dan saat dipegang kotoran akan berpindah ke tangan. Artinya, debu tersebut hanya berada di permukaan tembok saja.
Nah untuk mengatasi masalah yang satu ini, Ladies bisa mengandalkan alat vakum. Namun pastikan untuk memilih sikat yang pendek dan lembut agar tidak menimbulkan goresan pada tembok.

2. Gunakan sabun pencuci piring untuk noda ringan

3 Cara Membersihkan Tembok agar Tampak seperti Baru Tanpa Dicat Ulang (80151)
Gunakan spons dan sabun pencuci piring untuk membersihkan tembok kotor. Foto: Dok.Shutterstock
Cara selanjutnya adalah menggunakan air, sabun cuci piring, kain bersih, dan spons. Alat-alat ini bisa kamu gunakan kalau tembok rumah memiliki noda-noda ringan yang berasal dari sidik jari tangan, kaki, atau noda ringan lainnya.
ADVERTISEMENT
Untuk melakukannya, siapkan setengah ember air bersih. Lalu campur dengan 1-2 tetes sabun cuci piring. Kemudian aduk hingga tercampur. Sebelum digunakan, pastikan larutan tersebut tidak memiliki banyak busa agar tidak meninggalkan residu pada tembok. Kalau ternyata terlalu banyak, kamu bisa menambahkan air.
Setelah itu celupkan kain bersih pada campuran air dan sabun. Peras dulu sebelum digunakan pada tembok. Lakukan dari tembok paling atas hingga bawah. Jika sudah selesai, bilas tembok dengan spons bersih yang sudah dibasahi dengan air untuk memastikan noda hilang dan membersihkan residu sabun. Setelah itu keringkan dengan kain bersih yang kering.

3. Manfaatkan cuka untuk menghilangkan noda membandel

3 Cara Membersihkan Tembok agar Tampak seperti Baru Tanpa Dicat Ulang (80152)
Cuka bisa membantu membersihkan noda membandel pada tembok. Foto: dok.shutterstock
Selanjutnya, kamu bisa juga membersihkan tembok dengan campuran cuka dan air. Kombinasi ini bisa kamu gunakan kalau tembok memiliki noda membandel, seperti cipratan kuah makanan, crayon, spidol, atau noda lain yang tak hilang jika dibersihkan dengan air sabun saja.
ADVERTISEMENT
Caranya cukup mudah. Siapkan satu ember air hangat, lalu tuangkan 2 sendok makan cuka. Campur kedua bahan hingga rata. Hampir sama dengan cara sebelumnya, gunakan kain bersih untuk step pertama. Jika noda sulit hilang, andalkan sikat dengan ujung yang lembut atau bisa juga memakai sikat gigi bekas.
Bersihkan area yang kotor hingga bersih, lalu bilas dengan spons bersih yang sudah dicelupkan ke air. Kemudian keringkan tembok dengan kain bersih.
Selamat mencoba Ladies!