Woman
·
21 Maret 2020 12:38

4 Aplikasi untuk Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4 Aplikasi untuk Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah (140191)
Ilustrasi aplikasi untuk olahraga di rumah. Foto: Shutter Stock
Selama beberapa waktu ke depan, kita diprediksi akan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Mengikuti imbauan pemerintah, kita sebaiknya berdiam di rumah dulu, demi menghindari paparan penyakit COVID-19 yang disebabkan oleh virus Corona.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, berada di rumah bukanlah alasan untuk bermalas-malasan dan mengabaikan kesehatan. Justru, di saat seperti ini, kita perlu menaruh perhatian ekstra pada kesehatan fisik dan juga mental. Terutama, agar kita terhindar dari penyakit-penyakit lain dan juga bisa merasa bugar sepanjang waktu.
Bagi Anda yang belum terbiasa berolahraga di rumah, jangan khawatir. Sebab, kini ada berbagai aplikasi olahraga yang tersedia di smartphone yang bisa digunakan untuk memandu Anda. Misalnya, keempat aplikasi ini. Aplikasi yang tersedia di iOS maupun Android itu dirancang dengan panduan gerakan yang bisa dilakukan setiap hari, tanpa membutuhkan alat tertentu. Sehingga, kita tak perlu kesulitan saat mau mulai menerapkannya di rumah.
Apa sajakah aplikasinya? Yuk, simak ulasan berikut.
ADVERTISEMENT

1. Seven - 7 Minute Workout

4 Aplikasi untuk Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah (140192)
Aplikasi olahraga Seven - 7 Minute Workout. Foto: Seven - 7 Minute Workout
Salah satu aplikasi praktis yang bisa Anda coba untuk berolahraga di rumah adalah Seven - 7 Minute Workout. Aplikasi buatan Perigee, developer asal Swedia ini dilengkapi dengan panduan gambar bergerak, sehingga bisa digunakan oleh Anda yang awam dengan olahraga sekalipun. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan tanpa internet, jika Anda sudah mengunduh gerakan-gerakan yang ada terlebih dahulu.
Saat baru menjajal aplikasi Seven, Anda akan ditanya terlebih dahulu mengenai jenis olahraga yang diinginkan, yaitu untuk menjadi bugar, memperkuat stamina dan tubuh, atau untuk menurunkan berat badan. Anda juga akan diminta untuk menentukan sendiri interval atau jumlah olahraga yang ingin dilakukan dalam sepekan, misalnya tiap hari kerja, tiga hari sekali, atau lainnya. Kemudian, kita akan diarahkan untuk menentukan jam olahraga yang diinginkan, agar bisa jadi lebih disiplin dalam berolahraga.
4 Aplikasi untuk Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah (140193)
Tetap olahraga di rumah meski sedang work from home. Foto: Shutterstock
Setelah menyusun jadwal pribadi, Anda akan mendapatkan rekomendasi jenis olahraga yang bisa dilakukan di pekan itu. Misal, olahraga full body pada Senin, power boost di hari Rabu, atau twister di hari Jumat. Sebelum memulai olahraga, jangan lupa untuk menyesuaikan level kesulitan pada bagian setting, untuk memastikan bahwa gerakan yang dilakukan memang cocok dengan kemampuan Anda. Ada tiga level yang bisa dipilih, yaitu beginner, intermediate, dan advanced.
ADVERTISEMENT

2. Workout for Women

4 Aplikasi untuk Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah (140194)
Aplikasi olahraga Workout for Women. Foto: Workout for Women
Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk berolahraga menggunakan aplikasi Workout for Women. Dalam aplikasi buatan Fast Builder Limited ini, Anda bisa memilih golongan olahraga yang diinginkan, kemudian mengikuti berbagai gerakan yang ada. Anda bisa mencoba set olahraga harian yang disesuaikan dengan level kesulitan tertentu, program jangka panjang yang berbayar, atau mengeksplorasi jenis olahraga lain yang tersedia.
Contoh set olahraga yang bisa dipilih dalam aplikasi ini adalah 10M Weight Loss untuk beginner yang dibuat dengan 21 gerakan dan memiliki durasi total 11 menit. Setelah memilih set ini, Anda hanya perlu memencet tombol start, menunggu hingga laman iklan hilang, kemudian mulai bergerak sesuai instruksi.
Sama seperti aplikasi Seven - 7 Minute Workout, dalam aplikasi ini, Anda akan menemukan panduan dalam bentuk gambar bergerak yang memudahkan untuk memahami jenis gerakan yang akan dilakukan. Jika kesulitan memahami lewat gambar, Anda juga bisa memilih opsi panduan dalam bentuk video yang disertakan pada laman penjelasan gerakan.
ADVERTISEMENT

3. Lose Weight in 30 Days

4 Aplikasi untuk Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah (140195)
Aplikasi olahraga Lost Weight in 30 Days Foto: Lost Weight in 30 Days
Sesuai namanya, aplikasi ini mengajak Anda untuk menjalankan program olahraga selama 30 hari, dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Lose Weight in 30 Days memiliki interface yang sangat simpel dan minim personalisasi, kecuali jika Anda menggunakan fitur berbayar.
Saat memulai aplikasi, Anda tidak akan ditanyai mengenai jenis olahraga yang diinginkan. Anda bisa langsung mengakses rangkaian program olahraga selama 30 hari yang ada di halaman pertama atau mengeksplorasi gerakan olahraga lainnya di laman discover. Tak cuma itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur meal plan yang bisa dijadikan inspirasi menu diet untuk melengkapi olahraga.
Meski demikian, Anda harus bersiap dengan banyaknya iklan yang ada bila menggunakan aplikasi ini dalam mode gratis.
ADVERTISEMENT

4. Yoga Studio: Mind & Body

4 Aplikasi untuk Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah (140196)
Aplikasi olahraga Yoga Studio: Mind & Body. Foto: Yoga Studio
Tak cuma melakukan olahraga dengan jenis bodyweight training, Anda juga bisa memilih untuk melakukan olahraga yoga di rumah. Misalnya, dengan menggunakan aplikasi Yoga Studio: Mind & Body.
Dalam aplikasi buatan developer AS, Fit For Life LLC ini, Anda akan diajak untuk melakukan serangkaian gerakan yoga, dengan panduan berbentuk foto dan narasi yang dilengkapi dengan background musik meditasi. Seperti kebanyakan aplikasi lainnya, gerakan yang disarankan juga disesuaikan dengan kemahiran Anda dalam melakukan olahraga tersebut.
4 Aplikasi untuk Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah (140197)
Ilustrasi perempuan melakukan olahraga yoga. Foto: Shutterstock
Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, Anda perlu mengunduh serangkaian gerakan yang ada terlebih dahulu. Contoh, set beginner balance yang terdiri dari 114 pose dan memiliki durasi total 30 menit. Setelah mengunduh set gerakan ini, Anda bisa memakainya kapan saja, sesuai keinginan, bahkan tanpa koneksi internet sekalipun. Namun, pastikan bahwa Anda memiliki kuota internet dan space memory yang cukup pada ponsel saat akan mengunduh, karena setiap set yang ada bisa memakan memori yang cukup besar.
ADVERTISEMENT
Bagaimana, Ladies? Tertarik untuk mencoba aplikasi ini dan mulai olahraga di rumah?
----
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!