kumparan
3 November 2019 13:38

4 Cara Merawat Rambut Kering Agar Tampak Indah dan Sehat

Ilustrasi wanita dengan rambut kering
Ilustrasi wanita dengan rambut kering. Foto: Shutter Stock
Sebagian dari kita mungkin terlahir dengan rambut yang cenderung kering. Sementara, ada pula di antara kita yang menjadi kering rambutnya akibat terlalu banyak melakukan styling maupun mewarnai rambut.
ADVERTISEMENT
Apapun penyebabnya, kita perlu memberikan perhatian ekstra terhadap rambut dengan tekstur kering. Ini diperlukan agar rambut tetap tampak terawat, sehat, serta indah.
Selain itu, kita juga perlu memastikan telah melakukan cara merawat rambut kering dengan benar, agar kondisi yang ada tidak semakin buruk.
Selengkapnya, ini empat cara merawat rambut kering yang bisa kita coba.
1. Perhatikan cara mencuci rambut
keramas
ilustrasi wanita keramas Foto: shutterstock
Pertama, kita bisa mulai merawat rambut kering dengan memperhatikan cara kita mencuci rambut. Sebagian dari kita mungkin terbiasa mencuci rambut dengan air panas atau hangat, karena efeknya yang menenangkan bagi tubuh. Namun, ini tak baik bagi rambut kita.
Menurut situs Femina India, membasuh rambut dengan air panas bisa menghilangkan kelembapan alami rambut dan membuatnya kering. Sehingga, kita disarankan untuk mencuci rambut dengan air dingin atau air suam kuku, demi menjaga kandungan minyak di kulit kepala dan rambut.
ADVERTISEMENT
2. Gunakan bahan produk perawatan yang tepat
Minyak kelapa untuk rambut
Minyak kelapa untuk rambut Foto: Shutterstock
Akan lebih baik bila sampo atau produk perawatan rambut yang biasa kita gunakan terbuat dari bahan-bahan yang memang melembapkan. Misal, yang terbuat dari pisang, aloe vera, juga minyak kelapa.
Selain itu, kita juga disarankan untuk mengurangi penggunaan bahan kimia pada rambut. Ini termasuk dengan menghindari bahan pewarna maupun bahan-bahan yang banyak mengandung alkohol. Sebab, bahan dengan kandungan alkohol tinggi dapat menghilangkan minyak alami kepala dan menjadikan rambut semakin kering.
3. Jangan terlalu banyak menggunakan alat styling
Ilustrasi Catok Rambut
Ilustrasi catok rambut. Foto: Shutterstock
Selain itu, kita juga perlu mengurangi penggunaan alat catok maupun alat styling lainnya. Sebab, panas pada alat styling bisa membuat rambut kita semakin kering. Apalagi, jika kita memiliki kebiasaan untuk mencatok rambut setiap hari. Meski hasil akhirnya indah dan rapi, hal ini bisa membuat rambut kering dan semakin rusak bila terus digunakan untuk waktu yang lama.
ADVERTISEMENT
4. Rajin gunakan masker rambut
KALE
Ilustrasi masker rambut. Foto: Shutterstock
Cara merawat rambut kering lainnya adalah dengan rajin menggunakan masker rambut. Saat ini, kita dapat dengan mudah menemukan produk masker rambut baik yang berbahan kimia maupun natural, di internet maupun di toko-toko tradisional. Kita kemudian bisa memilih untuk menggunakannya sendiri di rumah ataupun di salon, sembari menikmati pijatan dari para staf salon.
Bila ingin mencapai efek maksimal, disarankan untuk menggunakan masker rambut secara teratur. Menurut situs resmi Garnier USA, kita disarankan untuk menggunakan masker rambut setidaknya seminggu sekali. Namun, jika rambut terasa lebih kasar dan kering dan biasanya, kita bisa menggunakan masker hingga 2-3 kali seminggu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan