Woman17 September 2020 13:58

4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Merawat Peralatan dan Furnitur Rumah

Konten Redaksi kumparan
4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Merawat Peralatan dan Furnitur Rumah (599772)
4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Merawat Peralatan dan Furnitur Rumah. Foto: pixabay
Seperti yang sudah banyak diketahui, minyak zaitun memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit. Kandungan alaminya bisa menyehatkan kulit dan rambut, hingga membantu proses diet untuk menurunkan berat badan.
ADVERTISEMENT
Tapi selain itu, minyak zaitun ternyata juga bisa jadi andalan untuk membersihkan perlengkapan rumah tangga yang terbuat dari bahan-bahan tertentu. Ladies bisa menggunakannya untuk membersihkan peralatan masak hingga sepatu dan perhiasan.
Lalu kira-kira bagaimana caranya memakai minyak zaitun untuk membersihkan dan merawat furnitur atau perlengkapan rumah? Yuk, simak selengkapnya berikut ini.

1. Membersihkan peralatan masak

4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Merawat Peralatan dan Furnitur Rumah (599773)
Minyak zaitun bisa digunakan membersihkan peralatan masak. Foto: Shutterstock
Dapur biasanya didominasi oleh peralatan masak yang terbuat dari stainless steel. Mulai dari panci, penggorengan, pemanas air, hingga oven yang kadang sulit dibersihkan dengan sabun biasa. Apalagi jika sudah ada sisa makanan atau kotoran yang membandel. Tentu dibutuhkan bahan lain untuk membantu menghilangkannya.
Nah, selain mengandalkan baking soda, Ladies juga bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk membersihkan peralatan masak yang terbuat dari bahan stainless steel.
ADVERTISEMENT
Caranya sangat mudah. Pertama, bersihkan dulu semua peralatan masak kotor dengan cuka. Kemudian tuangkan 1-2 tetes minyak zaitun pada permukaan yang masih kotor. Lalu gosok secara perlahan dengan gerakan memutar dan bilas dengan air bersih setelah semua kotoran hilang.

2. Mengawetkan furnitur berbahan kayu

Selanjutnya, minyak zaitun ternyata juga bisa jadi bahan pengawet alami untuk furnitur atau perabotan yang terbuat dari material kayu. Minyak yang satu ini bisa jadi pelapis permukaan kayu sehingga furnitur jadi lebih tahan lama.
Untuk mendapatkan manfaatnya, campurkan 2 sendok teh minyak zaitun dengan 1 sendok teh air lemon. Setelah itu bersihkan dulu permukaan furnitur hingga bebas dari debu dan kotoran. Lalu oleskan secara merata ke seluruh bagian furnitur atau perabotan kayu agar semua sisinya dilapisi minyak zaitun. Lakukan perawatan ini setiap satu atau dua bulan sekali agar furnitur kayu tetap awet.
ADVERTISEMENT

3. Memperbaiki kerusakan pada kursi dan sepatu berbahan kulit

Ladies, pernahkah kamu membersihkan sepatu atau sofa yang terbuat dari kulit tapi justru jadi mudah berjamur dan mengelupas karena kondisinya jadi lembap?
4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Merawat Peralatan dan Furnitur Rumah (599774)
Sofa kulit. Foto: Unsplash @karaeads
Jika pernah mengalami masalah serupa, bisa jadi alat pembersih kamu kurang tepat. Mungkin ini adalah saatnya bagi kamu untuk membersihkan barang dan furnitur kulit memakai minyak zaitun.
Sebenarnya, minyak bisa membuat bahan kulit tampak lebih mengilap. Namun jika memakai minyak sembarangan, bisa muncul perubahan warna pada material kulit. Tetapi hal ini tidak akan terjadi kalau Ladies membersihkannya dengan minyak zaitun.
Cara memakainya cukup mudah. Tuangkan 1 tetes minyak zaitun pada kain bersih, lalu oleskan pada seluruh bagian sepatu yang ingin dibersihkan. Begitu juga dengan sofa, gunakan sekitar 1 sendok teh minyak zaitun untuk membersihkan semua area sofa kulit. Selain bersih, sofa dan sepatu juga bisa tampak mengilap lho.
ADVERTISEMENT

4. Merawat perhiasan atau barang berbahan perak

4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Merawat Peralatan dan Furnitur Rumah (599775)
Minyak zaitun bisa dipakai untuk merawat perhiasan atau barang berbahan perak. Foto: Shutterstock
Jika kamu merupakan salah satu orang yang suka mengoleksi perhiasan atau peralatan rumah tangga yang terbuat dari perak, minyak zaitun juga bisa jadi andalan untuk membersihkannya.
Jadi kalau koleksi perhiasan dan peralatan rumah tersebut kotor, hindari untuk membersihkannya dengan air dan sabun karena bisa jadi kusam dan rusak. Untuk itu, gunakan minyak zaitun untuk menghilangkan kotoran yang menempel serta membuat koleksi kamu jadi lebih berkilau.
Caranya sangat mudah, cukup tuangkan 1 tetes minyak zaitun dalam wadah. Kemudian gunakan kain atau tisu untuk mengoleskannya pada permukaan perhiasan atau peralatan berbahan perak. Lalu gosok dengan lembut hingga semua bersih.
Selamat mencoba Ladies!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white