5 Cara Alami Meningkatkan Kolagen pada Kulit

5 Agustus 2022 19:29
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Mencegah tanda-tanda penuaan dini dengan goji berry. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Mencegah tanda-tanda penuaan dini dengan goji berry. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Menua dengan kulit yang kencang dan sehat, siapa yang tidak mau? Untuk mewujudkannya, tentunya kamu perlu memiliki kadar kolagen yang baik di dalam kulit. Kolagen sendiri merupakan sejenis protein, yang berperan besar untuk menjaga elastisitas kulit agar tampilannya tetap halus, lembut, dan awet muda.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, produksi kolagen di dalam kulit dapat ikut menurun seiring bertambahnya usia. Selain itu, faktor polusi hingga gaya hidup yang kurang sehat juga dapat memengaruhi kadar kolagen jadi berkurang. Namun, tidak perlu cemas Ladies, karena ada berbagai cara yang mampu menjadi solusi dari permasalahan kolagen ini.
Selain dengan bantuan suplemen kolagen atau melakukan treatment di klinik kecantikan, ada pula cara-cara yang lebih alami untuk membantu menjaga dan meningkatkan kolagen di dalam kulitmu. Yuk, simak informasinya berikut ini!

1. Konsumsi buah dan sayur yang tinggi vitamin C

Ilustrasi perempuan minum jus. Foto: Sirinn3249/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan minum jus. Foto: Sirinn3249/Shutterstock
Ladies, mulailah batasi menikmati makanan manis yang tinggi gula karena berpotensi menurunkan kadar kolagen. Sebaiknya, kamu perlu lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah yang tinggi vitamin C, seperti jeruk, stroberi, brokoli, jambu, hingga tomat. Vitamin C sendiri dikenal kaya antioksidan sehingga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja, tapi juga dapat meningkatkan kolagen alami dalam kulitmu.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

2. Rutin mengoleskan gel lidah buaya ke kulit

Gel lidah buaya atau aloe vera telah lama dikenal akan kemampuannya untuk menenangkan kulit hingga menyembuhkan luka. Menurut Indian Journal of Dermatology, gel lidah buaya juga dapat membantu meningkatkan kolagen pada kulit agar tetap sehat, lembap, dan glowing. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya secara langsung ke kulit, seperti layaknya memakai masker wajah.

3. Memanfaatkan tanaman herbal dari ginseng

Kamu pasti sudah sering melihat produk skin care anti-aging yang turut diformulasikan dengan bahan ginseng di dalamnya. Bukan tanpa alasan, ginseng sendiri merupakan tanaman herbal yang populer dan punya banyak manfaat untuk kulit. Di antaranya, ginseng dikenal dapat melindungi sel kulit dari kerusakan dan juga baik untuk meningkatkan kolagen.

4. Berikan pijatan ringan pada wajahmu

Ilustrasi memijat wajah dengan face roller. Foto: LightField Studios/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi memijat wajah dengan face roller. Foto: LightField Studios/Shutterstock
Cara alami satu ini juga mudah dan praktis dilakukan sehari-hari. Sambil me-time, sempatkan untuk memanjakan wajah dengan memberikan pijatan ringan. Pijat wajah tidak hanya membuatmu jadi rileks, tapi juga dapat menstimulasi produksi kolagen pada kulit serta memperlancar sirkulasi darah.
ADVERTISEMENT

5. Jangan sampai kurang minum air putih

Satu yang tak kalah penting, tapi masih sering terlupakan. Air merupakan salah satu komponen penting di dalam tubuh agar kamu terhindar dari dehidrasi. Mencukupi kebutuhan air putih setiap hari juga mampu menjadi detoks tersendiri pada kulit sehingga membantu kadar kolagen tetap terjaga. Air putih juga dapat meremajakan sel-sel kulit untuk membantu mengatasi masalah penuaan dini secara alami.