5 Cara Ini Bantu Meminimalisir Garis Bibir agar Tampak Lebih Sehat

14 Agustus 2022 12:00
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi bibir yang cerah Foto: dok.shutter stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bibir yang cerah Foto: dok.shutter stock
ADVERTISEMENT
Garis-garis yang membentuk bibir jadi kurang menarik masih menjadi masalah bagi para perempuan hingga saat ini. Garis bibir tadi terbentuk di area bibir orang dewasa dengan usia yang lebih tua. Kondisi tersebut tidak terlalu menguntungkan karena ketika memakai lipstik bibir akan terlihat berkerut dan hasilnya pun jadi kurang halus.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Byrdie, kondisi demikian sebenarnya adalah hal alami dan bisa terjadi di segala usia. Pasalnya, manusia selalu menggerakkan bibir dan mulut secara terus menerus, baik untuk bernapas, berbicara, tersenyum, hingga makan. Seiring berjalannya waktu kegiatan tersebut akan menimbulkan garis-garis alami pada bibir.
Ladies tak perlu cemas, karena untuk mengatasinya ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti di rumah. Simak selengkapnya yuk, Ladies karena kumparanWOMAN telah merangkum tips para ahli yang dikutip dari laman Byrdie dalam artikel berikut.

1. Jaga bibir tetap terhidrasi

Ilustrasi menggunakan pelembap pada bibir Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menggunakan pelembap pada bibir Foto: Shutterstock
Dermatolog Pennsylvania Jayne Bird, MD, menjelaskan bahwa perawatan dasar masih menjadi kunci dalam merawat bibir. Kamu bisa gunakan produk pelembap bibir atau vitamin yang dapat mengurangi kekeringan dan menenangkan bibir dengan memberikan dan mempertahankan kelembapan. Pastikan untuk selalu menjaga bibir tetap lembap ya, Ladies.
ADVERTISEMENT

2. Gunakan serum khusus untuk bibir

Ilustrasi merawat bibir. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi merawat bibir. Foto: Pexels
Untuk membuat garis bibir memudar kamu bisa mengaplikasikan serum dengan bahan utama retinoid. “Ya, bahan utama ini juga bagus untuk area bibir dan akan membuat perbedaan dalam tampilan garis bibir dengan menciptakan dan menjaga sintesis kolagen,” ujar ahli kecantikan asal Inggris bernama Nicole Caroline. Pakai serum bibir ini dengan hati-hati. Hindari pemakaian di sekitar mulut untuk mencegah iritasi.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Retinoid pada serum bibir tidak hanya mengurangi garis bibir, tetapi juga dapat menjaga bibir tetap lembut dan tampak penuh serta mengurangi munculnya bintik hitam kecil pada bibir.

3. Lindungi bibir dari sinar matahari

Sama seperti kulit wajah, bibir juga membutuhkan SPF lho, Ladies. “Melindungi bibir dari sinar matahari merupakan hal yang paling penting, karena sinar UV akan menurunkan kolagen kita,” kata dermatologi asal Amerika Serikat, Azadeh Shirazi, MD. Bibir akan mengalami kerusakan akibat terpapar sinar matahari. Selain itu, garis-garis halus dan kerutan pada bibir juga akan betambah parah jika tak dilindungi oleh tabir surya.
ADVERTISEMENT

4. Coba aplikasikan lip plumper

Selanjutnya, Shirazi juga memberi tahu rahasia yang belum banyak diketahui oleh banyak orang, yaitu dengan menggunakan lip plumper. Penggunaan produk ini juga akan membantu mengurangi garis-garis untuk bibir yang lebih penuh dan terlihat lebih muda. Plumper bibir dengan asam hialuronat juga dapat membantu mengembalikan hidrasi dan volume pada bibir.

5. Eksfoliasi bibir secara rutin

Ilustrasi eksfoliasi bibir. Foto: Mr.Cheangchai Noojuntuk/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi eksfoliasi bibir. Foto: Mr.Cheangchai Noojuntuk/Shutterstock
Menurut ahli kecantikan selebriti Los Angeles, Candace Marino, salah satu kunci untuk menjaga kesehatan bibir dan membuatnya tampil awet muda adalah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Pakai produk scrub bibir favorit kamu dan lakukan secara rutin agar sel-sel kulit mati di bibir dapat terangkat dengan sempurna. Akhirnya kamu akan miliki bibir yang lembut serta berkurangnya garis-garis pada bibir yang mengganggu penampilan.
ADVERTISEMENT
Nah Ladies, kamu bisa coba lima langkah tadi agar bibir tampak sehat dan garis-garis di bibir dapat tersamarkan.