Woman
·
14 September 2021 12:20
·
waktu baca 4 menit

5 Fakta Met Gala 2021, Acara Galang Dana Sekaligus Malam Fashion Terbesar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Fakta Met Gala 2021, Acara Galang Dana Sekaligus Malam Fashion Terbesar (1015800)
searchPerbesar
Billie Eilish di Met Gala 2021, di New York City, AS, Selasa (13/9). Foto: Mario Anzuoni/REUTERS
Setelah sempat ditiadakan di tahun 2020 karena pandemi COVID-19 yang melanda dunia, Metropolitan Museum Art’s Costume Institute Gala alias Met Gala akhirnya kembali digelar.
ADVERTISEMENT
Telah ada sejak 1948, Met Gala merupakan acara penggalangan dana yang rutin diselenggarakan setiap Senin pertama di bulan Mei oleh Metropolitan Museum of Art di New York, Amerika Serikat. Namun kali ini, acara tersebut digeser ke 13 September 2021, yang merupakan hari Senin kedua di bulan ini.
Sering disebut sebagai ‘malam fashion terbesar’, Met Gala kerap dimeriahkan oleh selebriti top dunia, figur publik berpengaruh, hingga sosialita hits yang tampil memukau dalam balutan busana spektakuler. Selain itu, para tamu undangan juga biasanya hadir mengenakan dress code yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan.
Mengingat kondisi pandemi COVID-19 yang belum berakhir, tentunya ada sejumlah penyesuaian mengenai penyelenggaraan Met Gala 2021. Berikut ini kumparanWOMAN telah merangkum sederet fakta menarik seputar penyelenggaraan Met Gala 2021; mulai dari tema, dress code, hingga daftar tamu yang hadir. Simak informasinya seperti dikutip dari situs Vogue dan Elle berikut ini.
ADVERTISEMENT

1. Tema Met Gala 2021

5 Fakta Met Gala 2021, Acara Galang Dana Sekaligus Malam Fashion Terbesar (1015801)
searchPerbesar
Lil Nas X tiba di Met Gala 2021 di Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat, Senin (13/9). Foto: Mario Anzuoni/Reuters
Setiap tahunnya, Met Gala selalu mengangkat tema tertentu. Mengutip Vogue, untuk tahun ini, Met Gala difokuskan untuk merayakan semua hal tentang fashion Amerika.
“Saya percaya bahwa fashion Amerika sedang mengalami kebangkitan. Saya pikir desainer muda khususnya yang berada di garda terdepan tengah berdiskusi mengenai keragaman dan inklusi, serta keberlanjutan dan transparansi,” kata Andrew Bolton, kurator museum asal Inggris yang saat ini menjabat sebagai kepala kurator di Metropolitan Museum of Art’s Costume Institute di New York City, kepada Vogue.
Pada penyelenggaraan kali ini, Met Gala juga akan menggelar pameran menjadi dua bagian. Pameran pertama dengan judul ‘In America: A Lexicon of Fashion’ akan dibuka pada 18 September 2021, di Anna Wintour Costume Center, New York, AS.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, pameran kedua bertemakan ‘In America: An Anthology of Fashion’ akan dibuka pada 5 Mei 2022 di American Wing, New York, AS. Pada pameran kedua ini, tim kuratorial museum akan bekerja sama dengan sutradara film Amerika untuk membuat adegan sinematik di setiap ruangan yang menggambarkan sejarah fashion Amerika.

2. Tamu undangan

5 Fakta Met Gala 2021, Acara Galang Dana Sekaligus Malam Fashion Terbesar (1015802)
searchPerbesar
Jennifer Lopez di Met Gala, New York City, AS, Selasa (13/9). Foto: Mario Anzuoni/REUTERS
Pihak penyelenggara mengatakan bahwa acara Met Gala 2021 akan jauh lebih intim dibandingkan sebelumnya. Artinya jumlah tamu yang hadir akan dibatasi dan berkisar 400 orang saja, demikian seperti dikutip dari Elle. Namun, daftar tamu undangan Met Gala 2021 dirahasiakan sebelum acara, sesuai dengan tradisi.

3. Dress code Met Gala 2021

5 Fakta Met Gala 2021, Acara Galang Dana Sekaligus Malam Fashion Terbesar (1015803)
searchPerbesar
Naomi Osaka di Met Gala 2021, di New York City, AS, Senin (13/9). Foto: Mario Anzuoni/REUTERS
Salah satu momen paling menarik dan ditunggu-tunggu dari gelaran Met Gala adalah parade fashion di red carpet yang dikenakan oleh para tamu undangan. Di tahun ini, Met Gala 2021 mengusung dress code dengan tema ‘American Independence’.
ADVERTISEMENT
Tema dress code itu diharapkan bisa diterjemahkan menjadi berbagai pilihan item yang cerdas sekaligus penuh dengan statement yang berani. Selain itu, tujuan lain dari dress code tersebut adalah agar fashion memiliki makna, bukan hanya sekadar busana yang indah.

4. Chairs and co-chairs

5 Fakta Met Gala 2021, Acara Galang Dana Sekaligus Malam Fashion Terbesar (1015804)
searchPerbesar
Billie Eilish tiba di Met Gala 2021 di Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat, Senin (13/9). Foto: Angela Weiss/AFP
Setiap tahun, Met Gala memiliki sejumlah co-chair atau wakil yang membantu menyelenggarakan acara tersebut. Sejumlah bintang muda berprestasi pun digandeng sebagai co-chair di ajang Met Gala 2021; seperti aktor Timothee Chalamet, penyanyi Billie Eilish, pemain tenis Naomi Osaka, dan penyanyi Amanda Gorman. Selain menjadi co-chair, Billie Eilish juga menjadi host di acara Met Gala 2021. Penyanyi 19 tahun ini kabarnya menjadi host termuda sejak MET Gala digelar pertama kali pada 1948.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, desainer asal Amerika Serikat Tom Ford, Head of Instagram Adam Mosseri, dan Editor-in-Chief Majalah Vogue Anna Wintour mendapat kehormatan sebagai Chair atau pimpinan untuk Met Gala tahun ini.

5. Protokol kesehatan

5 Fakta Met Gala 2021, Acara Galang Dana Sekaligus Malam Fashion Terbesar (1015805)
searchPerbesar
Kendall Jenner di Met Gala 2021, di New York City, AS, Selasa (13/9). Foto: Mario Anzuoni/REUTERS
Meski digelar di tengah pandemi COVID-19 khususnya di tengah tingginya kasus varian delta di AS, pihak penyelenggara memastikan bahwa acara ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Salah satu protokol yang dijalankan adalah semua tamu undangan wajib telah divaksinasi sekaligus menjalankan tes COVID-19 sebelum tiba ke lokasi.
Selain itu, meja makan selama gala dinner juga akan diberi jarak agar lebih aman. Para tamu undangan maupun staf juga diwajibkan menggunakan masker, terutama saat berada di dalam ruangan. Sementara masker hanya boleh dibuka pada saat makan atau minum.
ADVERTISEMENT
Kendati diwajibkan untuk selalu menggunakan masker, nyatanya beberapa selebriti yang tampil di red carpet terlihat tidak mengenakan masker. Nampaknya, peraturan itu sedikit dilonggarkan saat para selebriti atau tamu undangan berpose di atas red carpet.