Woman
·
7 Juni 2019 15:04

5 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Tetap Produktif Setelah Libur Panjang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Tetap Produktif Setelah Libur Panjang (82000)
Ilustrasi perempuan. Foto: Shutterstock
Kembali bekerja setelah liburan panjang memang kadang menjadi hal yang kurang menyenangkan. Setelah beberapa hari menikmati suasana santai selama Lebaran, Anda harus kembali ke meja kerja dengan segudang tugas yang sudah menanti. Maka tak jarang Anda bisa merasa malas dan membuat produktifitas kerja jadi menurun.
ADVERTISEMENT
Untuk mencegah hal tersebut, ada lima hal yang bisa menjaga produktivitas Anda setelah liburan panjang. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.
1. Siapkan to-do list
Di hari pertama masuk kerja, coba buat to-do list yang singkat. Mungkin sekitar tiga sampai empat tugas saja. Prioritaskan tugas yang lebih besar dan yang terdekat dengan deadline. Selain memudahkan pekerjaan, to-do list memotivasi Anda untuk lebih produktif dan menyelesaikan tugas yang tertunda selama masa liburan.
5 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Tetap Produktif Setelah Libur Panjang (82001)
Ilustrasi To Do List Foto: Pixabay
2. Kategorikan email menjadi tiga bagian
Setelah liburan, biasanya Anda akan banyak menemukan email yang menumpuk. Untuk memudahkan Anda, pisahkan email-email tersebut menjadi tiga kategori. Pertama email yang harus dibalas hari itu juga, lalu email yang dibalas minggu ini, dan email yang tidak terlalu penting dan bisa dihapus.
ADVERTISEMENT
Setelah dipisah, buka dan balas dulu email pada kategori pertama. Selanjutnya kerjakan sesuai urutan kategori. Khusus untuk kategori terakhir, coba kerjakan di hari Jumat ketika pekerjaan yang lebih penting sudah selesai lebih dulu.
3. Hindari meeting di hari pertama masuk kerja
Meski Anda bersemangat untuk mulai bekerja lagi, usahakan tidak menjadwalkan meeting di hari pertama masuk. Selain akan kewalahan, langsung melakukan meeting setelah liburan akan membuat Anda terlihat kurang persiapan. Meeting jadi bisa terkesan buang-buang waktu dan kurang produktif.
5 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Tetap Produktif Setelah Libur Panjang (82002)
Ilustrasi rekan kerja. Foto: Shutterstock
4. Mengejar ketinggalan dengan update pekerjaan bersama tim
Waktu libur yang Anda ambil bisa membuat Anda ketinggalan dengan update terbaru di kantor. Oleh karena itu, setelah menyusun jadwal tugas yang akan dikerjakan, coba tanyakan pada rekan satu tim Anda apa saja yang terjadi selama ditinggal berlibur. Jadi bila ada tugas tambahan dan lebih penting, Anda bisa mengatur ulang jadwal to-do list yang sudah dibuat.
ADVERTISEMENT
5. Ambil waktu untuk beristirahat
Semangat yang dibawa setelah liburan memang bagus dimanfaatkan untuk menuangkan ide-ide baru. Namun jangan memaksakan diri untuk bekerja terlalu keras agar tidak kelelahan dan cepat stres. Lebih baik menuntaskan tugas secara bertahap tapi pasti. Perbanyak istirahat di hari pertama masuk, hindari makan siang di meja kerja, dan luangkan waktu untuk mengobrol dengan rekan-rekan Anda.