Woman
·
15 November 2020 16:40

5 Kesalahan Memakai & Merawat Freezer yang Bisa Bikin Kulkas Cepat Rusak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Kesalahan Memakai & Merawat Freezer yang Bisa Bikin Kulkas Cepat Rusak (42664)
5 Kesalahan Memakai & Merawat Freezer yang Bisa Bikin Kulkas Cepat Rusak. Foto: Shutter Stock
Kulkas menjadi salah satu perlengkapan dapur yang sangat penting untuk menjaga bahan masakan dan makanan tetap segar dan awet. Dari semua bagian kulkas, freezer menjadi elemen penting yang juga sangat membantu kita untuk menyimpan ikan, daging, es batu, atau hal lain yang harus disimpan dalam suhu dingin.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, kita harus tahu pasti bagaimana cara yang tepat untuk menggunakannya. Karena tanpa disadari, ternyata ada kebiasaan yang sering kita lakukan yang dapat merusak atau membuat freezer jadi tidak berfungsi maksimal. Misalnya seperti membuka pintunya terlalu lama atau membersihkan bunga es dengan benda tajam.
Nah, untuk tahu apa saja dan bagaimana cara yang tepat, kumparanWOMAN telah merangkum lima kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan dan merawat freezer. Melansir The Kitchn, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Pintu dibiarkan terbuka terlalu lama

5 Kesalahan Memakai & Merawat Freezer yang Bisa Bikin Kulkas Cepat Rusak (42665)
Pintu freezer dibuka terlalu lama. Foto: Shutter Stock
Sebagian dari kamu tentu pernah membuka pintu freezer terlalu lama. Entah untuk mencari bahan yang diperlukan, lupa menutup pintu, atau sengaja membiarkannya terbuka ingin berusaha mengeluarkan bau tak sedap di dalamnya. Namun membiarkan pintu freezer terbuka terlalu lama bisa menyebabkan bunga es muncul dalam jumlah yang lebih banyak. Sehingga membuat freezer kamu lebih cepat dipenuhi dengan es di dindingnya. Jika sudah begitu, kipas kompresor bisa sulit bergerak dan membuat kulkas kamu tidak berfungsi maksimal. Jadi jangan terlalu lama membuka pintu freezer, ya.
ADVERTISEMENT

2. Tidak mengisi freezer dengan porsi yang tepat

5 Kesalahan Memakai & Merawat Freezer yang Bisa Bikin Kulkas Cepat Rusak (42666)
Mengiri freezer terlalu penuh. Foto: Shutterstock
Hal lain yang sering tidak diperhatikan saat menggunakan freezer adalah kita tidak pernah memikirkan seberapa banyak barang yang bisa diletakkan di dalamnya. Selama masih ada ruang kosong, artinya kita masih bisa meletakkan sesuatu. Padahal, penggunaan freezer yang tepat adalah mengisinya sebanyak 70 persen, tidak kurang dan tidak lebih. Bila kurang, daya yang akan digunakan freezer jadi lebih besar dan kalau berlebihan, freezer akan mudah rusak.

3. Gulungan kondensor tidak rajin dibersihkan

Sebagian dari kamu mungkin belum mengetahui gulungan kondensor. Benda tersebut terletak di luar bagian belakang kulkas. Bentuknya seperti jeruji kecil-kecil dengan bentuk seperti papan. Gulungan kondensor ini meredam panas yang dihasilkan kulkas.
ADVERTISEMENT
Karena terletak di luar, tentu gulungan kondensor ini cepat kotor dan menjadi sarang debu. Jika sudah begitu, fungsinya pun tidak akan maksimal. Maka dari itu, coba cek sebulan sekali kondisi gulungan kondensor. Kalau kotor, bersihkan dengan vakum.

4. Membiarkan karet pintu kotor dan tidak dibersihkan

5 Kesalahan Memakai & Merawat Freezer yang Bisa Bikin Kulkas Cepat Rusak (42667)
Ilustrasi membersihkan freezer Foto: Shutter Stock
Karet pintu yang kotor juga bisa membuat freezer tidak awet. Pasalnya, karet tersebut berfungsi untuk menutup rapat pintu sehingga suhu dingin di dalam tetap terjaga. Kalau pintu freezer tidak tertutup rapat, tentu bahan makanan yang disimpan cepat rusak dan es akan meleleh.
Oleh karena itu, kamu harus membersihkannya secara berkala. Gunakan kain yang sudah dicelupkan pada campuran sabun cuci piring dan air hangat untuk membersihkan karet dan area pintu. Setelah itu kamu bisa mengeringkannya dengan kain bersih. Jika perekat karet sudah mulai lepas, siasati dengan mengoleskan petroleum jelly pada permukaan karet supaya pintu bisa tetap tertutup rapat.
ADVERTISEMENT

5. Tidak mencairkan es di dalam freezer

5 Kesalahan Memakai & Merawat Freezer yang Bisa Bikin Kulkas Cepat Rusak (42668)
Tidak mencairkan bunga es di freezer. Foto: Unsplash/ Dev
Jika sudah dipakai dalam kurun waktu tertentu, freezer kulkas akan menghasilkan bunga es berbentuk seperti salju di dinding dan permukaan freezer. Jika es tersebut tidak dicairkan saat sudah menumpuk sekitar 0.6 - 1.2 cm, freezer tidak bisa berfungsi dengan maksimal dan kamu akan kesulitan mengambil isi di dalamnya.
Menurut Shirley, hindari membersihkan bunga es dengan benda tajam atau peralatan seperti sendok dan sejenisnya. Ia menyarankan agar kamu mengeluarkan semua isi freezer dan membiarkan bunga es cair dengan sendirinya. Setelah itu baru bersihkan dengan kain bersih dan air.