5 Tips Berhenti Mencintai Mantan Agar Cepat Move On

10 Mei 2022 18:36
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
5 Tips Berhenti Mencintai Mantan Agar Cepat Move On (187560)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Berhenti Mencintai Mantan Agar Cepat Move On. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Putus cinta memang bisa menjadi hal paling menyedihkan. Mengakhiri hubungan yang sudah lama dijalani dengan segudang kenangan manis pun membuat kita jadi sulit move on. Tak cuma itu, kita pun juga jadi sulit melupakan mantan kekasih.
ADVERTISEMENT
Kalau kamu mengalami hal tersebut, yakinlah, Ladies, bahwa itu semua merupakan proses wajar yang memang harus dilalui setelah putus cinta. Proses yang dijalani memang tidak akan mudah, ada tahapan-tahapan yang perlu dilewati sampai kamu benar-benar bisa melupakan si dia.
Meski butuh waktu yang tidak sebentar, bukan berarti kamu sama sekali tidak bisa berhenti mencintai mantan, ya, Ladies. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya bisa lebih mudah move on dan berhenti mencintai mantan. Kalau kamu penasaran, kumparanWOMAN telah merangkumnya dari Healthline. Simak tips lengkapnya berikut ini.

1. Mengakui dan menerima keadaan

5 Tips Berhenti Mencintai Mantan Agar Cepat Move On (187561)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Berhenti Mencintai Mantan Agar Cepat Move On. Foto: Shutter Stock
Agar dapat berhenti mencintai mantan, penting untuk mengakui dan menerima keadaan yang terjadi di antara kamu dan dia. Dengan mengakui dan menerima keadaan, kamu dapat menyadari bahwa hubungan yang dijalani sudah tidak membuat kamu bahagia. Kamu juga harus mempertimbangkan perbuatan atau sifatnya yang mungkin telah menyakiti hati dan pikiranmu.
ADVERTISEMENT

2. Melihat ke masa depan

5 Tips Berhenti Mencintai Mantan Agar Cepat Move On (187562)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Berhenti Mencintai Mantan Agar Cepat Move On. Foto: CHAjAMP/Shutterstock
Jika kamu belum bisa melupakan mantan, kemungkinan besar hal ini dapat menghalangi kamu menemukan kebahagiaan dengan orang lain. Perlu diketahui, meski kamu belum siap memulai hubungan baru, melakukan kencan santai dapat membantu kamu menyadari bahwa ada banyak orang hebat di luar sana, selain mantan kamu.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Jadi coba mulai pikirkan masa depan agar kamu tidak selalu terjebak di masa lalu.

3. Prioritaskan hubungan dengan keluarga dan teman

5 Tips Berhenti Mencintai Mantan Agar Cepat Move On (187563)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Berhenti Mencintai Mantan Agar Cepat Move On. Foto: Shutter Stock
Patah hati kadang membuat kita memutuskan untuk menjauhkan diri dari hubungan penting lainnya dalam hidup, seperti hubungan dengan teman dan keluarga.
Padahal, kehadiran mereka justru jadi sangat penting di masa-masa kamu putus. Mereka bisa jadi teman yang bisa membantu kamu melewati masa sulit. Oleh karena itu, usahakan untuk lebih mendekatkan diri dengan mereka agar mendapatkan dukungan dan kekuatan baru supaya bisa melupakan mantan. Bahkan, mereka mungkin juga bisa memberikan nasihat terbaik untuk diri kamu agar kedepannya kamu dapat menemukan orang yang tepat.
ADVERTISEMENT

4. Lebih memperhatikan diri sendiri

5 Tips Berhenti Mencintai Mantan Agar Cepat Move On (187564)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Berhenti Mencintai Mantan Agar Cepat Move On. Foto: Shutter Stock
Patah hati memang bisa membuat kita terbelenggu dalam kesedihan. Dampaknya, kamu jadi cenderung tidak memperhatikan diri karena terlarut dalam kesedihan. Padahal, kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan perubahan-perubahan kecil dalam hidup kamu. Misalnya melakukan hobi atau kegiatan yang ingin kamu lakukan atau lebih rajin berolahraga dari sebelumnya. Hal ini dapat membantu kamu mengurangi rasa cinta pada seseorang yang tidak benar-benar mencintai kamu.

5. Menjalani proses move on

5 Tips Berhenti Mencintai Mantan Agar Cepat Move On (187565)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Berhenti Mencintai Mantan Agar Cepat Move On. Foto: Shutterstock
Selanjutnya Ladies, hal penting yang harus kamu lakukan agar dapat berhenti mencintai mantan adalah, kamu harus memahami bahwa proses menghilangkan perasaan cinta tersebut membutuhkan waktu. Ingatlah, perasaan cinta yang masih tersisa untuk si dia memang bisa memudar, tetapi ini bukanlah proses yang cepat. Dan sangat normal untuk merasakan banyak ketidaknyamanan selama proses itu.
ADVERTISEMENT
Penulis: Nadya Zahira