kumparan
10 November 2019 14:09

5 Warna Cat Rumah yang Beri Efek Positif bagi Tubuh & Jiwa

Dekorasi Rumah
Tips membuat rumah menjadi semakin nyaman. Foto: Shutterstock
Tahukah Anda, warna cat rumah ternyata dapat mempengaruhi suasana hati seseorang. Beberapa warna dapat membahagiakan diri, sebagian lainnya memberikan efek menenangkan pikiran.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, pemilihan warna menjadi salah satu hal paling penting yang harus diperhatikan saat akan mengecat rumah. Sebab, di situlah kita menghabiskan sebagian besar waktu sekaligus menenangkan pikiran. Jadi penggunaan warna pada ruangan bukan lagi sekadar elemen dasar interior saja. Lebih dari itu, warna memiliki fungsi dan makna yang juga mampu mempengaruhi suasana hati penghuni rumah.
Lalu, warna apa saja yang bisa membuat suasana hati selalu bahagia? Berikut kumparanWOMAN telah merangkum kelebihan dari lima warna cat seperti disampaikan oleh Sue Kim, color expert dari Valspar, sebuah perusahaan cat asal Amerika Serikat. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.
Warna Kuning Muda: Memberi Suasana Bahagia
dekorasi, meja kerja
Ilustrasi meja kerja bagi yang suka menaruh aksesoris Foto: Shutterstock
Seperti yang sudah banyak kita ketahui, warna kuning dianggap bisa memberikan kebahagiaan dalam berbagai suasana. Hal ini dibenarkan oleh Sue Kim.
ADVERTISEMENT
“Warna kuning yang satu ini memiliki nuansa lembut, terang, dan memberikan suasana hangat layaknya sinar matahari, serta bisa membuat kelima indera manusia menjadi lebih peka. Selain itu, kuning juga merupakan warna yang bisa dijadikan sebagai sumber alami energi positif dan bisa menciptakan perasaan bahagia,” ungkap Sue seperti dikutip dari Country Living.
Warna Biru Langit: Membuat Tubuh Menjadi Lebih Fresh
NOT COVER Tips Dekorasi Cermin
Tips dekorasi cermin di rumah. Foto: Dok. Shutterstock
Sue Kim merekomendasikan cat rumah warna biru langit digunakan untuk mengecat area kamar tidur. Sebab, biru langit bisa memberikan efek menenangkan dan mengembalikan energi secara alami.
“Warna biru yang terang ini bisa memberikan efek menenangkan secara langsung dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Sehingga energi bisa cepat pulih dan saat bangun, Anda akan merasa fresh dan bisa lebih produktif,” jelas Sue Kim.
ADVERTISEMENT
Warna Violet Black atau Ungu Kegelapan: Memberikan Efek Mindfulness
Dekorasi Rumah
Dekorasi rumah untuk pasangan baru menikah. Foto: Shutter Stock
Bagi sebagian orang, warna ungu kegelapan ini bisa memberikan kesan yang gelap dan menyedihkan, namun sebenarnya violet black menjadi salah satu warna yang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks.
“Warna ungu yang tersembunyi pada gelapnya langit malam dapat membuat kita menjadi lebih tenang dan rileks jika dipandang dengan seksama. Begitu juga jika warna tersebut diterapkan dalam ruangan. Violet black bisa menciptakan momen yang membuat kita lebih fokus dan bisa melakukan introspeksi pada diri sendiri,” ungkap Sue Kim.
Sebagai alternatif, jika Anda tak ingin semua ruangan dicat warna gelap, aplikasikan warna violet black pada satu sisi dinding atau pajang lukisan dengan nuansa langit malam dengan semburat warna keunguan untuk mendapatkan efek mindfulness yang sama.
ADVERTISEMENT
Warna Green Lime atau Hijau Lemon: Dapat Meningkatkan Optimisme
Dekorasi Rumah
Dekorasi rumah untuk pasangan baru menikah. Foto: Shutter Stock
Pada dasarnya, warna hijau sendiri memang sudah memiliki efek positif bagi tubuh. Jika dipakai untuk mengecat kamar, warna hijau muda juga bisa memberikan efek menenangkan. Namun jika sudah dicampur dengan warna kuning, warna hijau akan menghasilkan vibrant color yang biasa kita kenal dengan warna lime green atau hijau lemon. Nah, warna cerah ini bisa memberikan efek bersemangat bagi siapapun yang melihatnya.
“Lime green ini menghadirkan nuansa vibrant pada musim semi dan membawa energi positif ke dalam ruangan sehingga bisa membantu merangsang personal growth setiap orang yang melihatnya,” tutur Sue Kim.
Warna Silver Sage atau Abu-abu Muda: Membawa Efek Keseimbangan
NOT COVER Tips Dekorasi Cermin
Tips dekorasi cermin di rumah. Foto: Dok. Shutterstock
Cat rumah warna abu-abu muda ini dapat membawa efek harmoni dan keseimbangan dalam sebuah ruangan. Padukan dengan perabotan bernuansa putih agar ruangan rumah tampak lebih bersinergi dan menenangkan.
ADVERTISEMENT
“Warna ini juga bisa membantu Anda menghadirkan kesan mewah dalam ruangan tanpa harus mengisinya dengan berbagai perabotan. Anda bisa menikmati suasana hunian minimalis dengan warna ini,” ungkap Sue Kim.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan