kumparan
14 November 2019 17:51

6 Bahan Alami yang Bisa Membantu Meluruskan Rambut

com-Merawat rambut.
Meluruskan Rambut. Foto: Shutterstock
Memiliki rambut lurus, sehat, dan berkilau merupakan idaman setiap perempuan. Namun karena tak semua perempuan terlahir dengan rambut tersebut, sehingga teknik pelurusan secara instan pun biasanya diandalkan untuk mendapatkan tatanan rambut yang diidamkan.
ADVERTISEMENT
Salah satu teknik pelurusan rambut yang biasanya dilakukan adalah smoothing. Smoothing sendiri adalah teknik pelurusan rambut dengan bahan kimia yang prosesnya bertujuan untuk menyejajarkan kembali susunan rambut agar tampak lebih halus, rapi, dan mudah diatur dalam jangka waktu tertentu. Sayangnya, teknik pelurusan ini justru bisa membuat rambut rentan rusak.
Karena itu, daripada memilih teknik pelurusan yang bisa merusak rambut, lebih baik Anda mencoba berbagai perawatan dengan bahan-bahan alami. Selain lebih aman, hasil perawatan menggunakan bahan-bahan alami juga membuat rambut lebih sehat.
Lalu, bahan-bahan alami apa saja yang bisa digunakan dalam meluruskan rambut? Melansir Times of India, berikut kumparanWOMAN rangkum untuk Anda.
1. Lidah buaya dan minyak kelapa
Air lidah buaya
Lidah buaya Foto: Shutterstock
Lidah buaya memang kerap digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan rambut. Tidak hanya bisa mencegah rambut rontok dan berketombe, ternyata lidah buaya juga bisa membantu dalam meluruskan rambut secara alami.
ADVERTISEMENT
Caranya cukup mudah, Anda bisa mencampur setengah cangkir lidah buaya dan setengah cangkir minyak kelapa. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke dalam rambut dan biarkan selama satu jam. Jika sudah, cucilah rambut Anda hingga bersih menggunakan sampo.
2. Susu dan madu
Ilustrasi madu
Ilustrasi madu Foto: Shutterstock
Susu dan madu juga menjadi bahan alami yang bisa dipakai untuk meluruskan rambut. Alasannya, karena susu mengandung protein yang berfungsi dalam menjaga keindahan dan kekuatan rambut. Sedangkan madu bisa melindungi rambut dan kulit kepala dari bakteri ataupun kotoran yang menyebabkan masalah pada rambut.
Campurkanlah kedua bahan itu, lalu oleskan ke rambut menggunakan kuas. Diamkan hingga setengah jam, setelah itu bilas hingga bersih.
3. Cuka sari apel
Ilustrasi cuka apel
Ilustrasi cuka apel Foto: Pixabay
Tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan dapur, ternyata cuka apel juga bisa diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala untuk membantu menghilangkan kotoran. Selain itu, cuka sari apel juga bisa membuat rambut lurus dan berkilau.
ADVERTISEMENT
Jika Anda suka merawat diri di rumah, cobalah untuk membuat masker dari cuka sari apel. Caranya, campurkan 2-3 sendok makan cuka sari apel dengan air secukupnya. Setelah itu, gunakan campuran tersebut setelah keramas pada seluruh bagian rambut selama 10-15 menit. Jika sudah, bilas dengan air dingin dan lakukan secara rutin satu minggu sekali.
4. Santan kelapa dan tepung maizena
Santan
Santan Foto: Shutter Stock
Kita semua tahu kalau santan memiliki segudang manfaat kesehatan dan kecantikan, salah satunya bisa memberikan kelembapan dan kekuatan rambut. Hebatnya lagi, perpaduan santan kelapa dan tepung maizena bisa membuat rambut lurus secara alami.
Jika tak percaya, cobalah campurkan setengah cangkir santan dengan dua sendok makan tepung maizena. Setelah tercampur rata, oleskan ke dalam rambut dengan bantuan kuas. Diamkan selama satu jam, setelah itu cuci dengan sampo hingga bersih.
ADVERTISEMENT
5. Telur dan minyak zaitun
Telur
Telur Foto: Thinkstock
Bagi Anda yang bosan melakukan catok rambut setiap hari, Anda bisa mencoba membuat masker dari kedua bahan alami ini untuk mendapatkan rambut lurus dan berkilau.
Kedua bahan alami ini dipercaya bisa menutrisi sekaligus menjadikan tekstur rambut tetap halus. Caranya, campurkan satu kuning telur dengan lima sendok makan minyak zaitun hingga merata. Kemudian, oleskan masker tersebut secara merata ke dalam rambut dan diamkan selama 20 menit (sambil tutup dengan handuk bersih). Setelah itu, bilas rambut dengan air hingga bersih.
6. Pepaya dan pisang
Ilustrasi pepaya
Ilustrasi pepaya Foto: dok.shutterstock
Pepaya dan pisang merupakan dua bahan alami yang bisa meluruskan rambut. Kandungan keduanya dipercaya bisa melembutkan rambut dan mempertahankannya secara alami.
Untuk membuatnya, Anda cukup mencampurkan pepaya dan pisang dalam satu mangkuk. Pastikan pepaya dan pisang yang digunakan telah masak agar mudah untuk dihancurkan. Setelah keduanya tercampur merata, Anda tinggal mengoleskannya pada rambut dan biarkan hingga mengering. Setelah masker mengering, cucilah rambut menggunakan sampo hingga bersih.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan