kumparan
search-gray
Woman27 Januari 2020 18:43

6 Kebiasaan yang Harus Dimiliki untuk Dapatkan Paha Kencang

Konten Redaksi kumparan
6 Kebiasaan yang Harus Dimiliki untuk Dapatkan Paha Kencang (142823)
Ilustrasi perempuan berolahraga untuk dapatkan paha kencang. Foto: Shutterstock
Siapa yang tidak ingin memiliki paha kencang? Tidak hanya berbentuk indah, paha kencang juga bisa membantu kita menjalani aktivitas sehari-hari secara lebih optimal. Bahkan, menurut Healthline, paha yang kencang dan kuat bisa membantu kita bisa bergerak lebih cepat dan meningkatkan keseimbangan secara umum.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, tak jarang, ada banyak perempuan yang berusaha memiliki paha kencang dengan berbagai cara. Misal, dengan berolahraga secara rutin, melakukan pembentukan di bagian paha, hingga lebih rajin naik tangga demi memiliki bentuk paha yang lebih ideal.
Namun, selain itu, ada beberapa kebiasaan lain yang harus kita miliki jika memang mendambakan paha kencang. Contohnya, dengan memperhatikan pola makan, tidur yang cukup, hingga mengonsumsi cukup air putih sehari-hari.
Selengkapnya, berikut beberapa kebiasaan yang perlu kita miliki bila ingin mendapatkan paha kencang.

1. Perhatikan makanan sehari-hari

6 Kebiasaan yang Harus Dimiliki untuk Dapatkan Paha Kencang (142824)
Ilustrasi porsi makanan sehat. Foto: Fauzan Anangga/kumparan
Jika ingin mendapatkan paha kencang, kita harus memperhatikan apa yang kita makan sehari-hari. Bila sedang menargetkan untuk mengurangi berat badan demi mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal, kita disarankan untuk mengurangi karbohidrat dari menu makan kita sehari-hari. Sebab, menurut laporan Women's Health, tubuh kita akan mengubah karbohidrat menjadi glikogen, yang kemudian disimpan bersama air di hati dan otot kita. Maka, semakin banyak karbohidrat yang kita konsumsi, semakin banyak pula air yang kita simpan dan menambah bobot tubuh.
ADVERTISEMENT
Kemudian, kita juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat dan protein tinggi. Sebab, kedua nutrien ini bisa membantu kita merasa kenyang lebih lama, sekaligus membantu proses pembentukan otot.

2. Perbanyak minum air putih

6 Kebiasaan yang Harus Dimiliki untuk Dapatkan Paha Kencang (142825)
Ilustrsi rajin minum air putih. Foto: Thinkstock
Selain itu, kita juga perlu banyak mengonsumsi air putih. Terutama, karena air putih dapat membantu mengeluarkan zat-zat yang tak diperlukan dalam tubuh dan mengurangi pembengkakan pada badan. Selain itu, banyak mengonsumsi air putih juga bisa membantu kita merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan kita untuk makan secara berlebihan.

3. Rajin melakukan olahraga cardio

6 Kebiasaan yang Harus Dimiliki untuk Dapatkan Paha Kencang (142826)
Ilustrasi olahraga lari. Foto: Shutterstock
Di luar memperhatikan pola makan, kita juga perlu melakukan olahraga untuk mendapatkan paha kencang. Sebab, olahraga bisa membantu kita menurunkan berat badan, menjaga kesehatan, sekaligus membentuk otot yang diinginkan.
ADVERTISEMENT
Secara khusus, kita disarankan untuk menjajal olahraga cardio. Misalnya, dengan mencoba olahraga lari, aerobik, bersepeda, juga berenang. Olahraga jenis ini disebut efektif dalam membakar kalori dan lemak tubuh secara keseluruhan. Sehingga, kita bisa lebih mudah menurunkan berat dan membentuk otot.

4. Lakukan olahraga pembentukan paha

6 Kebiasaan yang Harus Dimiliki untuk Dapatkan Paha Kencang (142827)
Ilustrasi Squat Foto: Dok. Shutterstock
Selain melakukan olahraga cardio, tak ada salahnya bila kita juga melakukan gerakan olahraga yang difokuskan pada pembentukan otot paha. Misal, dengan melakukan squatting, lunges, butterfly stretch, juga pilates yang memang menargetkan area paha. Dengan demikian, kita bisa lebih berfokus dalam membentuk otot di area tersebut dan semakin dekat dengan target mendapatkan paha kencang.

5. Jaga pola tidur

6 Kebiasaan yang Harus Dimiliki untuk Dapatkan Paha Kencang (142828)
Ilustrasi tidur. Foto: Shutterstock
Selanjutnya, bila sedang berusaha mengencangkan paha dan mengurangi berat badan, kita juga perlu memperhatikan pola tidur sehari-hari. Kurang tidur bisa menyebabkan kita ingin lebih banyak mengonsumsi makanan. Selain itu, kurang tidur juga bisa menguras energi, membuat kita terlalu lelah untuk melakukan olahraga apapun. Bila ini terjadi, tentu akan sulit bagi kita untuk mencapai target dalam mengencangkan paha.
ADVERTISEMENT

6. Lebih banyak bergerak dan mencoba naik tangga

Selain rutin melakukan olahraga, kita juga disarankan untuk lebih banyak bergerak. Misalnya, dengan lebih banyak menggunakan tangga daripada lift saat berada di kantor atau di tempat umum. Meski terasa lebih melelahkan, hal ini bisa membantu kita membakar lemak, sekaligus melatih otot paha.
Bagaimana, Ladies? Sudahkah Anda memiliki kebiasaan untuk mendapatkan paha kencang ini?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white