kumparan
22 Juli 2019 16:05

7 Fakta tentang Oksana, Miss Moscow yang Dicerai Mantan Raja Malaysia

Miss Moscow 2015, Oksana Voevodina.
Miss Moscow 2015, Oksana Voevodina. Foto: Dok. Instagram @rihanapetra
Sultan Muhammad V Faris yang merupakan mantan Raja Kelantan, Malaysia, resmi menceraikan istrinya, Oksana Gorbatenko, yang juga mantan Miss Moscow 2015. Kabar perceraian tersebut telah dikonfirmasi pengacara Sultan Muhammad V Faris pada Sabtu (20/7).
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, dokumen perceraian keduanya sempat beredar luas di media sosial. Dilaporkan New Straits Times, Rabu (17/7), dokumen perceraian disampaikan ke Pengadilan Syariah Singapura pada 22 Juni 2019 dan proses perceraian berlangsung pada 1 Juli.
Kabar perceraian keduanya jelas amat mengejutkan, mengingat usia pernikahan yang amat singkat yakni satu tahun saja. Namun kabar mengenai perceraian pasangan ini telah santer terdengar sejak Januari 2019. Namun hal itu dibantah oleh ayah Oksana, Andrey Gorbatenko.
Raja Malaysia Sultan Muhamad V Faris, menikahi, Oksana Voevodina
Raja Malaysia Sultan Muhamad V Faris dilaporkan menikahi Oksana Voevodina. Foto: Twitter/@malaysians
Dokter ahli bedah tulang itu menyebut rumor mengenai perceraiannya anaknya merupakan omong kosong. "Saya tidak membaca di internet, tetapi saya akan menjadi orang pertama yang tahu," ujarnya, menegaskan.
Ya, sosok Oksana Gorbatenko sempat menjadi sorotan karena menikahi Raja Malaysia. Saat ini, dirinya kembali menarik perhatian serta kembali menjadi buah bibir karena diceraikan oleh Sultan Muhammad V asal Malaysia. Lantas siapa sebenarnya Oksana? Berikut tujuh fakta yang telah dihimpun dari berbagai sumber:
ADVERTISEMENT
1. Memenangkan ajang Miss Kecantikan Rusia di Usia 22 tahun
Oksana Gorbatenko memiliki nama dalam bahasa Rusia Оксана Воеводина. Perempuan kelahiran 1993 ini memenangkan kontes kecantikan Miss Moscow 2015 pada 10 Juni 2015, saat usianya menginjak 22 tahun.
2. Lulusan dari Universitas ternama di Rusia
Tak hanya memliki paras yang rupawan, Oksana juga memiliki rekam jejak akademis yang bagus. Perempuan berusia 26 tahun tersebut rupanya mahasiswi jurusan bisnis dari salah satu universitas ternama di Rusia, Plekhanov Russian University of Economics. Universitas tersebut merupakan Finance School tertua di Rusia yang telah berdiri sejak 1907. Bahkan selalu masuk daftar 10 besar universitas terbaik di Rusia.
3. Ayahnya seorang ahli bedah ortopedi dan ibunya mantan kontestan kecantikan Rusia
ADVERTISEMENT
Menurut keterangan situs Says, Oksana dibesarkan oleh seorang ayah yang berprofesi sebagai ahli bedah ortopedi bernama Andrey Gorbatenko yang dikabarkan saat ini berusia 50-an. Sedangkan ibunya adalah seorang kontestan kecantikan Rusia pada era awal 1990-an.
Oksana juga mengaku memiliki hubungan yang dekat dengan ayahnya. Sosok ayahnya-lah yang selalu menemani Oksana selama masa-masa kontes Miss Rusia.
"Ketika saya tampil menunjukkan bakat di panggung kontes Miss Rusia, ayah yang duduk di aula menjadi penguat saya untuk tampil di atas panggung," ujar Oksana kepada Mirror.
4. Eksis di dunia modeling
Sebelum menikah dengan mantan Kepala Monarki sekaligus Kepala Negara Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V Faris, Oksana bekerja sebagai model di China dan Thailand. Selain itu ia juga serta sempat berpartisipasi dalam sebuah reality show televisi di mana ia digambarkan menjalin asmara pada sesama kontenstan, lengkap dengan adegan asmara mereka.
ADVERTISEMENT
Kabarnya, kisah-kisah yang dianggap 'cabul', foto-fotonya sebagai model, dan penampilannya di televisi dinggap menodai citra Sultan Muhammad V di kalangan Muslim konservatif, yang merupakan mayoritas di negara bagian Kelantan, Malaysia.
5. Berambisi menjadi fashion desainer
"Hobi saya adalah mendesain pakaian perempuan dan pakaian renang. Saya kerap menjahit pakaian perempuan berdasarkan pesanan juga," ujar Oksana kepada Daily Mail. Ia juga mengungkapkan keinginannya untuk menjadi seorang perancang busana.
Diketahui, ia juga merancang sejumlah koleksi pakaian renang yang sempat dikenakann oleh beberapa kontestan kecantikan.
6. Memiliki nama baru setelah memeluk Islam
Miss Moscow 2015 ini dilaporkan memeluk Islam sebelum menikahi Sultan Muhammad V dan mengubah namanya menjadi Rihana. Setelah jadi mualaf, ia tak ragu menggunggah fotonya, mengenakan jilbab, di samping suami yang baru dinikahinya.
ADVERTISEMENT
7. Diceraikan dua bulan setelah melahirkan
Kabar perceraian Sultan Muhammad V Faris dan Oksana memang sempat terdengar pada Januari 2019. Namun kemudian kabar tersebut dibantah dan berlalu begitu saja .
Namun Dilaporkan New Straits Times, Rabu (17/7), dokumen perceraian keduanya telah disampaikan ke Pengadilan Syariah Singapura pada 22 Juni 2019 dan proses perceraian berlangsung pada 1 Juli. Perceraian tersebut terjadi beberapa pekan setelah Oksana melahirkan anak pertama mereka, Leon.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan