Woman27 Mei 2020 21:27

7 Tips Kesehatan yang Perlu Diperhatikan dalam Menghadapi Kondisi New Normal

Konten Redaksi kumparan
7 Tips Kesehatan yang Perlu Diperhatikan dalam Menghadapi Kondisi New Normal (1378828)
Ilustrasi orang memakai masker N95. Foto: Shutter Stock
Saat ini, kita sedang bersiap menjalani kondisi kelaziman baru atau 'new normal' di tengah pandemi COVID-19. Dalam periode ini, berbagai bisnis akan kembali dibuka secara bertahap dan sebagian besar dari kita akan kembali beraktivitas di luar rumah.
ADVERTISEMENT
Hal ini pun dapat membawa kekhawatiran sendiri. Terutama, karena kita akan kembali bertemu dengan orang banyak, di tengah kondisi COVID-19 yang sebenarnya belum usai. Kita pun akan bertanya-tanya, sebenarnya apa saja yang bisa dilakukan untuk sebisa mungkin menjaga kesehatan diri, di tengah situasi yang serba tidak tentu ini.
Terlepas dari hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu menjaga kesehatan diri. Misal, dengan tetap menggunakan masker dan menjaga social distancing, rajin membersihkan tangan dan barang bawaan, hingga menjaga pola hidup yang sehat. Meski sebenarnya akan lebih optimal jika kita tak perlu melakukan kontak dengan orang lain, hal-hal ini diharapkan dapat membantu agar kita terhindar dari COVID-19 saat harus beraktivitas dan bertemu orang di luar rumah.
ADVERTISEMENT
Selengkapnya, berikut beberapa tips kesehatan yang perlu Anda perhatikan ketika menghadapi new normal di tengah pandemi COVID-19 ini.

1. Tetap gunakan masker ketika bepergian keluar rumah

7 Tips Kesehatan yang Perlu Diperhatikan dalam Menghadapi Kondisi New Normal (1378829)
Ilustrasi pakai masker di luar rumah Foto: AFP/GOH CHAI HIN
Pertama, kita perlu tetap mengenakan masker saat bepergian keluar rumah. Ini sesuai dengan saran dari Centers for Disease Control and Prevention, lembaga kesehatan AS, yang mengatakan bahwa kita perlu mengenakan masker kain di ruang publik. Terutama, bila kita pergi ke tempat yang cukup dipadati dengan orang. Misal, ketika Anda pergi ke toko obat, supermarket, maupun tempat lainnya. Dengan mengenakan masker, kita diharapkan dapat memperlambat dan mencegah penyebaran virus dari satu orang ke orang lainnya.
Selain itu, penggunaan masker ini juga perlu dibarengi dengan upaya social distancing yang baik. Saat pergi ke tempat umum, pastikan Anda tetap berusaha menjaga jarak dengan orang lain dan tak melakukan kontak dalam jarak dekat, kecuali memang diperlukan.
ADVERTISEMENT

2. Bawa hand sanitizer ke mana pun Anda pergi

7 Tips Kesehatan yang Perlu Diperhatikan dalam Menghadapi Kondisi New Normal (1378830)
Ilustrasi Hand Sanitizer Foto: Dok. Shutterstock
Saat menghadapi new normal nanti, kita akan lebih sering berada di luar rumah. Otomatis, ini berarti kita takkan bisa selalu mencuci tangan dengan sabun, setelah menyentuh atau memegang permukaan benda tertentu.
Oleh karena itu, pastikan untuk membawa hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen ke mana pun Anda pergi. Pastikan untuk membersihkan tangan Anda menggunakan hand sanitizer ini, setiap akan beraktivitas atau setelah selesai melakukan sesuatu.

3. Bersihkan permukaan barang yang Anda sentuh dengan disinfektan

7 Tips Kesehatan yang Perlu Diperhatikan dalam Menghadapi Kondisi New Normal (1378831)
Ilustrasi menyemprotkan disinfektan. Foto: Shutter Stock
Selanjutnya, sering-seringlah untuk membersihkan permukaan barang yang Anda sentuh dengan disinfektan. Misal, dengan membersihkan ponsel, dompet, maupun kantong belanjaan yang sering Anda gunakan. Selain itu, Anda juga perlu membersihkan permukaan benda lainnya, seperti meja kerja atau kursi yang biasa diduduki. Dengan demikian, Anda diharapkan dapat semakin mengurangi risiko terpapar virus COVID-19.
ADVERTISEMENT
Sejauh ini, ada beberapa jenis disinfektan yang bisa kita gunakan. Pertama, alkohol berkadar 70 persen yang bisa disemprotkan ke permukaan barang-barang yang sering digunakan. Kedua, kita juga bisa menggunakan disinfektan lain, seperti yang dibuat menggunakan campuran larutan bayclin dan air.

4. Hindari berkumpul di tempat ramai

7 Tips Kesehatan yang Perlu Diperhatikan dalam Menghadapi Kondisi New Normal (1378832)
Ilustrasi mal. Foto: Pixabay
Selain itu, yang tak kalah penting adalah menghindari berkerumun di tempat ramai. Ketika new normal telah berlaku, kita mungkin akan bisa kembali mengunjungi mal atau berkumpul di tempat umum lainnya. Namun, ada baiknya bila kita tetap tidak melakukan hal ini, kecuali memang benar-benar perlu. Sebab, kita tidak pernah benar-benar mengetahui kondisi kesehatan orang yang kita temui. Daripada mengambil risiko, lebih baik kita tetap berdiam di rumah dan menjaga diri, kecuali saat terpaksa.
ADVERTISEMENT

5. Bawa peralatan Anda sendiri

7 Tips Kesehatan yang Perlu Diperhatikan dalam Menghadapi Kondisi New Normal (1378833)
Ilustrasi kotak bekal. Foto: Dok. A Little Bit Yummy
Anggaplah Anda seorang pegawai kantoran yang akan mulai menghabiskan waktu di tempat kerja dalam periode new normal. Sebaiknya, Anda mempertimbangkan untuk membawa peralatan sendiri. Ini termasuk dengan membawa alat makan, tempat minum, hingga mukena bagi muslimah. Meski kita tidak perlu sampai bersikap paranoid, ada baiknya kita menerapkan hal-hal seperti ini, demi mengurangi risiko terpapar virus.

6. Usahakan untuk berbelanja dengan metode cashless

7 Tips Kesehatan yang Perlu Diperhatikan dalam Menghadapi Kondisi New Normal (1378834)
Ilustrasi Belanja Cashless Foto: Pixabay/flyerweek
Seperti dilansir CNET, dalam masa pandemi seperti ini, ada baiknya bila kita beralih ke metode cashless saat berbelanja. Sebisa mungkin, hindari menggunakan uang tunai, karena uang itu mungkin sudah dipegang oleh banyak orang. Sekalipun harus berbelanja dengan menggunakan uang tunai, ingatlah untuk membersihkan tangan Anda dengan sabun atau hand sanitizer setelah menyentuh uang tersebut.
ADVERTISEMENT

7. Jalani gaya hidup sehat

7 Tips Kesehatan yang Perlu Diperhatikan dalam Menghadapi Kondisi New Normal (1378835)
Ilustrasi olahraga di rumah. Foto: Shutterstock
Terakhir, yang tak kalah penting adalah menjaga kondisi tubuh dengan menjalani gaya hidup sehat. Ini termasuk dengan menjaga pola tidur, mengkonsumsi makanan bergizi, berolahraga, hingga menghindari stres. Hindari pula aktivitas yang membuat tubuh terlalu lelah, karena kita lebih mudah terpapar penyakit dalam kondisi tersebut. Bila diperlukan, kita juga bisa menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi suplemen atau vitamin tertentu.
------
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
*****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white