kumparan
9 Oktober 2019 18:26

Benarkah Tidur Memakai Bra Bisa Menyebabkan Kanker Payudara?

Ilustrasi Bra Foto: Shutterstock
Pernahkah mendengar bermacam saran untuk tidak mengenakan bra selama tidur? Ya, selama ini memakai bra saat tidur dianggap memiliki banyak dampak negatif, salah satunya bisa memicu penyakit semacam kanker payudara. Rumor tersebut terus berkembang sehingga mulai dipercaya banyak perempuan.
ADVERTISEMENT
Mengutip Huffington Post, rumor kanker payudara dimulai dari buku ‘Dressed to Kill’ pada 1995 lalu yang ditulis oleh Sydney Ross Singer dan Soma Grismaijer yang menghubungkan antara bra dan kanker payudara.
Menurut kedua penulis tersebut, bra dapat menghambat sistem limfatik yang berfungsi mengalirkan getah bening yang penting untuk kekebalan tubuh. Meski begitu, penjelasan dalam buku tersebut dianggap tidak berdasarkan penelitian ilmiah. Bahkan para peneliti mengkritik metodologi penulis. Organisasi medis National Institutes of Health dan American Cancer Society pun tidak menemukan bukti bahwa memakai bra dapat meningkatkan risiko kanker payudara.
payudara sakit Foto: Shutterstock
Rumor memakai bra selama tidur dapat menimbulkan kanker payudara, juga telah ditepis oleh peneliti dan ahli. Di antaranya oleh dokter bedah umum Amber Gruth, Breast Cancer Surgery Multidisciplinary Fellowship di NYU Langone Medical Center, Amerika Serikat. “Tidak ada bukti bahwa tidur dengan bra dapat berbahaya ataupun bermanfaat,” ucap ahli bedah umum itu, dikutip Huffington Post pada September 2014.
ADVERTISEMENT
Lewat pernyataan tersebut, dapat dipahami bahwa tidak ada bukti memakai bra saat tidur menyebabkan kanker. Selain itu, Amber juga menambahkan bahwa waktu dan cara memakai bra tidak memiliki kaitan dengan kanker payudara.
Jadi secara umum mengenakan bra tidak tidak berpengaruh pada risiko kanker payudara. Sedangkan sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, tidak menemukan hubungan antara risiko kanker payudara dan pemakaian bra. Dari semua penelitian dan ahli telah memaparkan tidak terdapat pengaruh negatif memakai bra saat tidur atau kapanpun.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan