Biru Klasik Jadi Color of the Year 2020 Versi Pantone

8 Desember 2019 17:25
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Biru Klasik Jadi Color of the Year 2020 Versi Pantone (19633)
zoom-in-whitePerbesar
Classic Blue, Pantone Color of The Year 2020. Foto: Instagram/@pantone
ADVERTISEMENT
Menjelang tahun 2020, beragam prediksi tren akan kembali bermunculan. Salah satunya adalah tren warna yang baru saja diumumkan oleh perusahaan panduan warna, Pantone Color Institute. Prediksi tren warna ini disebut-sebut akan mewarnai dunia fashion, kosmetik, hingga interior.
ADVERTISEMENT
Di tahun 2020 mendatang, warna classic blue atau biru klasik dengan nomor kode 19-4052 dipilih menjadi Pantone Color of the Year 2020. Warna ini dipilih karena mampu menampilkan kesan sederhana, tetapi tetap elegan sekaligus timeless.
Menilik situs resmi Pantone, warna biru klasik disebut-sebut memiliki efek menenangkan dan membawa kedamaian bagi jiwa manusia. Selain itu, warna ini membantu kita berpikir lebih jernih sehingga bisa lebih berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu.
"Kita hidup di zaman yang mengharuskan adanya kepercayaan. Inilah yang diekspresikan oleh warna PANTONE 19-4052 Classic Blue. Rona warna biru yang solid dan bisa dipercaya mendorong kita untuk berpikir lebih luas dan melihat tanpa batas," tutur Leatrice Eiseman, Executive Director Pantor Color Institute.
ADVERTISEMENT
"Sejak tahun 1999 hingga sekarang, seolah ada perasaan yang sama tentang dunia. Dan inilah sebabnya, berdasarkan apa yang kami lihat di dalam budaya global, kami memilih Pantone 19-4052, Classic Blue, sebagai Color of the Year 2020. Warna biru ini meyakinkan, penuh ketenangan dan percaya diri," tutur Laurie Pressman, Vice President Pantone Color Institute, seperti dikutip TIME.
Biru Klasik Jadi Color of the Year 2020 Versi Pantone (19634)
zoom-in-whitePerbesar
Brie Larson tampil dengan gaun berwarna biru klasik. Foto: AFP/ Tolga Akmen
Ia melanjutkan, Pantone merasa bahwa warna yang dipilih akan menyoroti rasa ketergantungan, kepercayaan, kredibilitas, dan keteguhan. Ia juga menggambarkan warna biru ini seperti hamparan langit setelah senja sehingga warna ini berkaitan dengan begitu banyak orang.
"Warna biru ini mirip dengan langit saat senja. Bijaksana, tidak begitu 'gelap' dan misterius. Warna ini berbicara tentang perasaan dan antisipasi kita, apa yang ada di depan kita, dan menyoroti keinginan kita untuk menuju era baru," kata Laurie lagi.
ADVERTISEMENT
Sejak diluncurkan pertama kali pada 20 tahun lalu, Pantone Color of the Year telah memengaruhi pengembangan produk dan keputusan seseorang untuk membeli--mulai dari membeli perabot rumah tangga, furniture, makeup, fashion, hingga kemasan produk.
Proses pemilihan Color of the Year ini membutuhkan pertimbangan yang matang dan analisis tren. Setiap tahunnya, para ahli warna di Pantone Color Institute menyisir berbagai bidang yang ada di dunia demi mencari warna baru. Hal ini mencakup industri hiburan, film, traveling, fashion, desain, hingga gaya hidup.
Ladies, bagaimana pendapat Anda tentang warna biru klasik yang menjadi Pantone Color of the Year 2020 ini?